Ukuran dan Peta Jagad Raya – Bintang tetangga terjauh

0
Lokal Group, atlas radius 5 juta tahun cahaya.

http://rovicky.files.wordpress.com/2006/11/peta.gifMasih soal semesta yang luas dengan teka-teki siapa penghuninya dan seperti apakah mereka. Namun kita belum menjawab pertanyaan yang cukup rumit itu. Manusia masih menerawan saja dari bumi. Menerawang dari kejauhan. Jarak terdekat sebuah bintang dengan bumi adalah matahari, sedangkan tetangga matahari yang paling dekat adalah Alpha Centauri A. Terus siapa tetangga terjauh kita.

Tulisan sebelumnya disini berisi dongeng dari bintang tetangga kita setelah matahari. Tentunya semesta kita tidak hanya segitu saja. Semesta yang ada pastilah jaraknya jauuh, sangat lebar, sangat luas, dan berisi.

🙁 “Pakdhe, yang penting itu menjawab pertanyaan apakah alien itu memang ada atau tidak sih ?”

😀 “Thole sebelum tahu itu semua kita harus melihat nya dahulu. apa saja yg ada disana. Petanyaanmu itu baru bisa dijawab kalau kita kesana, atau menerima mereka kesini. Itupun kalau memang mereka memang benar-benar ada !”

Dalam ilmu geologi dan kebumian kita mengenal peta. Tentunya juga ada peta semesta kan ? Lantas, seperti apa peta atau atlas semesta ini.

Atlas 250 tahun cahaya.

Dongeng ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang tetangga bintang yang terdekat dengan melihat atlas 12.5 tahun cahaya.

250 tahun cahaya.

Peta ini adalah plot dari 1500 bintang yang paling terang dalam jarak 250 tahun cahaya. Semua bintang ini jauh lebih bercahaya daripada Matahari dan kebanyakan dari mereka dapat dilihat dengan mata telanjang. Sekitar sepertiga dari bintang-bintang terlihat dengan kebohongan mata telanjang dalam waktu 250 tahun cahaya, meskipun ini hanya bagian kecil dari galaksi kita.

🙁 “Pakdhe, alamat yang buat Crop Circle Magelang, dimana ?”

Atlas 5000 tahun cahaya.

Atlas 5000 tahun cahaya dari bumi
Atlas 5000 tahun cahaya dari bumi. Lihat skala 100 tahun cahaya diatas. Klik gambarnya untuk memperbesar.

Gambar diatas ini adalah peta salah satu sudut dari galaksi Bima Sakti kita.seolah-olah kita mundur melihat 20 kali dari gambar siatasnya. Seperti kalau kita melihat peta propinsi (diatas), dan ini adalah peta negara Indonesia. Makanya matahari (Sun) terlihat kecil sebuah titik ditengah.

Matahari terletak di Lengan Orion – lengan yang cukup kecil dibandingkan dengan Lengan Sagitarius, yang terletak dekat dengan pusat galaksi. Peta ini menunjukkan beberapa bintang terlihat dengan mata telanjang yang terletak jauh di dalam lengan Orion.

🙁 “Pakdhe, sakjane aku pingin loh menjelajah ke angkasa, tapi kalau nyasar gimana ? Apa ada GPS yg bisa dipakai ya ? :p “

Kelompok bintang yang paling menonjol di sini adalah bintang utama dalam konstelasi Orion – dimana lengan spiral mendapatkan nama. Semua bintang-bintang raksasa terang dan bintang-bintang super raksasa, ribuan kali lebih terang daripada matahari. Bintang yang paling terang di peta adalah Cassiopeia Rho (ρ Cas) – jaraknya sejauh 4000 tahun cahaya dari kita saat ini. Bintang itu terlihat sebagai bintang redup dengan mata telanjang, namun pada kenyataannya bintang ini adalah bintang besar supergiant yang 100 000 kali lebih cemerlang dari Matahari.

Atlas daerah seluas 50000 tahun cahaya. (Peta galaksi)

Atalas 50000 tahun cahayaPeta ini menunjukkan satu ukuran penuh galaksi Bima Sakti – sebuah galaksi spiral paling sedikit dua ratus miliar bintang. Matahari kita dimakamkan jauh di dalam Lengan Orion sekitar 26 000 tahun cahaya dari pusat. Di bagian tengah Galaxy bintang-bintang ini berkumpul rapat daripada bintang-bintang disekitar kita. Silahkah di klik untuk melihat lebih besar. Perhatikan juga adanya gugus bola kecil dari bintang-bintang yang terletak dengan baik di luar bidang Galaxy, dan perhatikan juga keberadaan galaksi kerdil terdekat – yang kerdil Sagitarius – yang terlihat seolah-olah secara perlahan akan ditelan oleh pusaran galaksi kita.

🙁 “Pakde, lah yang motret diatas itu siapa ?trus darimana motretnya ? Manusia ngga pernah punya alat untuk memotret sejauh ini ?”

😀 “hehehe, itu bukan foto, itu gambaran teoritis, thole 🙂 Manusia jaman dahulu juga sudah mampu membuat peta Jawa walaupun belum pernah dilihat dari pesawat  luar angkasa bukan ? ”

Kalau ingin melihat peta galaksi Bima Sakti (Milky Way) bisa dilihat disini (ukuran 4.3 MB, dari NASA)

Atlas 500000 tahun cahaya

Apabila kita mundur terus menjauhi bumi sebanyak sepuluh kali dari galaksi Bima Sakti diatas, maka kita akan melihat Galaksi Bima Sakti menjadi kecil seperti dibawah ini.

Atlas 500 000 tahun cahaya

Di dalam radius 500 000 tahun cahaya ini :

  • Jumlah galaksi besar  = 1
  • Jumlah galaksi kerdil = 12
  • Jumlah bintang = 225 miliar

Bima Sakti dikelilingi oleh beberapa galaksi kerdil, biasanya mengandung beberapa puluhan jutaan bintang, yang tidak signifikan dibandingkan dengan jumlah bintang di Bima Sakti itu sendiri. Peta ini menunjukkan galaksi kerdil terdekat, mereka semua terikat pada gravitasi Bima Sakti memerlukan milyaran tahun untuk orbit itu.

Atlas radius 5 000 000 (lima juta) tahun cahaya.

Semakin kita menjauhi bumi, maka akan semakin banyak galaksi yang akan terlihat. Dalam radius 5 juta tahun cahaya ini akan terdapat:

  • Jumlah galaksi besar  = 3
  • Jumlah galaksi kerdil = 46
  • Jumlah bintang  = 700 miliar

Lokal Group, atlas radius 5 juta tahun cahaya.Bima Sakti adalah salah satu dari tiga galaksi besar milik kelompok galaksi yang disebut Grup Lokal (Local Group) yang juga berisi beberapa lusin galaksi kerdil. Sebagian besar dari galaksi ini digambarkan di peta diatas, walaupun galaksi kerdil sebagian besar begitu samar, namun jelas akan ada beberapa mungkin lebih menunggu untuk ditemukan. Jadi kalau ada yang tertarik belajar astronomi barangkali akan menemukan galaksi baru.

🙁 “Pakdhe, rumahnya supir UFO dimana ? Mau minta ganti rugi sawah yang rusak tuh !”

Atlas radius 100 juta tahun cahaya.

Ternyata sampai jarak 100 juta tahun cahayapun manusia masih mampu mengamati semesta ini.

Atlas radius 100 juta tahun cahayaGalaksi kita hanyalah salah satu dari ribuan yang terdapat dalam 100 juta tahun cahaya. Peta di atas menunjukkan bagaimana galaksi cenderung mengelompok dalam kelompok-kelompok, cluster dekat terbesar adalah cluster Virgo, konsentrasi beberapa ratus galaksi yang mendominasi kelompok galaksi di sekitarnya. Secara kolektif, semua kelompok galaksi dikenal sebagai Supercluster Virgo. Cluster terkaya kedua di buku ini ruang adalah Cluster Fornax, tetapi hampir tidak sekaya cluster Virgo. Hanya galaksi terang yang digambarkan di peta, galaksi kita hanyalah sebuah titik, tik.

Dalam radius 100 juta tahun cahaya ini akan terdapat :

  • Jumlah galaksi kelompok = 200
  • Jumlah galaksi besar = 2500
  • Jumlah galaksi kerdil = 50 000
  • Jumlah bintang  = 200 triliun

Atlas radius 1 milyar tahun cahaya (1 000 000 000 tahun cahaya)

Super Cluster. Radius 1 milyar tahun cahaya.Galaksi dan cluster galaksi tidak terdistribusi secara merata di alam semesta, tetapi mereka berkumpul dalam cluster yang luas dan lembaran serta dinding galaksi yang diselingi dengan rongga besar antar galaksi yang sangat sedikit. Peta di atas menunjukkan banyak dari superkluster termasuk supercluster Virgo – yang berupa supercluster kecil dimana galaksi kita hanyalah sebuah anggota terkecil. Seluruh peta diatas adalah sekitar 7 persen dari diameter Alam Semesta yang terlihat atau teramati selama ini.

Apa saja yang terdapat dalam radius 1 milyar tahun cahaya ini

  • Jumlah superkluster = 100
  • Jumlah kelompok galaksi = 240 000
  • Jumlah galaksi besar = 3 juta
  • Jumlah galaksi kerdil = 60 juta
  • Jumlah bintang  = 250 000000000000000 (250 000 trilliun)

Radius terjauh semesta yang teramati. (14 Milyar tahun cahaya)

Tentulah sampai ada batasnya manusia mampu mengamati. Saat ini manusia hanya mampu mengamati hingga radius 14 milyar tahun cahaya. Namun tidak menutup kemungkinan akan lebih luas lagi.

UNIVERSE - Alam semesta (radius 14 milyar tahun cahaya)Peta ini mencoba untuk menampilkan seluruh Alam Semesta yang terlihat manusia di bumi. Galaksi-galaksi di alam semesta cenderung untuk berkumpul menjadi lembaran yang luas dan superkluster galaksi sekitarnya lubang (void) besar alam semesta memberikan penampakan selular. Karena cahaya di alam semesta hanya bergerak pada kecepatan tetap, kita melihat benda di tepi alam semesta ketika masih sangat muda sampai 14 miliar tahun yang lalu.

Berapa jumlah bintang dan galaksi yang manusia perkirakan di alam semesta ini  ?

  • Jumlah superkluster  = 10 juta
  • Jumlah kelompok galaksi = 25 miliar
  • Jumlah galaksi besar = 350 milyar
  • Jumlah galaksi kerdil = 7 triliun
  • Jumlah bintang  = 30 miliar triliun (3×10 ² ²)

🙁 “Wis Ah, Pakdhe kok lama-lama ndobos. Lah itu nulis nama bintangnya trus gimana Pakdhe ? 30 milyar trilliun bintang ?

😀 “Thole itu diperkirakan jumlahnya berdasarkan kerapatan bintang, kerapatan galaksi, dan juga kerapatan supercluster”.

Perkiraan jumlah ini caranya mirip memperkirakan jumlah butir padi dalam satu truk. Kalau dalam satu cm kubik ada 300 bulir beras, maka kita dapat memperkirakan jumlah bulir beras dalam satu gudang beras sekalipun !.

Wuiih …. Kalau sudah mampu melihat isi dari alam semesta yang terlihat, lantas apa yang kau pikirkan ?

Sumber : www.atlasoftheuniverse.com.

Tulisan terkait :

1 COMMENT

  1. Kenapa tuhan menciptakan alam semesta tanpa batas ini?buat apa diciptkan kalau tidak bisa diobservasi secara luas,maksimal,mendalam,dan menyeluruh,kenapa?
    Kenapa?
    Kenapa?
    Ada yang bisa jawab pertanyaanku ini nggak sih ?????

  2. Yah benar bahwa manusia adalah khalifah, karena semua termasuk alam semesta ini diciptakan untuk manusia yg hanya sekecil “dna” atau kromosom jika dibandingkan dengan alam.

    Karena semua yang diamati ilmuwan hanya sebatas pasir dalam genggaman, miliaran bintang dan galaxi yg kita lihat hanya akan sebagai screensaver alias penghibur belaka buat kita. Kenapa?

    Karena miliaran galaxi dan bintang yang dilihat ilmuwan belum tentu masih ada dan masih pada posisinya. Kita mengamati alam yg memiliki waktu relatif, dengan jarak miliaran tahun cahaya, sedangkan alam semesta ini saja baru bisa diterka sekitar 5 miliar tahun, jadi jelas yang kita lihat hanyalah debu alam cahaya yang semakin dikejar semakin redup karena ketika kita sampai disana dlm sekejap sekalipun belum tentu bendanya masih ada.

    Subhanallah wallahuakbar

    Al-Ĥijr:16 – Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya),

  3. DAN APABILA ILMU TUHAN ITU DIIBARATKAN SEBESAR LAUTAN, MAKA ILMU MANUSIA ITU HANYALAH SEBESAR SETETES AIR.
    Bila alam (jagad raya) ciptaan Tuhan itu ibarat seluas lautan, maka yang diketahui manusia (yang bisa diamati) ibarat setetes air dari lautan itu. (berarti kita cuma sebesar ???….)
    SUBHANALLAH, ALLAHUAKBAR

  4. Subahanalloh Mahasuci Alloh SWT yang telah menciptakan ini semua ( Tafakkaru Fii Kholqillah walaa tafakkaru Fi Dzaatillah ) Pikirkanlah tentang penciptaan Alloh dan Jangan Pikirkan tentang Dzat Alloh ) InsyaAlolh Kita Taskil 4 Bulan Sejauh-jauhnya selama-lamanya seperti para Sahabat R.hum. aminn

  5. menurut bangsa saya dialam ini ada 1000 triliun galaksi yg nampak belum termasuk galaksi tak nampak, manusia hanya baru melihat pucuk gunung es belum Dalamnya.
    Jumlah lubang hitam 1000 kali jumlah galaksi

    sungguh Tuhan Maha Besar kerajaanNya

  6. kalau butiraran beras ibarat galaksi beserta bintangx n truk adalah kelompok galalasi dan jalan raya adalah luasx galaksi pasti masih ada jagatraya lain di sebelahx, maha besar allah dengan segala kebesaranx,

    • [email protected]

      Lebiha jauh lagi Arsy Allah, karena semuanya: Laufulmahfud, Sidratulmuntaha, Jannah itu menggantung dibawah singgasana ALLAH. Dibawah nya lagi adalah tatanan jagad raya yang fana dan akan musnah pada hari kiamat nanti. Wawlahualambisawab(hanya ALLAH yang mengetahui nya)

      Wassalam.
      ARH
      Sent from my BlackBerry® smartphone provided by mobily

  7. Jagad raya sungguh spektakuler. . .kerlap kerlip triliunan bintang jika bisa trgambarkan akan seperti apa mungkin bisa 1milyar triliyun x dari keindahan pasar malam. . .
    its amazing beautifull spektakuler semuanya deh. . .
    subhanallah allahu akbar. . .

    • Menarik Roni, Kalau tahu ukuran satu butir kita hanya dapat memperkirakan ukuran truk maksimum berdasar parameter lain. Misanya, kita tahu, bahwa beras memiliki kapasitas daya dukung utk menahan beban, misal beban melebihi satu ton beras ditumpuk diatasnya akan menghancurkan butiran beras yg paling bawah. Jadi maksimum tinggi truk pengangkut akan dapat diketahui, kita tahun berat jenid beras, dan kita tahu tinggi dari tumpukan. Karena satu butiran tidak mampu menahan beban tertentu (misal satu ton). Jadi limitasi beban daya dukung ini menjadi pembatas maksimum ukuran.

      Nah pertanyaan selanjutnya, yg dimaksud ukuran jagad raya itu ukuran truknya atau panjang jalan raya-nya ?

  8. betapa luas jagad raya ini, planet yang kita tempati aja seakan sudah luas banget, berarti kita adalah sangat … sangat … sangat kecil dialam ini, tapi banyak orang yang sombong, merasa dirinya besar, seperti para pejabat yang korup, padahal nasi yang masuk keperutnya saja hasil merampas, makanya pikirannya gelap gak sampai memikirkan kekuasaan Tuhan Yg telah menciptakan alam ini begitu luasnya … laa haulla walla kuwatta illa billah hill aliyill adzim.

  9. Dalam radius tak terhingga triliun tahun cahaya ini akan terdapat :

    Jumlah galaksi kelompok = tak terhingga
    Jumlah galaksi besar = tak terhitung
    Jumlah galaksi kerdil = tak tau lagi
    Jumlah bintang = tak mudeg aku

    maha suci Tuhan Yang Maha Tahu segalanya.

  10. Peta jagat raya di atas hanya ilustrasi saja dan belum tentu benar, kita manusia hanya bisa pakai logika yang terbatas. otak manusia yang segini kecil untuk menjawab luasnya jagat raya yg tanpa batas keliatan capeekk dehhh….
    Kita hanya bisa merasakan kebesaran ALLAH yang tanpa batas seperti alam semesta yang tanpa batas ini dan segala kebesaranNYA.

  11. yang jelas, kita di bumi bukan satu2nya kehidupan alam semesta, jutaaan kehidupan mendiami di kedalaman alam semesta ( sudah jelas dalam alquran ), terakhir sudah dipetakan diameter alam semesta sejauh 56 milyar tahun cahaya. apa yang disombongkan oleh manusia ? gak ada apa2nya dengan keagungan sang pencipta. yang gak percaya dengan temuan2 ilmiah itu, pergi aja jadi tarzan yang penting bisa makan dan minum. padahal temuan2 itu juga karena allah yang ingin memperlihatkan kekuasaan kpd manusia, jadi ilmu itu jg karena allah. Belajar terus….gali ilmu, utk menggali kebesaran Tuhan.

  12. kita terlalu sombong kalau mengatakan manusia satu-satunya makluk berakal. lihatlah, bumi ini jauh lebih kecil dibanding sebuah titik di galaksi Bima Sakti. Ya Allah, hadirkanlah saudara dari manusia yang datang dari antah berantah, agar mereka sadar bahwa otak ini teamat kecil untuk berpikir yang besar.

  13. (Maha Besar Dia)Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis2, kamu sekali2 tidak melihat pada ciptaan Alloh yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang.Maka lihatlah berulang2, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?kemudian pandangilah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu yang cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah. (QS. Al Mulk 67:3-4)….

  14. Subhanallah,

    Mengapa Manusia kebanyak sombong dan tidak memikirkan tanda-tanda kebesaran ALLAH.

    Alam semesta ini Allah ciptakan tanpa sia-sia, mausia ditantang untuk berfikir jika mampu.

    Terima Kasih Pak De Rovicky atas sharing dan menjembatani pengetahuan untuk semua pembaca. Semoga Allah membalas dengan semua kebaikan….

Leave a Reply