Waspada Bencana Meteorologis dan Ikutannya

4
24
Prakiraan Hujan Januari 2011

Tentunya mudah mengerti bahwa bencana akibat aktifitas meteorologis termasuk diantaranya : hujan ekstra tinggi, angin ribut dan badai gelombang laut akan salaing berhubungan. Namun fenomena aktifitas meteorologis ini juga kan menjadi pemicu banyak bencana-bencana lain termasuk banjir serta tanah longsor.

Prakiraan hujan yang dibuat oleh BMKG tentunya menjadi sangat penting untuk diketahui.

🙁 “Pak dhe hujan yang dari atas itu apa berarti memang begitu maunya Yang Di Atas, ya Pakdhe?”

Dibawah ini peta prakiraan hujan di Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Dari peta diatas terlihat bahwa puncak hujan pada bulan January akan terjadi terutama di Jawa. Prakiraan curah hujannya akan mencapai 400-500 mm.

Tentusaja kita tahu selama ini di Jawa Barat serta Jawa Tengah sering terjadi bencana longsor, dan juga banjir akan mungkin terjadi di Jawa Timur.

Dibawah ini citra satelit infra merah (Infra-Red) untuk Indonesia yang menunjukkan suhu ini dapat dipakai untuk memperkirakan kondisi dan pergerakan awan.

Infra red SAAT INI
Citra Sattelite Infra Red TERBARU (Auto updated)

http://www.bmkg.go.id/imagesData/satelit.jpg

Khususnya untuk Jogja dan sekitarnya curah hujan juga akan mempengaruhi atau memicu bencana lahar hujan Merapi. Tentusaja kondisi cuaca masih merupakan salah satu fenomena yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi banjir lahar hujan (lahar dingin).

Salam Waspada.

Bacaan terkait :

4 COMMENTS

  1. Banjir Australia katanya banjir 200 tahunan. apa kita juga punya periode banjir dahsyat yang ratusan tahun. kalau ada perkiraan tahun berapa
    Terimakasih infonya

Leave a Reply