Oil is too valuable to burn – Minyakbumi itu terlalu mahal bila hanya dibakar

0

Metana (CH4) Hanya satu rantai C
Minyak bumi atau hidrokarbon merupakan sebuah senyawa unik yang didapatkan di bumi. Masih ingat Shah Iran ? Sebelum terjadinya revolusi Iran tahun 1979, dia sangat dikenal dengan kalimatnya “Oil is too valuable to burn”.

Ya, bener minyak terlalu mahal untuk dibakar

🙁 “Wah, bukannya pembakaran itu intinya mesin motor bakar Pakdhe”

😀 “Lah memang selama ini kita membakar carbon ini thole. Tetapi untuk menghasilkan gerak kan tidak harus melalui pembakaran. Bisa menggunakan cara lain melalui motor listrik, yang listriknya bisa diperoleh dari sumber energi lain”

Metana (CH4) Hanya satu rantai C

Hydrocarbon (HC) merupakan sebuah rangkaian Hydrogen dan Carbon yg diperloleh melalui sebuah proses kimiawi yg terjadi secara alami. Pembuatan HC sintetis disebuah laboratorium saja akan sangat mahal. Bahkan mungkin impossible untuk membuatnya dalam skala industri. Rangkaian Hydrogen dan karbon ini lebih banyak dijumpai sebagai proses alamiah. Memecahkan rangkaian HC dengan pembakaran sangatlah mudah, dan melalui “combusting” ini akan diperoleh panas atau kalor yg saat ini merupakan sumber energi utama bagi umat manusia. Namun mungkinkah kita merangkai rantai panjang atom C – Carbon

Minyak bumi sebagai salah satu rangkaian HC mempunyai potensi lain yaitu sebagai bahan baku ethilene maupun polyethilene. Sebuah bahan dasar bermacam-macam bahan yg ada disekeliling kita. Didepan anda saat inipun bahan-bahannya dibuat dari bahan petrokimia. Tengok keyboard anda, mouse anda, bahkan baju yg anda pakai tentu mengandung bahan-bahan petrokimia. Yang bahan dasarnya adalah Minyak Bumi.

Dalam rantai yang panjang seperti disebelah ini, merupakan sebuah bahan plastik yang dapat dipakai untuk membuat bahan sintetis. Termasuk untuk implant tulang paha sintetis yang sudah dikembangkan dalam dunia kedokteran (medis). Jadi bahan dari rantai carbon panjang ini sangat bermanfaat bila tidak hanya sekedar dibakar saja.

Bahkan kalau anda tengok penghasilan Pertamina, saya yakin hasil industri Petrokimia-nya sangat besar dibanding produk-produk lainnya. Value added pengolahan minyak bumi untuk kebutuhan industri petrokimia jauh lebih besar ketimbang refinery untuk kebutuhan BBM. Ini perlu disadari bahwa kebutuhan energi dunia harus dipenuhi dari sumber-sumber energi lain selain sumber dari hidrocarbon.

Andris Piebalgs Energy Commissioner A Common Energy Policy for Europe EU Energy menyatakan bahwa nanti tahun 2045 harga minyak sudah terlalu mahal dan sayang kalau hanya dipakai sebagai sumber energi. Dan beliau menyatakan sudah saatnya menerima nuklir sebagai sumber energi yg utama.

🙁 “Whadduh Pakdhe promosi nuklir nih ?” 

😀 “Bukan hanya nuklir Thole. Yang juga perlu diperhatikan bagaimana hemat energi dulu. Yang lebih penting lagi bagaimana menyelamatkan bahan karbon ini untuk tujuan jangka panjang yang lebih bermanfaat”.

Jadi mengapa kita masih lebih mementingkan membakar minyak hanya untuk memperoleh energi ?

“Oil is too valuable to burn,” the Shah reiterated. “When we run out, what will we do? Fight each other for the last drop?”

🙁 “Pakdhe, beberapa tahun kemudian Shah Iran diruntuhkan, kenapa ya ?”

1 COMMENT

  1. Salam kenal,
    Apakah mungkin karbon yang melimpah di alam ini (Karbonmonoksida dan Karbondioksida), dapat dikonversi bolak baik, maksud saya re-use?
    Mohon tanggapan.
    Terima kasih.

  2. sya stuju penggunaan energi nuklir
    law bocor energi trsebut,y krna tidak dirawat
    brng tidak dirawat pasti bsa menimbulkan dmpak bruk kan???

  3. Tapi Pak kalau energi nuklir tersebut bocor atau bermasalah efeknya sendiri bisa sangat membahayakan
    adakah kira2 sumber energi lain yang lebih ramah lingkungan ??

  4. Saya termasuk yang gak percaya kalo minyak akan habis, Tuhan akan memberikan Energi untuk manusia di Bumi Unlimited. Butuh upaya lebih pintar untuk mencarinya. Trus kenapa tidak mesin yang “Efisien”. mesin yang dipake saat ini hanya 35% tingkat efisiensinya. Upaya untuk membuat Zat Tambahan (ADDITIVE) yang dicampur dengan BBM saat ini sdh bisa menhemat 30% penggunaan BBM. Serta Uapay membuat mesin dengan efisiensi tinggi sangat mungkin dilakukan dengan Kerjasama Ahli Kimia BBM dan Ahli Mesin dan Metallurgi.
    Dalam waktu dekat ada mesin sepeda motor 50cc mempunyai tenaga seperti mesin 150cc, adalah sangat mungkin dengan dikembangkan ADDITIVE BBM ORCA POWER MAKER (http://www.orca-indonesia.com), tinggal membutuhkan partner Ahli Mesin dan Ahli Metallurgi.
    Revolusi Mesin didepan mata dan Minyak Bumi akan terus menjadi Tumpuhan Manusia Masa Depan….

  5. Wow, artikel keren dan lengkap pak, saya ingin menyebar luaskan. Sepertinya orang di negri ini ga akan sadar betapa berharganya minyak kalau minyak akan habis sampai produksi minyak kita habis.

  6. Indonesia…selalu berulang pada masalah sama dan penyelesaian yang sama, tanyakan kena apa….?

    http://rovicky.wordpress.com/2008/06/05/harga-minyak-mahal-pak-cik/

    http://rovicky.wordpress.com/2008/05/14/kok-perlu-subsidi/

    http://rovicky.wordpress.com/2006/07/06/renewable-fuel-standards-good-for-the-environment-or-not/

    UMR vs UMGlobal 🙂 🙂 🙂
    Produksi vs Konsumsi,
    Subsidi vs Swadaya,
    Pasar vs Rumah Tangga
    Liberal vs Socialism – Communism
    Pancasila CS ???

  7. Teknologinya yang belum mampu atau juragan minyaknya yang belum mau? Tidak mungkin singa melepaskan kambing yang sudah dimulut agar dapat berbagi dengan srigala. Tidak ada idealisme di dalam bisnis minyak, yang ada hanya hukum ekonomi.

Leave a Reply