Pemantau Cuaca Indonesia Terkini

Mengamati cuaca Indonesia.

Cuaca adalah adalah keadaan/fenomena fisik dari atmosfer (yang berhubungan dengan Suhu, Tekanan Udara, Angin, Awan, Kelembaban udara, Radiasi, Jarak Pandang/Visibility, dsb) di suatu tempat dan pada waktu tertentu.

🙁 Lantas apa bedanya cuaca, musim dan iklim, Pakde ?”

Dibawah ini Animasi berikut ini menunjukkan pertumbuhan dan pergerakan awan. Pada citra ini, awan yang ditampilkan adalah awan dengan suhu puncak lebih kecil dari nol derajat Celcius. Semakin dingin suhu puncak awannya (ditunjukkan dengan warna yang semakin putih) maka semakin tinggi pula potensi terjadinya hujan.

Peta potensi hujan

Potensi hujan di Indonesia diperkirakan akan seperti dibawah ini (daily updated, diperbaharui tiap hari)

Dibawah ini peta Infra Merah (IR).

Citra ini diambil pada pita gelombang inframerah dan menggambarkan suhu relatif/hangat atau dinginnya obyek-obyek yang teramati oleh satelit cuaca. Awan-awan rendah umumnya suhunya lebih hangat dan berada relatif dekat terhadap permukaan bumi dan berwarna biru tua s/d hijau muda, sementara awan-awan bersuhu lebih dingin yang umumnya puncak awannya lebih tinggi berwarna oranye s/d pink terang. Citra inframerah ini sangat berguna untuk mendeteksi awan-awan baik di waktu siang maupun malam hari.

Tentusaja informasi  ini perlu untuk mengetahui curah hujan terkini. Citra ini diperbaharui setiap 6 menit.  Peringatan banjir tentusaja akan dipermudah dengan adanya pengamatan (potensi) hujan ini.