Siapa Menikmati Subsidi Listrik ?

0
1481

Naiknya tarif listrik hingga bulan Mei 2017 ini mekanismenya secara otomatis sejak bulan Januari. Kenaikan ini memang mengundang kontroversi, kritik serta keluhan rakyat yang menggunakan tarif rumah tangga.

Nah coba kita tengok seperti apa profil tarif listrik ini dibandingkan dengan negara ASEAN.

Data tarif pada bulan Januari dari PLN menunjukkan hal menarik. Bahwa hampir di semua negara ASEAN memberikan tarif terrendah pada pemanfaatan listrik kebutuhan bisnis dan industrinya.

๐Ÿ™ “Pakdhe, jadi selama ini yang disubsidi itu justru Industrinya ya ? Kenapa berbeda dengan BBM yang disubsidi ada pada rakyatnya”

Tarif listrik hampir disemua negara ASEAN memiliki struktur yang hampir sama khususnya untuk kebutuhan bisnis dan industri. Dan hampir semua kecenderungannya memberikan subsidi pada industri.ย 

Hanya Vietnam yang memiliki profil tarif listriknya berbeda dengan negara ASEAN lainnya. Kalau selama ini banyak diributkan mengapa rakyat terasa terbebani ya memang karena listrik itu subsidinya bukan untuk rakyat, tetapi untuk industri.

Memang kalau dilihat kuantitasnya, jumlah penduduk di Indoensia ini paling banyak. sehingga kalau harganya disubsidi sedikit saja per Kwh, tetapi total jumlah beban listriknya menjadi paling besar.

Selain itu industri membeli listrik untuk tegangan tinggi, tidak langsung dipakai. Sehingga pihak industri (pembeli) harus menyediakan travo dan mungkin gardu sendiri. Sedangkan untuk golongan tarif R1 (Rumahtangga) menggunakan listrik tegangan rendah yang langsung siap saji, siap dipakai. PLN sebagai penjual haru mengeluarkan biaya tambahan untuk memelihara peralatan ini.

Jadi kalau ingin membandingkan tarif itu tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga harus melihat profil tarif di negara-negara yang lain. Setiap negara pasti akan memiliki profil berbeda seusai dengan strategi negara tersebut.

Selain harga atau tarif litsrik, ada satu hal yang terpenting juga yaitu ketersediaan. Pemerataan ketersediaan ini menjadi tantangan khususnya untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

Leave a Reply