Energinya setara 300 kali Bom Hiroshima

0

Sumber: AntaraMungkin kita sudah jenuh dan capai karena selalu was-was menghadapi Gunung Merapi. Pertanyaan utama “Kapan berhentinya ?”.

Hari ini memang ada kabar bagus saya baca di Antara yang menyatakan “Pintu Keluar Magma Merapi Sudah Terbuka“.

🙁 “looh Pakde, kalau pintunya terbuka nanti wedusnya malah pada kluar doonk ?”

😀 “Looh justru malah bagus kalau terbuka, Thole. Supaya penyaluran tenaganya lancarrr “

Deformasi pertanda akan erupsi

Deformasi adalah perubah ukuran merapi karena dorongan magma dari dapur magma dibawah. Tercatat sebelum erupsi Merapi berkembang 20cm/hari.

Dengan mengetahui pertambahan ukuran atau deformasi dari gunung api maka dapat dihitung atau diperkirakan volume magma yang akan keluar sewaktu erupsi. Namun pertambahan ini tidak semudah yang diperkirakan. Yang bisa diperkirakan hanya yang menyundul keluar, sedangkan yang akan menambah dari dapur magma dalam sulit dideteksi oleh alat dipermukaan.

stetoscope.jpg
Memonitor Gunung Api

Cara memonitornya dapat dilihat disini : Memonitor polah tingkah gunung yg sedang kritis !

Dikira 30 m3 juta tapi sudah 50 juta m3 yg keluar.

Sebelum erupsi diperkirakan hanya 30 juta yang akan muntah dari Merapi. Namun hingga hari ini 26 Oct-4 Nov 2010 sudah 50 juta meterkubik yang keluar. Artinya ada tambahan magma dari dapur magma dalam ke dapurnya Merapi.

Jadi bukan perkiraannya yang salah tetapi memang mekanismenya tidak mudah dideteksi dengan peralatan yang sudah ada hingga kini. Mendeteksi kegiatan dapurmagma dangkal sudah dilakukan, tetapi mendeteksi kegiatan dapur dalam tidak mudah.

Poster pengukuran deformasi G Merapi

Perkiraan jumlah magma yang bergerak serta cara memonitor G Merapi dilakukan dengan cara seperti dalam gambar diatas.

Energi letusan.

Kalau saja ini sudah dianggap letusannya dengan skala letusa VEI (Volcano Erupstion Index) sebesar 4-5 VEI maka energi yang dikeluarkan oleh Merapi sejak tanggal 26 Okt – 4 November ini setara 300 kali Bom Hiroshima.

🙁 “Ya Allah, semoga engkau menguatkan kami atas fenomena alam ini”

😀 “Amien, “

Kita memang tidak tahu sampai kapan Merapi ini akan berakhir, dan sejauh mana dampaknya. Kita harus berusaha dan terus berdoa. Doakanlah para relawan supaya mampu menolong yang lemah.

UPDATED !!! Hingga kini, energi setara 600 bom nuklir keluar dari Merapi

Dongeng terkait :

1 COMMENT

  1. salam,
    pakdhe saya ikutan tanya njih, kalo isi perut bumi keluar segitu banyak berarti massa bumi berkurang ya?, berarti bumi nanti mengkerut ya?

    nuwun

    –> Ukuran bumi tidak mengkerut. Karena yang didalam keluar yang diluar ambles lagi. Begitu seterusnya. Jadi ukutannya tetap. </em

    >

  2. coba nanti di check… jangan-jangan di akhir erupsi… ada kelahiran si urat kawat walung wesi… raden mas gatokoco mentas seko kaldera merapi… opo tumon

  3. ALHAMDULLILLAH…
    kita hanya hidup dipelataran merapi,numpang buat rumah dipelataran merapi.jika merapi sewaktu waktu pengen menyapu bersih orang orang gila dari pelataranya juga silahkan to.
    sy juga tinggal; di jalan kaliurang km 15.jdi jangan bilang kalo saya juga senang atas musibah ini.tapi inilah HAM(hak asasi merapi) …
    mohon dimengerti.jika ada yg pengen marah silakan marah sama merapi.kedok roto karo lemah.

  4. kata orang mrapi………..
    wedus gembel itu sampah (mitosnya penunggu merapi sedang punya gawe “mbagun istana”)
    ternyata itu berasal dari sampah dapur magma.
    “jan-jane wong jowo otake pinter, tapi slalu di mitoskan”
    wa allahu’alam………
    pak dhe martunuwun……..

  5. Prihatin sekali dengan kondisi saudara-saudara di seputaran Merapi. Semoga para pengungsi diberikan ketabahan, kesabaran, bantuan sampai dengan cepat dan utuh. Semoga para relawan dan semua pihak yang membantu diberi kesehatan, keselamatan dalam menjalani hari-hari ini. Doa kami dari jauh.

  6. Tadi malam banyak korban lagi, semoga tabah menerima cobaan ini. pakde mungkin sistem evakuasi harus dibenahi agar penduduk gak balik ke rumah mereka dan nyaman di pengungsian. relokasi saya kira wajib 20Km dari puncak. Kalo punya cerita yang Merapi menghancurkan mataram Pakde di Share (semoga tragedi hancurnya Mataram tidak terulang)

  7. Terimakasih ilmunya pakdhe…..kalau begitu apakah tidak sebaiknya diambil langkah tegas untuk mengosongkan wilayah berpenduduk sejauh-jauhnya….Sleman, Klaten, Magelang, Boyolali….tidak hanya “sekedar” membatasi berdasar KM……Korban sudah berjatuhan krn “kekurangberanian” mengambil langkah antisipasi yang drastis tapi sebenarnya terukur berdasar keilmuan seperti ini, monggo!

Leave a Reply