Jangkauan abu Merapi dilihat dari Satelit TERRA dan AQUA

0
11 November 2010.
Aqua Satellite

Dibawah ini tiga foto satelit yang menunjukkan jangkauan debu vulkanik merapi. Citra sattelit ini diambil pada tanggal 10 November 2010, 11 November 2010 dan 12 November 2010. Citra ini diambil dengan menggunakan Satelit TERRA dan AQUA. Dalam citra ini terlihatĀ  jangkauan abu Volkanik ini mencapai 200-300 Km dari pusat Gunung Merapi.

šŸ™ “Wah Pakdhe, Nyemburnya tinggi bangget ya ?”

šŸ˜€ “Iya Thole, konon memang tipe letusan Plinian ini menunjukkan tekanan yang tinggi yang diperkirakan dari dapur magma yang lebih dalam”.

TERRA

The Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer merupakan instrumen pencitraan yang terbang di satelit Terra NASA sebagai bagian dari NASA Earth Observing System. Hal ini dirancang untuk memperoleh gambar resolusi tinggi global, regional dan lokal Bumi dengan 14 band warna.

Merapi 10 November 2010

Bila memiliki software GIS atau Google Earth bisa diunduh disini :

11 November 2010.

Pengguna GIS software dan Google Earth silahkan unduh disini :

Merapi 12 November 2010
Merapi 12 November 2010

Pengguna software GIS (Geographic Information System) dan Google earth silahkan unduh disini :

Sumber NASA

Dongengan terkait :

1 COMMENT

  1. Pak Rovicky,
    Terima kasih atas informasi dan pembelajaran yang disajikan blog ini, sungguh sangat mencerahkan orang awam seperti saya ini.
    Saya membaca informasi dari situs bank dunia, yang memperkirakan akan ada gempa dengan kekuatan yang sangat besar di Asia, apakah ini bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya? ini linknya:
    http://web.worldbank.org/WBSITE/EXTERNAL/COUNTRIES/EASTASIAPACIFICEXT/INDONESIAEXTN/0,,contentMDK:22746399~menuPK:50003484~pagePK:2865066~piPK:2865079~theSitePK:226309,00.html?cid=EXTEAPIds1-Bah

    Mohon pencerahhanya…maturnuwun sanget,

  2. Terkadang kita melupakan siapa sebenarnya yang mampu membendung musibah ini,
    Terkadang kita melupakan siapa sebenarnya yang mampu menimpakan bencana ini,
    Hanya berkutat kepada gejala alam, lempengan bumi, dan gejala alam lainnya,
    Kita melupakan kepada siapa yang mengatur semua ini, siapa yang mengatur lempengan-lempengan bumi, siapa yang mampu menggesernya,…

    baca artikelnya :
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/10/28/indonesia-dikepung-bencana/

  3. Menurut saya Bukan teguran lagi, tetapi Azab kecil yang di berikan Gusti Allah kepada orang yang musryk,.. Seperti lagunya Bang Roma yang ini.. Bukannya gunung, tempat kau memuja.. bukan lautan tempat kau meminta.. Bukan dukun tempat kau meminta.. Bukan kuburan tempat kau memohon doa

  4. pak Dhe.. aku ingin tanya-tanya juga boleh to…
    tapi dijawab lo ya….

    apakah statelit itu bisa berada terus-menurus (diatur/diprogram permanen dalam periode waktu tertentu, misalnya in 10-20 days) diatas gunung merapi? atau gimana?

    –> Satelit ada yg stasiuner (misal Palapa) ada yang berputar mengorbit (Satelit pemotretan). Tergantung tujuannya.

    n apakah statelti itu bisa lebih mendekat lagi diatas puncak merapi, berapa km maksimum statelit itu bisa mendekat pak Dhe?

    –> Kalau terlalu dekat nanti malah tertarik gravitasi, bisa jatuh.

    – apakah kita sudh punya statelit sendiri (i.e Lapan, BKMG, vulkanologi, geologi, atau badan-badan / lembaga riset kita lainnya) untuk dissaster Environment Monitoring for each Gunung berapi di Indonesia ini? atau apakah pakar telokomunikasi dan antariksa kita belon bisa buat sendiri yang statelit monitoring yang paling sederhana ?

    –> Satelit yg kita miliki satelit komunikasi (PALAPA) juga ada Miliknya Indovision serta satelit cuacanya LAPAN

  5. […] Jangkauan abu Merapi dilihat dari Satelit TERRA dan AQUA (via Dongeng Geologi) Posted on November 13, 2010 by swarakarumput Dibawah ini tiga foto satelit yang menunjukkan jangkauan debu vulkanik merapi. Citra sattelit ini diambil pada tanggal 10 November 2010, 11 November 2010 dan 12 November 2010. Citra ini diambil dengan menggunakan Satelit TERRA dan AQUA. Dalam citra ini terlihatĀ  jangkauan abu Volkanik ini mencapai 200-300 Km dari pusat Gunung Merapi. "Wah Pakdhe, N … Read More […]

  6. pakdhe, bisa ndak ya dibuatkan model untuk menghitung volume dapur magma bawah (ngendikanipun mbah Rono) gunung Merapi sekarang sehingga bisa diketahui total energinya? kalau tau energi totalnya bisa kan diketahui juga energi sisanya sekarang. Masih bisa mbledhos gedhe ndak ya?

    Matur nuwun pencerahanipun…..

  7. 2 hari yang lalu dari pantauan udara menggunakan helikopter ditemukan bahwa ada indikasi munculnya kawah baru di Merapi. Sampai hari ini masih dipantau terus menerus perkembangannya. Semoga memang benar itu kawah baru merapi agar kejadian merapi ini dapat segera selesai.

  8. Tulisan anda selalu jadi pencerah saat terjadi gempa atau letusan merapi seperti saat ini…khususnya untuk orang2 seperti saya yang tinggal di Jogja. Makasih banyak, dan terus berbagi ilmu dan informasi ya Pak~~!!

Leave a Reply