Badai Pasir di Pantai Barat Australia

5

onslow-map_320x180[1]Mungkin anda melihat foto-foto yang beredar di BB berupa badai pasir yang cukup menakutkan. Foto itu merupakan Hoboobs atau Badai Debu di sebelah barat Australia.

🙁 “Wah gambarnya menakutkan banget Pakdhe”.

Namun menurut ahli cuaca Australia Badai Pasir Debu ini tidak berhubungan dengan Nurelle yang memang sedang bergerak di sebelah barat Australia, awal tahun 2013 ini.

Dibawah ini beberapa foto-foto tersebut:

aussie-ds1_650x366[1]
badai debu: Onslow. (Brett Martin)

Brett Martin, seorang pekerja kapal yang mengambil beberapa foto dari badai yang ditampilkan di atas, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya berada di pantai barat dari Pulau False ketika badai yang melaju dengan cepat berupa kumpulan debu, melewati Onslow dan menuju Samudera Hindia.

Dust storm: freakish storm bears down on shipping in the Indian Ocean near Onslow, WA. Picture: Levi Cooper/PerthWeatherLive.com
Dust storm: diambil dari Samodra Hindi dekat Onslow, WA. Picture: (Levi Cooper/PerthWeatherLive.com)

Foto-foto ini diambil memang waktnya berdekatan dengan terjadinya Badai Tropis Nurelle. Tetapi lokasinya jauh dari pusat badai. Menurut ahli-ahli cuaca dan iklim,  meyakininya sebagai badai yang sudah sering terjadi di Australia ini tidak ada hubungan dengan Badai Tropis

🙁 “Wah kok serem bangget … bagaimana terbentuknya Pakdhe ?”

Terbentuknya Badai Debu

Kalau memang sudah sering terjadi bagaimana badai debu ini terjadi, tentunya jauh lebih menarik. Badai ini sebenernya berisi debu halus hingga berukuran pasir. Debu yang berasal dari lempung merah ini menghasilkan warna merah bata pada badai ini. Tentusaja warna merah bata inilah yang menyebabkan nampak seram bagaikan sebuah dinding besar.

DustStorm1
Angin berhembus melalui gurun yang banyak mengandung pasir dan debu merah. Biasanya angin ini kering dengan kecepatan hingga 170 knot.

Seperti kita tahu bahwa bagian tengah dari Benua Australia ini berupa gurun tandus. Warna kemerahan pada debu ini merupakan hasil pelapukan lempung merah yang mirip lempung yang dipakai untuk membuat batubata.

DustStorm
Simulasi ukuran-ukuran debu serta pasrtikel lain yang menjadi ‘pengisi’ badai pasir ini.

Walaupun badai debu (Dust Storm) ini biasa terjadi di daerah gurun, namun masih dianggap sebagai sebuah hal yg tidak umum. Memang pernah terjadi dua hingga tiga kali setahun, namun juga tidak dialami dalam beberapa tahun kemudian.

🙁 “Walaupun tidak umum, tapi tetep saja menakutkan Pakdhe”.

 

5 COMMENTS

  1. badai pasir / debu di australia cukup membahayakan dan untungnya ini tidak terjadi di Australia yang padat penduduknya dan semoga saja Indonesia tidak akan mengalami bencana badai pasir seperti ini..

Leave a Reply