Gempa Samodra Hindia 2 Maret 2016

0
29

Telah terjadi gempa kuat dengan kekuatan M7.9 (EMSC), pada tanggal 2 Maret 2016, Gempa dari kedalaman 10 km di bawah laut itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 19.49 WIB. Lokasi gempa terjadi di 5.16 LS, 94.05 BT atau 682 Km barat Daya Kepulauan Mentawai.

Kalau dilihat di Peta Gempa ini berada di Samodra Hindia. Diperkirakan mirip gempa beberapa tahun sebelumnya pada tahun 2012.

Gempa2Maret2016

BMKG memperbarui data soal gempat yang terjadi di sebelah barat Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kekuatan gempa yang awalnya dinyatakan 8,3 skala richter, direvisi jadi 7,8 skala richter.

Meski informasi kekuatan gempa direvisi jadi lebih kecil, namun peringatan soal tsunami meluas ke sejumlah daerah. Selain Sumatera Barat, daerah yang diberi peringatan soal potensi tsunami meluasi ke Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, dan Lampung.

Gempa di lempeng Samodra Hindia ini diperkirakan mirip dengan gempa yang berada di investigatir ridge yang pernah dijelaskan disini :

Jejak perjalanan tektonik : Plate India

90eastridgedaninvestigatorridge

Investigator Fracture Zone (IFZ) ini (hampir) sejajar dengan Ninetyeast Ridge yang merupakan jejak perjalanan Kerak India kearah Utara.

jejak-perjalanan-india

Peringatan dini tsunami sudah dicabut beberapa jam kemudian.

Kalau memang benar gempa tersebut mekanismenya sesar mendatar, maka memang tsunami yang ditimbulkan tidak sebesar bila gempanya disebabkan oleh sesar naik (thrust fault).

ninetyeastridge[1]

Bacaan terkait dengan gempa ini silahkan dibaca di :

 

1 COMMENT

  1. Selalu menarik membaca penjelasannya pak Rovicky tentang aktivitas geologis terkini. Terutama tentang gempa di samudra hindia kemarin. Kalau gempa yang terasa di Jawa timur pada hari yang sama kemarin karena apa pak? Apakah berkaitan? Terimakasih atas penjelasannya. 🙂

Leave a Reply