Gempa menyebabkan longsor di Jepang

0
53

Gempa kuat melanda Jepang. Sebuah gempa besar bermagnitudo 6,4 telah mengguncang Jepang selatan, Kamis (14/4/2016) malam. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada di 11 kilometer timur Kumamoto, Jepang selatan, di  kedalaman 23 kilometer.

Kota Kumamoto yg menjadi pusat gempa juga merupakan daeraj yang sangat padat penduduknya.

Kumamoto

Hingga tulisan ini dibuat sudah tercatat 9 korban meninggal. Proses evakuasi masih berlangsung dan daerah ini sedang terjadi pemadaman listrik.

Intensitas Jepang
Pusat gempa berada di pusat kota. Peta intensitas ini menunjukkan bahwa pusat gempa ini tepat berada dipusat perkotaannnya.

Tentusaja daerah ini akan merasakan goyangan yang sangat besar bahkan diperkirakan menyebabkan longsoran yang cukup banyak karena daerahnya berupa perbukitan.

GempaLongsorJepang
Intensitas longsoran diperkirakan berada disekitar tengah kota.

Mekanisme longsoran ini sangat sederhana mirip longsoran biasa tetapi karena batuan rekah akibat getaran yang akhirnya meruntuhkan dinding lereng. Mekanisme ini sama seperti yang pernah terjadi di Jogja tahun 2006 saat gempa akibat sesar Opak. Saat itu dinding lereng sepanjang Sungai Opak juga mengalami longsor cukup intens.

GempaLongsor
Longsor juga sangat mungkin dipicu oleh getaran gempa. Rumah atau bangunan yang berada diatas seolah-oleh ambles dan bergeser.

Longsor akibat gempa ini sebenarnya tidak hanya mengkhawatirkan saat terjadinya getaran gempa. Namun juga retakan-retakan ini cukup berbahaya bila musim hujan tiba.

Perlu diketahui bahwa pasca gempa, perlu melihat retakan-retakan yang mungkin nantinya akan menjadi bidang gelincir dimusim hujan.

PemicuLongsor

 

 

1 COMMENT

  1. Pak Dhe, adakah hubungan antara gempa di Jepang di atas dengan gempa yang terjadi di Maluku yang baru2 ini terjadi di Maluku ?

Leave a Reply