Abu vulkanik yg pedih dimata

0

Hari ini abu volkanik Gunung Merapi menyebar dimana-mana, bahkan hingga Kabupaten Bantul yang jauhnya 50Km dari puncak G Merapi. Banyak yang mengeluh pernafasan serta sakit mata.

🙁 “Pakdhe, sakjane apa bedanya debu biasa dengan abu gunungapi ?”

😀 “Kita lihat saja cara terbentuknya, nanti dilihat apa perbedaanya”

Abu Volkanik

Secara geologis, abu volkanik adalah material batuan volkanik yang berasal dari magma panas dan cair yg membeku secara cepat. Batuan beku sejatinya kumpulan mineral yang membeku dan mengkristal dari magma cair. Karena membeku cepat maka magma ini tidak sempat mengkristal dengan baik. Karena tidak mengkristal dalam geologi material bekuannya disebut gelas. Ya mirip gelas kaca yang kita pakai itu.

Dibawah mikroskop abu volkanik ini memiliki bentuk yang runcing-runcing seperti dibawah ini.

Abu volkanik yang berupa butiran berujung runcing, terusun oleh mineral gelas tak berkristal.

Pedih dimata dan menganggu pernafasan.

Karena bentuknya yang runcing-runcing inilah tentunya kita tahu kalau material ini akan menganggu kesehatan. Perlu berhati-hati bila masuk ke mata, PAKAI MASKER dan kalau masuk ke mata JANGAN DIUCEK-UCEK !!

Untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan pakai kontak lens dahulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan.

Abu biasa akan berbentuk berbeda. dibawah ini abu pembakaran batubara, atau asap pembakaran batubara akan terlihat seperti ini:

Abu pembakaran batubara.

Tentunya terlihat jelas perbedaan antara abu volkanik dengan abu batubara.

Siram pakai air jangan dilap.

Tutplah barang-barang dari debu volkanik. Tutup mobil anda atau juga barang-barang yg mengkilap lainnya. Seandainya abu ini terkena bahan-bahan yang mengkilap termasuk kacamata anda  jangan langsung dilap, tetapi guyurlah dengan air segera. Gelas ini kalau dilap akan berfunsi seperti amplas. Tentusaja akan mengurangi kilapnya barang-barang milik anda yg perlu juga dilindungi, kan ?

Merapi masih belum berhenti aktifitasnya, tetaplah waspada dan berhati-hati.

Pesawat juga harus menghindari abu volkanik silahkan baca bacaan terkait disini  :

 

1 COMMENT

  1. […] Pesan untuk para korban abu vulkanik : selalu memakai masker dan untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan dipakai dulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan, hindari bepergian jika tidak berkepentingansekian ~ sumbersatu, dua, tiga, empat […]

  2. […] Pesan untuk para korban abu vulkanik : selalu memakai masker dan untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan dipakai dulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan, hindari bepergian jika tidak berkepentingansekian ~ sumbersatu, dua, tiga, empat […]

  3. Really your blog is very interesting…. it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It’s just amazing…. Thanks very much for the share

  4. FYI,ternyata kalo msk ke paru2 bisa menyebabkan paru2 robek jga karna bentuknya yg kya gtu loh..so..be carefull buat yg lg terkena imbas g.merapi.. big hugh n support 4 u..

  5. SALAM KENAL PAK DHE……NAMA SAYA WAHYU…..

    ARTIKEL PAK DHE BERMANFAAT DAN KEREN!!!!

    PAKDHE SAYA BOLEH IJIN COPAS UNTUK SAYA MUAT DI KASKUS.COM?

    BALESNYA DI EMAIL SAYA SAJA…….MATURNUWUN!!!!!!!!!!!!

  6. wah, kalo abu nya nempel di laptop masak diguyur pake air.
    bgmn tu solusinya?

    –> Seandainya terkena laptop gunakan penyedot debu untuk membersihkannya. Juga harus diingat, abu volkanik ini kalau tergenang air dapat menjadi semen yg keras. Jadi kalau terkena kendaraan atau barang-barang mekanis harus diguyur sampai bersih !

  7. bener ni pak de… klau boleh nanyA.. knpa aktifitas G.Merapi tiap mlam sangat tinggi sedangkan di siang harinya tampak biasa2 saja… … ….

    –> Setahu saya siang malam suhunya tidak berbeda banyak dibandingkan suhu magma yg hingga ribuan derajat C.

  8. pak de saya sdah 2 malam ni jadi relawan di posko umbulharjo…
    yang mau saya tanyakan pak de knpa aktifitas G.Merapi tiap mlam sangad tinggi sedangkan di siang harinya tampak biasa2 saja…
    apa ni ada pengaruhnya dengan suhu yg smkin dingin pada mlam hari sehingga berpengaruh terhadap suhu di dlm merapi itu sendiri?
    sekedar share,makasih…

    –> Setahu saya suhu kepundan dan magma sangat tinggi (dapat mencapai 1000 derajat. Suhu siang-malam terlampau kecil perbedaannya mempengaruhi aktifitas letusan. Tahun 2006, letusannya siang.

  9. Thanks Infonya Bang.. info ini sangat bermanfaat ketimbang membahas soal dunia goib, klenik, kesaktian dll khususnya yang berhubugan letusan Merapi.
    Senang membaca pembahasan abang soal geologi.. awak yang bukan bidang itu juga gampang mengerti.. penjelasanya wow.. mantapp 🙂

Leave a Reply