Pusaran Raksasa Akibat Tsunami Jepang 2011

0

Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya.

Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti.

🙁 “Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?”

😀 “Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole”

Tembok air tsunami berubah menjadi pusaran.

Tembok tsunami ketika mengalir akan mengikuti pola dari rupture atau pola dari oatahan yang terpatahan. Retakan atau rekahan ini menyebabkan air tersembul keatas, dan membuat tembok air tsunami. Menurut perkiraan visual dari ketinggian dari tembok air ini mencapai 30 meter. Dan hingga lebih dari 10 meter ketika mencapai daratan, sampai menyapu segalanya yang dilewati. Termasuk rumah, bangunan, kendaraan, dan tentusaja manusia yang tidak sempat mengevakuasi. Innalilahi wainnailaihi rojium !

Ketika mencapai pantai terjadi perubahan bentuk dari tembok air ini karena morfologi dasar air dan morfologi garis pantai. Ketika mendekati pantai kecepatan air yang tidak terganggu akan terus melaju, tetapi yang terganggu garis pantai akan berbelok. Belokan inilah yang akhirnya menyebabkan terbentuknya pusaran air.

Bentuk garis pantai timur Jepang yang dapat mempengaruhi bentuk tembok air dan membuat pusaran air.

Perhatikan bentuk dan pola garis pantai Timur Jepang yang berkelok-kelok. Tentusaja terbentuknya pusaran ini akan sangat mungkin terjadi. Yang dibawah ini salah satu pusaran yang terlihat dari helikopter pengamat.

Untuk memberikan seberapa besar pusaran air ini, dapat dilihat kapal sebagai pembandingnya. Lihat dibawah ini.

Kapal/oat yang terombang-ambing pusaran air.

Tidak diketahui apakah kapal itu ada penumpangnya atau tidak.

🙁 “Wah mekanismenya seperti aliran air ketika mengguyur air di toilet itu ya, Pakdhe ?”

Video dibawah ini memberikan gambaran seperti apa gerakan pusaran raksasa ini :

Tulisan lain tentang Tsunami Jepang 2011:

1 COMMENT

  1. […] Pusaran Raksasa Akibat Tsunami Jepang 2011 (via Dongeng Geologi) April 29, 2011 Filed under: Uncategorized — -eirene- @ 1:05 am Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya. Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti. "Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?" "Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole" Tembok air tsunami berubah menja … Read More […]

  2. Kalo boleh saya berasumsi, ini merupakan bagian dari longshore current (Collinson, 1985). Pergerakan arus yang mendekati pantai sebisa mungkin perpendicular atau tegak lurus dengan tepi pantai (secara otomotis morfologi kedalaman shoreface sangat dipertimbangkan). Nah karena energi current dari laut lebih besar, maka pergerakan arus dari laut ke pantai hanya di belokkan sedikit saja (Makanya terkadang ripple current berarah ke arah darat). Dan arus balik atau backswashnya memeiliki energi yang lebih kecil dan mengikuti grafitasi morfologi pantai (Hukum grafitasi berlaku pada fluida) sehingga lebih perpendicular terhadap garis pantai daripada swash yang langsung dari laut. Menurut buku samboogs yang pernah saya baca, kecepatan arus backswash lebih rendah, tetapi yang membuat berbahaya adalah akselarisnya yang sangat cepat.
    Mudah2an bisa menjadi bahan refresh buat semua, maklum saya minggu lalu habis jalan2 dari pantai selatan jogjakarta.

    Salam Saya
    Mohammad Reza

  3. Pakde, saya kok meragukan asumsi “Ketika mendekati pantai kecepatan air yang tidak terganggu akan terus melaju, tetapi yang terganggu garis pantai akan berbelok. Belokan inilah yang akhirnya menyebabkan terbentuknya pusaran air.”
    dalam bayangan saya kontur bawah laut dekat pantai akan sulit menyebabkan gerakan memusar begitu, kecuali ada tembok tinggi yang lebih kuat dari hempasan tsunami. juga memperhatikan bentuk pusaran, ada yang tersedot ke tengah, artinya ada aliran air masuk ke bawah.
    mohon dijelaskan, saya awam dalam soal ini.

    –> Yang membelokkan bukan dasarnya tetapi garis pantainya (pinggirnya). Tidak ada air yang tersedot kebawah. Akhirnya pusaran ini juga sudah berhenti setlah tidak ada aliran tsunami lagi.

  4. subhanallah……………………………………………………….

    ini blum seberapa.tapi klo kiamat ka gimana ya??

  5. Itu terjadi bukan samasekali Tuhan membenci, Siapapun itu, manusia manapun itu, Lokasi manapun itu, hanya kita sbg manusia segara sadarlah akan Keagungan-NYA.
    Dibandingkan musibah, Hikmah yg didpt jauh lebibesar .

  6. Subhanalloh,… semua kekuasaan Alloh,

    tapi ane pernah baca – baca, Apa mungkin ya, gempa 8.9 MI di Jepang itu juga merupakan salah satu uji coba Senjata HAARP (High Frequency Active Auroral Reasearch Program) yang bisa menimbulkan Gempa Tektonik dan Perubahan Iklim ???

  7. Waduiii Negara Super tecnologi kog reaktornya bisa meletuip, awas nanti kita juga kesambangan radiasinya, hee heee heee

  8. bertobat lah sebelum terlambat….
    cintai lah dunia, seolah2 engkau akan hidup selama-lamanya..dan cintailah akhirat seolah2 engkau akan mati besok….

  9. rahasia dibalik rahasia illahi…
    hanya Al-Qur’an Karim lah yg bisa menjawab bencana.. karena jum”at adalah milik islam dan jum’at pulalah akan terjadi bencana lebih hebat dari bencana yg ada…
    maka dari itu kembalilah pada ajaran islam yg sebenarnya..
    tinggalkan hedonisme dan maksiat..
    Alloh pasti sayang akan umatnya dibalik bencana yg terjadi sekarang ini..

  10. jepang telah mempersiapkan menghadapi bencana gempa dan tsunami. tapi jepang tdk bisa memperkirakan seberapa besar bencana dan efeknya. itu kuasa dan takdir Allah swt. tidak berarti berpangku tangan pasrah terhadap bencana,namun bangsa indonesia harus senantiasa belajar dan mempersiapkan lebih dini untuk meminimalisir dampak dari bencana tsb. semoga

  11. hal seperti ini prna terjadi di INDONESIA,,malahan lbih dasyat…

    krna i2 qt harus berdoa trus kpda Tuhan agar trhindar dr sgalah benjana…

  12. woww,,sunggu dasyat kuasa Tuhan kpada umat manusia…

    krna i2 kta hrus slalu berdoa agar trhindar dri benjana..

    stuju,,,…!!

  13. Sekali lagi pelajaran bagi kita semua tentang manajemen resiko bencana. Betapa tidak ternilainya kehilangan jiwa dan harta ketika bencana yang sudah diketahui mungkin terjadi (resiko) tidak diantisipasi dengan tepat.
    Jepang mungkin berhasil mempersiapkan diri menghadapi bencana gempa dengan teknik bangunan tahan gempa, namun terhadap tsunami boleh dikatakan kesiapannya kurang (infra strukturnya). Istilah Tsunami berasal dari Jepang…..tetapi kali ini negara super modern tersebut diluluhlantakkan oleh bencana yang bernama Tsunami.
    Namun saya yakin, Jepang akan segera bangkit dan belajar banyak untuk menemukan teknologi dan penataan wilayah yang aman terhadap Tsunami.
    Mari Indonesia belajar dari Jepang!
    Tsunami adalah bahasa Jepang, menjadi sebutan bagi bencana luapan air laut ke daratan.

  14. […] Pusaran Raksasa Akibat Tsunami Jepang 2011 (via Dongeng Geologi) Posted on Maret 15, 2011 by ekosutrisno14 Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya. Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti. "Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?" "Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole" Tembok air tsunami berubah menja … Read More […]

  15. Innalillahi wainnailaihi roji’un ….Allah murka dari kecongkaan manusia….untuk itu marilah banyak beribadah beramal bersdekah…..oleh karenanya sehingga Jepang adalah negara raksasa industri dunia tak kuasa menahan amarahnya…..

  16. Subhanallah, Maha Besar Allah, sehebat apapun rancangan manusia, tidak akan mampu mengatasi Kuasa Allah, kita mesti terus berdo’a, bersolawat, berzikir setiap saat. agar selamat.

  17. Setelah melihat menyimak kejadian yang ada di permukaan bumi ini. Pada akhirnya manusia itu harus membentengi dengan iman dan taqwa, Seperti yang telah tercantum dalam Al Qur’an, kerusakan di bumi ini akibat ulah manusia.

  18. marilah kita merenung sejenak……..mengapa kita hidup…untuk apa kita hidup…..apakah kita anggap fenomena alam…………?

  19. Allah telah menunjukkan kebesarannya terhadap kesombongan umat manusia dan kita semua tinggal menunggu yg lebih dahsyat lagi pada akhir jaman nanti(kiamat.) sepintar2nya manusia masih ada yg lbh pintar dialah Tuhan Semesta Alam………….. ammiiin.

  20. semoga Allah swt. memberi hidayah untuk ummat seluruh alam,khususnya untuk mereka yang ada di jepang yang masih di selamatkan oleh Allahswt.

  21. […] Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya. Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti. "Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?" "Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole" Tembok air tsunami berubah menja … Read More […]

  22. Gempa dan tsunami Jepang 11 Maret 2011 membuat semua yang melihat akibatnya miris. Pakdhe, saran apa yg bisa Pakdhe berikan melihat posisi Sumatera Barat dan Jawa bagian selatan yang padat penduduk apabila terjadi gempa besar yang berakibat tsunami (yg katanya masih ditunggu karena sudah waktunya). Terima kasih

  23. wah… mengerikan sekali kalau udah melihat putaran air seperti di jepang ini. dan ini adalah suatu musibah. dibalik musibah itu, dapat kita lihat alangkah kuasanya Tuhan. yang dapat membuat manusia tidak bisa berbuat banyak, kecuali harus berdo’a. dan saya do’akan agar semua manusia yang ada diwilayah gempa jepang selamat amin.

  24. Nihonjin no minna-san, GANBATTE KUDASAI!!
    Cepatlah bangkit, karena hanya kalianlah yang dapat memberi hiburan yang paling menarik melalui FILM ANIME DAN MANGA (KOMIK JEPANG)!! GANBATTE!!! GANBATTE!!!

  25. Aku doain semoga Jepang cepat kembali seperti sedia kala. Karena aku benar-benar sedih dan hatiku miris melihat negara impianku, favoritku porak poranda seperti itu. Padahal aku bercita-cita ingin ke Jepang dan tinggal disana klo ada kenalan disana. Aq mau mempelajari apa aja yang ada di Jepang sana.

  26. Subhanallah..
    betapa maha perkasanya Allah SWT ..
    walaupun jepangf bukan negara kita tpi saya ikut prihatin atas kejadian ini dan saya berdo’a agar tidak terjedi apa** lgi ..ami

  27. subhanalloh,alloh dzat yg maha pengasih dan penyayang.bencana dalah suratan takdir,dibalik smua tu rencana alloh mungkin lebih baik.

  28. Ya pak dhe, mirip seperti jika saya mancing di sebuah teluk : Pelampung saya berputar. Tapi biasanya titik pusat pusaran mengikuti dasar yang paling dalam. Apa begitu juga yg terjadi disana ?

  29. Apakah ada hubunganya antara bencana gempa bumi di jepang tersebut dg fenomena Supermoon tanggal 19 maret 2011 nanti ?

  30. ini pendapat saya saja ya pak…
    kalau arah datangnya air dari tenggara, mungkin saja bisa menghasilkan turbulensi, karena bentuk teluknya disebelah utara agak menutup. tapi kalau berdasarkan gambar bapak arah datangnya air dari timur atau timut laut, saya rasa yang terjadi bukan turbulensi, karena teluk di sebelah selatannya agak terbuka, sehingga arus air bisa saja melepas ke arah selatan.

  31. maybe..gambaran bumi,liat ada 4 lintasa n yang menandakan lintasan bumi,…artinya lintsan bumi di galaxi bimasakti udah terganggu….waspadalah..mungkin ada yng lebih dasyat lagi…

Leave a Reply