Hitung Cepat Adalah Alat Prediksi

0
20

Hasil qick count sudah dianggap stabil oleh masing-2 kubu. Hasil ini sekali lagi masih sebuah prediksi. Kedua kubu bertahan dengan hasil mereka. Apa yang kita pelajari ? Ini lebih berguna dalam pembelajaran politik bangsa.Pemenang

Survey merupakan salah satu metode yang dipakai untuk menentukan kecenderungaAkurasin sejumlah sampel atau data. Quick Count adalah salah satu alat (tool) untuk menebak seluruh hasil populasi data. Dalam hal pemilu ini CC dipakai sebagai alat hitung cepat, yang sejatinya hanyalah tebak-tebakan juga. Ketika hasilnya mendekati 50-50 dengan selisih perbedaan lebih kecil dari kemungkinan margin eror artinya kesimpulannya menjadi tidak bulat.

Dalam pengukuran dikenal istilah presisi dan akurasi. Mirip seperti menembak sasaran dengan anak panah. Akurasi menggambarkan kedekatan panah panah dengan pusat sasaran. Jika sejumlah besar anak panah ditembakkan, presisi adalah ukuran kedekatan dari masing-masing anak panah dalam kumpulan tersebut. Semakin menyempit kumpulan anak panah tersebut, sistim dianggap semakin presisi.

Hasil dari pePresisirhitungan cepat dilakukan oleh beberapa lembaga survey, namun kenetralan lembaga survey ini tidak memiliki legalitas. Mereka bukanlah hakim yang memutuskan. Jadi kita tunggu hasil penghitungan resmi KPU. Apapun yang dihitung KPU bukanlah tebak-tebakan statistik.

Keep calm, Keep Cool

Indonesia is the winner !

1 COMMENT

Leave a Reply