Gerhana Memicu Gempa, Apakah Bisa ?

0
27

rovicky_gempaGempa beberapa hari yang lalu ada yang mencoba-coba menghubungkan dengan kejadian Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016, nanti. Apakah memang memungkinkan gerhana memicu gempa ?

Memang banyak yang menghubungkan antara  pergerakan bulan purnama dengan kegempaan. Beberapa penelitian memang mencoba mencari kaitannya. Pernah dituliskan disini juga disini. Mengapa efek bulan menjadi Pemicu (trigger) gempa ? Mekanismenya memang secara sederhana berupa mekanisme pemicu atau mirip pelatuk

Teori Ketapel (Elastic Rebound)

Gempa sering dipelajari sebagai sebuah gejala mirip ketapel. Yang diregangkan kemudian dilepaskan. Saat dipelaskan itulah saat terjadinya gempa.Tentusaja ada mekanisme penumpukan tenaga, karena ditekan oleh gaya tektonik, dan dipelaskan saat daya elastisnya kembali.

Penumpukan tenagatrigger2.jpgSecara grafis dapat digambarkan seeperti di sebelah ini. Pada saat penumpukan tenaga, maka pegas tertahan oleh gerigi-gerigi yang berfungsiu sebagai penahan.

Pada saat kondisi tanpa adanya pengaruh dari luar tentusaja pegas akan tertahan oleh beban massa batuan diatasnya. Namun ketika ada benda lain yang memiliki gaya gravitasi, dalam hal ini bulan. Maka massa tersebut akan sedikit berkurang sehingga pelepasan tenaga tejadi. Dengan demikian fungsi bulan, bukanlan sebagai pengatur besar kecilnya tenaga yang terkumpul, namun bulan hanya mempengaruhi fungsi trigger dari terlepasnya energi.

Pada saat gerhana nanti tentusaja Bumi – Bulan – Matahari berada pada satu kesejajaran, alignment. Tentusaja dengan mekanisme diatas, maka massa kerak yang berada diatas akan mengalami daya tarik optimumnya.

Gerhana.JPG
Kesejajaran Bumi-Bulan-Matahari saat terjadinya gerhana.

Apakah dapat memicu gempa ?

Penelitian ini sudah dilakukan sejal lama, namun memang tidak dapat dipakai sebagai patokan. Dibawah ini plot tentang terjadinya gempa yang bersamaan dengan peredaran bulan. Jadi bulan memang dapat mempengaruhi pemicu gempa. Namun jelas bukan satu-satunya faktor yang dapat digunakan sebagai acuan perkiraan terjadinya gempa.

tidal201

Bandingkan dengan mekanisme terbentuknya gempa dan tsunami disebelahnya ini. Yang digambarkan secara grafis itu hanya mewakili ujung ditempat dimana getaran atau dislokasi itu akan terjadi.

Memang secara ilmiah belum terbukti hubungannya. Tetapi penelitian ini justru diperlukan saat gerhana nantinya.
gempa-tsunami
Mekanisme terjadinya tsunam setelah adanya adanya gempa di zona tumbukan lempang.

Bagaimanapun kalau terasa ada gempa kuat ketika sedang di pantai, maka cara yang paling cerdas adalah menuju tempat yang tinggi.

Bacaan terkait

 

1 COMMENT

Leave a Reply