Konsekuensi Kebijakan Setiap Jaman Menjadi Tantangan Pada Jaman Selanjutnya

1
Sejarah fluktuasi perekonomian yang naik-turun dan gegap gempitanya perekonomian ini memberikan banyak pelajaran bagus yang saya rasakan. Kebetulan saya lahir di jaman presiden pertama dan hingga menikmati presiden ke tujuh saat ini 😀
Buklet yang dibuat KATADATA ini –> Buklet Ekonomi Indonesia 18x24cm-1 memberikan pejaran tidak hanya sekdar mengerti bagaimana perekonomian namun juga mungkin anda akan melihat seperti apa atau mengapa para pemimpin Indonesia ini mengambil keputusan saat itu.
 Buklet Ekonomi Indonesia 18x24cm-1 

Beberapa pelajaran yang dapat diambil diantaranya :

  • Tantangan setiap jaman pemimpin itu berbeda-beda. Tantangan dari dalam maupun dari luar dari setiap jaman itu berbeda. Sehingga sepertinya tidak ada kebijakan yang salah pada jamannya.
  • Konsekuensi kebijakan setiap jaman menjadi tantangan pada jaman selanjutnya. Sehingga menyalahkan masa lalu bukan sebuah penyelesaian, tetapi setiap pemimpin harus menyempurnakan kemajuan dari pemimpin sebelumnya.
  • Kemajuan serta peningkatan kesejahteraan memang dirasakan, pada setiap jaman kepemimpinan.
  • Para pemimpin terdahulu dan staffnya ini sudah bekerja dengan baik dengan hasil optimum yang mereka mampu.
  • Pertumbuhan ekonomi memang menunjukkan kemajuan, namun besaran angka pertumbuhan ekonomi merupakan tolok ukur bagaimana menghargai modal, bukan peningkatan kesejahteraan secara langsung.
  • Kemajuan yang dijalankan pemimpin sekarang, akan lebih sempurna apabila secara terbuka memberikan pandangan apasaja konsekuensi logis yang bakalan diemban oleh pemimpin selanjutnya.
🙁 “Wah ini berat Pakde. Masak memberitahukan kelemahan kebijakan yang diambilnya ?”
😀 “Tidak ada kesempurnaan apapun pada hasil kerja manusia, namun memberikan wejangan kepada generasi penerus itu perlu, Thole”
  • Indonesia itu menjadi negara besar, lebih dikarenakan hebatnya rakyatnya, tidak hanya karena pemimpinnya.
  • Proyeksi kemajuan Indonesia tahun 2030, diharapkan karena adanya bonus demografi pada masa depan itu. Entah siapapun pemimpinnya, seandainya bekerja optimum dengan mengatisipasi ancaman dari luar, maka posisi Indonesia sebagai negara terbesar kelima pasti akan tercapai.

 

1 COMMENT

  1. betul.. ada kekurangan pula di setiap jamannya.. selalu ada konsekuensi untuk yang selanjutnya.. ada skala prioritas yang berbeda.. karena pada dasarnya semua itu berjenjang.. tak ada yang instan..

Leave a Reply