Status Dieng naik menjadi SIAGA (Level 3)

0

Ststus Dieng dinaikkan menjadi SIAGA (Level 3) oleh Badan geologi setelah dilakukan evaluasi aktifitasnya yang meningkat. Dibawah ini cuplikan dari surat yang dikeluarkan oleh Badan Geologi mengenai peningkatan status G Dieng ini.

🙁 “Wah Pakdhe, tadi malam sebenernya sudah denger beritanya ya ?”

😀 “Iya Thole tetapi penumpang kan tidak boleh mendahului supir”

Dalam peenjelasannya, Badan Geologi mendasari pada pengamatan Visual, Kegempaan, serta Gas CO2.

Gunungapi Dieng secara geografis terletak pada 70 54’ LS dan 1090 54’ BT dan secara administrasi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Pada tanggal 23 Mei 2011, pukul 14:00 WIB, status kegiatan Gunungapi Dieng dinaikkan dari Normal ke Waspada. Catatan erupsi freatik terakhir Gunung Dieng terjadi di Kawah Sileri pada 27 September 2009 pukul 00.05 WIB berupa semburan lumpur.

PEMANTAUAN

Visual

http://www.ulb.ac.be/sciences/cvl/DKIPART1.pdf
Lokasi Kawah Timbang (tanda X) sebelah kiri atas.

Pemantauan secara visual terhadap Kawah Timbang, sejak tanggal 22 Mei 2011 mulai teramati hembusan asap kawah berwarna putih tipis ketinggian sekitar 20 meter dengan perioda kemunculan berkisar antara 15 – 30 menit

Sejak 29 Mei 2011, pukul 06:00 – 16:14 WIB, teramati aliran gas dari Kawah Timbang sejauh 50 meter kearah selatan melalui lembah. Setelah dilakukan pengecekan (semua Pengamat menggunakan masker), teramati tumbuhan tampak kering terkena gas dan dijumpai burung mati (diambil sebagai bukti/sample). Dilakukan pengecekan di Jembatan Sumberejo menggunakan kelinci, gas berbahaya belum mencapai Jembatan Sumberejo, sebagai bukti, kelinci tetap hidup. Hingga saat ini (29 Mei 2011, pukul 18:02 WIB) teramati asap tipis keluar dari Kawah Timbang mengalir kearah Selatan.

Kawah Sileri Kawah Sinila, Kawah Siglagah, Kawah Condrodimuko dan Kawah Sikidang tidak terjadi perubahan secara visual.

Kegempaan

Dalam periode 18-22 Mei 2011, terekam 62 kejadian gempabumi Vulkanik Dalam, 59 kejadian gempabumi Vulkanik Dangkal, 3 kejadian Gempabumi Tektonik Jauh dan 1 (satu) kejadian Gempabumi Tektonik Lokal.

Pada tanggal 29 Mei 2011 pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, terekam 5 kejadian Gempabumi Vulkanik Dalam, 3 kejadian Gempabumi Tektonik Lokal dan 2 kejadian Gempabumi Tektonik Jauh. Pada pukul 06:02 WIB, terekam Gempabumi Terasa MMI 2, kemudian diikuti serentetan Gempabumi Vulkanik kecil-kecil yang merupakan Gempabumi Vulkanik Dangkal.

Gas CO2

Pada status Waspada konsentrasi gas CO2 di Kawah Timbang mencapai 0,106 % volume Pada 28 Mei 2011, tiba-tiba terjadi peningkatan konsentrasi gas CO2.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pemantauan secara visual, gas CO2 dan kegempaan di G. Dieng terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Maka terhitung mulai tanggal 29 Mei 2011 pukul 20:45 WIB, status G. Dieng dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III)

Pemantauan aktivitas G. Dieng dilakukan secara intensif oleh Tim Tanggap Darurat G. Dieng.

Dilakukan koordinasi secara menerus dengan BNPB, BPBD Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang dan seluruh pemangku kepentingan.

REKOMENDASI

Sehubungan dengan peningkatan status dari Waspada menjadi Siaga Gunung Dieng maka direkomendasikan sebagai berikut :

Masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 1000 meter dari Kawah Timbang, mengingat ancaman bahaya gas beracun yang berbahaya bagi kehidupan, dengan sifat tidak tampak dan tidak berbau, yang setiap saat dapat terjadi.

Masyarakat agar tetap tenang, tidak terpancing isyu-isyu terkait dengan aktivitas Gunung Dieng yang tidak jelas sumbernya. Untuk itu masyarakat dapat berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Dieng, dengan alamat Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, atau dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung.

Sumber berita : “Badan geologi”

1 COMMENT

  1. Dieng Plateau Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara adalah tujuan wisata utama di Pulau Jawa, Indonesia, dengan banyak pesona dan misteri yang belum terungkap. DiengPlateau.Com menyajikan informasi tentang obyek wisata, homestay, rental mobil dan segala informasi wisata di Dataran Tinggi Dieng.

  2. Sedih bgt..padahal rencananya longweekend ini mau kedieng..the place that i really dreamed to be there..belum jodoh kali yaa..negri di atas awan tunggu aku yaa..next time yakin bisa kesana..amiin..

Leave a Reply