Bencana dan tanggal 26

0

Dalam beberapa hari ini banyak email, sms, serta message dan tulisan tentang hubungan antara tanggal dengan bencana.

Apakah bener bencana telah banyak terjadi pada tanggal 26 ?

πŸ™ “Lah hiya bener je Pakde. Aku lihat daftarnya Banyak bencana yang terjadi pada tanggal 26 tuh !”

πŸ˜€ “Boleh saja banyak bencana pada tanggal 26, tetapi harus diingat, berapa jumlah bencana yang terjadi dalam satu tahun !”

Spurious statistics

Dalam ilmu statistik akan ada hubungan kejadian satu dengan yang lain dimana hubungan ini berupa hubungan semu. Salah satu sebagai contoh adalah :

  • Kebanyakan maling di Indonesia dilahirkan di Jawa“.
    Ya tentusaja !
    Wong di Indonesia itu penduduknya kebanyakan lahir di Jawa memang secara statistik paling banyak. Kalau diambil secara random saja maka dari 5 orang dijalan raya kalau anda tanya paling tidak ada 3 orang yang dilahirkan di Jawa. Karena hampir 60% orang di Indonesia memang berada di Jawa.
  • Kecelakaan dirumah paling banyak dilakukan oleh wanita, sehingga wanita lebih membahayakan kalau tinggal dirumah“.
    Weits ! Memang di Indonesia wanita lebih banyak tinggal dirumah. Walaupun memang benar kecelakaan itu terbanyak terjadi dirumah, namun bukan berarti wanita itu membahayakan kalau tinggal dirumah.

Statistik sebagai sebuah fakta.

Demikian juga dengan kejadian bencana dan tanggal. Bencana di dunia ini pasti terjadi setiap hari. Menurut catatan BNPB, selama kurun waktu 5 tahun saja yaitu dari tahun 2004-2009, Indonesia telah dilanda bencana alam sebanyak 4.408 kali. Kalau kita sebarkan dalam distribusi merata maka dalam satu hari ada 2-3 bencana yang tercatat. Dengan asumsi kita akan mendapatkan list atau daftar bencana yang terjadi pada tanggal 26 sebanyak 35 !

Nah kalau pingin bikin pernyataan yang secara statistik benar yaa tentu saja bisa “Bencana yang terjadi pada tanggal 26 sebanyak 35 kali !! Jadi hati-hatilah setiap tanggal 26. Ya memang kita harus hati-hati dan waspada setiap saat kan ?

Dengan demikian kalau ada yang mengatakan banyak bencana terjadi pada tanggal 26 kan bisa saja … dan kalau ada yang mengatakan gempa banyak terjadi pada tanggal 5 pun juga ngga akan pernah salah kan ?

πŸ™ “Looh Pakdhe, katanya angka 26 itu sesuai dengan surat dalam kitab suci, kan ?

πŸ˜€ “Thole kitab suci itu menggunakan penanggalan bulan, bukan penanggalan matahari. Pasti ituΒ  cuman gothak-gathuk ora mathuk (menghubungkan sesuatu yang tidak berhubungan) !”

Jangan tunggu ramalan apalagi klenik , WASPADA is your early warning system !

1 COMMENT

  1. 2Γ—7Γ— 5 =70*ditmbahkn=14*70+14=84=12*27-5-2006:70Γ—2Γ—6=84*alif lam mim:1 23 24*dikalikn:48*ditambhkn:12*1+23+24= 48*tha ha,dst. Juga isi bebrpa ayat,;12mata air,dll.Dulu ada yg kotakatik angka Qur’an,jumlah,dst,dicetak pada selembaran,selintas saya oprasikan,klau tdksalah,hmpir smua,atau kurang satu-dua,ujungnya adlah 12.Tapi smua adlah sekedar angka yg menunjukan keMahakuasaanNya,SerbaMahaNya,wallahua’lam

  2. Smua kjadian,trmasuk bertepatanya bencana dengn tgl 26,adlah ketentuanNya,tapi sangatharam memastikn yg blum terjadi,kcuali nubuat Rasul saw,paling2 hnya menduga2 sekilas.12,memangsakral,bencna2 itu adlh ygbesar2,Yogya adlh 27mei2006,2Γ—7rrr

  3. ingat semua yg terjadi harus di renungin dengan hati,bukan HAWA NAFSU,dan jadikan pelajaran bahwa itu teguran yang harus kita perbaiki,dan selalu ingan bahwa kita umat manusia punya tuhan yg harus kita sembah dan patuhi larangannya…..soo…..apa yang kita perbuat di dunia lebih banyak akibat ke hancuran di bandingkan untuk kesejateraan umat manusia…..karena hawa nafsu lebih sering digunakan….dan hati kecil di abaikan…..MAAF CUMA KASIH SARAN KARENA SAYA TELAH MERASAKAN DENGAN MERENUNGI MUSIBAH” YG TERJADI.

  4. Hari ini di kutai kartanegara terjadi besar – besaran tgl 26 Nov -2011 pukul 16:20 Wita Jembatan Tenggarong Ambruk dan berakibat fatal pengguna jalan,… Bukan Masalah tgl 26 nya hanya kebetulan aja angka 26 ini menjadi Favorit bencana,… Karena bencana kita tidak pernah tau kapan datangnya,… sadar dan Intropeksi diri sendiri….
    Mantap juga penulisnya,…

  5. Assalamualaikum,,,Ummat Manusia yang membaca dan merenung! Taubatlah sebelum Kiamat menjemputmu,,,jangan berbuat syirik dan seolah-olah Kamu Tuhan yang Maha Mengetahui segalanya,,,Astaughfirullah hal adziim! Bersholawatlah untuk kanjeng Nabi Kito ” Muhammad SAW “, berdzikirlah menyebut asma ” Allah SWT “, menyimak Al Qur’an dengan benar dan Istighfar sebanyak-banyaknya! Karena dengan Ikhlas melakukannya(Ibadah) maka Iman Kita InsyaAllah tetap stabil dan terjaga dengan baik, meskipun isu dan syirik menyerbu pikiran dan akal Manusia di muka Bumi ini. Ingat waktumu sudah dekat dan mau sampai kapan Kamu menunda-nunda taubatmu?!!! Oh, Come on Man, U can do it fast!

  6. BENCANA ALAM, SEMOGA UMAT ISLAM SADAR

    Saya mendapat sms dari +62817542xxxx yang isinya sebagai berikut;
    NAFAIS TSAMRAH: Allah berfirman: Hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka dengan hukum yang di turunkan oleh Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian yang Allah turunkan kepadamu. Ketahuilah, sesungguhnya Allah menghendaki menimpakan musibah kepada mereka, karena dosa-dosa mereka. Sesungguhnya kebanyakan manusia itu fasik (Q.s. al-Maidah: 49). Semoga musibah demi musibah ini segera menyadarkan penguasa dan rakyat di negeri Muslim terbesar ini agar kembali kepada syariat-Nya.

    Sms ini saya dapat ketika umat Islam Indonesia sedang tertuju perhatiannya pada kasus gempa di Padang yang menelan korban ratusan manusia.

    Benar apa yang dikatakan pengirim sms ini. Kita berkali kali di ingatkan Allah SWT agar kita kembali kepada Syariat Nya. Bangsa Indonesia ini terlalu banyak maksiat. Aneka macam kemaksiatan judi, zina, pembunuhan dll begitu leluasa karena bangsa ini tidak mengadopsi hukum yang dapat memberikan efek jera dan penebusan di akhirat, justeru sebaliknya malah mengadopsi sistem hukum thaghut yang sama sekali tidak membawa kebaikan dunia akhirat.

    Saat ini pemerintah pun di repotkan dengan jumlah kriminalitas yang tinggi. Dan hukum yang di terapkan saat ini samasekali tidak dapat dijadikan sebagai penebusan di akhirat kelak. Oleh karena itulah kita butuh untuk menerapkan hukum-hukum Allah yang tentu saja dapat meminimalkan kejahatan, memberikan efek jera serta dapat menjadi penebus di akherat kelak.

  7. gempa jogja bukannya tanggal 27 mei 2006 ya??? orang tgl 26 mei aja aq masih jalan2 kok di yogya. hehehehe….
    hiqqqqqqqq, mbok ya sudah to ya, mau tanggal berapa pun, namanya org lagi apes ya apes aja.
    betul itu katanya, waspada ga cuma pas di angka 26 aja. oh iya kok ga sekalian ya cari data berapa orang berusia 26 tahun yang mati ???

  8. * 26 Jan 1531 gempa bumi di Lisbon, Portugal, 30.000 orang tewas
    * 26 Jan 1700 gempa di Laut Pasifik, dari Vancouver Island, Southwest Canada off British Columbia hingga Northern California, Pacific Northwest,USA. Dikenal sebagai megathrust earthquake.
    * 26 Jul 1805 gempa bumi di Naples, Calabria, Italy, 26.000 orang tewas
    * 26 Agt 1883 Gunung Krakatau meletus, 36.000 orang diperkirakan tewas
    * 26 Des 1861 gempa bumi di Egion, Yunani
    * 26 Mar 1872 gempa bumi di Owens Valley, USA
    * 26 Agt 1896 gempa bumi di Skeid, Land, Islandia
    * 26 Nop 1902 gempa bumi di Bohemia, sekarang Czech Republic
    * 26 Nop 1930 gempa bumi di Izu
    * 26 Sep 1932 gempa bumi di Ierissos, Yunani
    * 26 Des 1932 gempa bumi di Kansu, Cina, 70.000 orang tewas
    * 26 Okt 1935 gempa bumi di Colombia
    * 26 Des 1939 gempa bumi di Erzincan, Turki, 41.000 orang tewas
    * 26 Nov 1943 gempa di Tosya Ladik, Turki
    * 26 Des 1949 gempa bumi di Imaichi, Jepang
    * 26 Mei 1957 gempa di Bolu Abant, Turki
    * 26 Mar 1963, gempa bumi di Wakasa Bay, Jepang
    * 26 Jul 1963 gempa bumi di Skopje, Yugoslavia, 1.000 orang tewas
    * 26 Mei 1964 gempa bumi di S. Sandwich Island
    * 26 Jul 1967 gempa bumi di Pulumur, Turki
    * 26 Sep 1970 gempa bumi di Bahia Solano, Colombia
    * 26 Jul 1971 gempa bumi di Solomon Island
    * 26 Apr 1972 gempa bumi di Ezine, Turki
    * 26 Mei 1975 gempa bumi di N. Atlantic
    * 26 Mar 1977 gempa bumi di Palu, Turki
    * 26 Des 1979 gempa bumi di Carlisle, Inggris
    * 26 Apr 1981 gempa bumi di Westmorland, USA
    * 26 Mei 1983 gempa bumi di Nihonkai, Chubu, Jepang
    * 26 Jan 1985 gempa bumi di Mendoza, Argentina
    * 26 Jan 1986 gempa bumi di Tres Pinos, USA
    * 26 Apr 1992 gempa bumi di Cape Mendocino, California, USA
    * 26 Okt 1997 gempa bumi di Italia
    * Tahun 2000 – kini
    o Tsunami di Aceh tanggal 26 Desember’04
    o Gempa Jogja 26 Mei 2006
    o Tasik gempa 26 Juni 2010
    o Tsunami Mentawai 26 Oktober 2010
    o Merapi Meletus 26 Oktober 2010.

    26 Juni 2010
    Gempa Tasikmalaya dengan kekuatan 6,3 SR telah meruntuhkan sebanyak 50 rumah warga.

    . 26 Desember 2003, gempa 6,4 SR mengguncang daratan Iran tepatnya di kota Bam padat penduduk. Sehingga meluluhlantakkan kota itu dan menewaskan sekitar 45.000 jiwa.

    26 Oktober 2010, adalah pristiwa meletusnya gunung merapi baru-baru ini yang memakan korban jiwa sebanyak 15 orang

    Apakah ada yang sadar kalau 26 = 13 X 2? Hi hi hi..

  9. coba aja kalau Revalina S tomat tgl lhr nya 26 des datang ke asrama laki2 pasti menimbulkan bencana. Kok sukanya uthik-uthik bathuk… he..he.

  10. Tgl 26 itu kebetulan saja, cuma fenomena alam biasa. Ga ada hubungannya sama kitab suci. andai ada, harusnya bisa dunk menjelaskan gempa Chile, Kobe, Baqm, Alaska, Banjir Sungai Kuning, Tornado, dll. Klo ga bisa, ya sudah, memang kebetulan koq:)

  11. kuncix adalah HAGAI 2:6….itu mmg sudah di tuliskan didalam kitab suci umat kristiani ????
    sekalian baca kejadian , siang dan malam diciptakan lebih dulu daripada matahari???
    tumbuhan diciptakan lebih dulu daripada matahari ????
    weleh2,, sukanya kok men-cocok2kan

  12. Waduuh,, tanggal 26 , Tanggal Lahir gw tuh…
    Koq Jd Tanggal Bencana sih…
    Gw yg tanggal lahir nYa 26 jd Ngeri…
    Klo ganti tanggal lahir di Akte kelahiran bisa ga..? gw mau ganti aja dah angkanya jd 32…
    hahahahahaha…… jangan2 kiamat tanggal 26..???
    $%^$^%&&%%#^#$%#$%#$&^%$… hohohoho…

  13. @Priscilla
    whoiii yang bilang gempa jogja 26 mei tu sapa?gempa jogja yang aq alami ampe bikin pitak kepalaq tu hari sabtu tanggal 27 mei 2006. jangan asal ganti duonk ah

  14. jangan menghubung-hubungkan sesuatu dengan hal-hal yang belum kita ketahui, sebab hanya dia-LAH yang maha mengetahui dibandingkan dengan umat-umatnya .. . ..

  15. Coba baca Al Quran surat 26 ayat 173, 183 dan 208 semoga menjadi hikma dan pelajaran bagi kita karena hidup kita dibumi ini selain hablum minallah, hamblum minnanas juga harus hablum minALAM perhatikan juga Surat 26 ayat 7 dan 8 mudah2an kita menjadi orang-orang ynag beriman dan bertakwa. Amin!

  16. dan ingat, mukjizat al quran bukan pada gathuk gathuk-an… apalagi trus meng-kramatkan angka… angka 26, 25, 13 atau 99 itu sama saja

    10-10-10… katanya ada bencana di jogja… padahal buat orang komputer angka itu adalah ya tidak-ya tid…ak-ya tidak

  17. cocok pak Dhe, kebetulan di fb ngangkat (atau ngungkit-ungkit) angka 26… sependapat dengan pak Dhe saya nyumbang komen :

    “dan ingat, mukjizat al quran bukan pada gathuk gathuk-an… apalagi trus meng-kramatkan angka… angka 26, 25, 13 atau 99 itu sama saja

    10-10-10… katanya ada bencana di jogja… padahal buat orang komputer angka itu adalah ya tidak-ya tid…ak-ya tidak”

  18. adakah kalian sadari???tsunami di aceh tanggal 26 desember’04genpa jogja 26 mei 2006,gempa tasik 26 juni’10,tsunami mentawai 26 oktober’10knapa slalu tanggal 26…baca kitab hagai2:6:Sebab beginilah firman Tuhan semesta alam:sedikit waktu lagi aku akan menggoncangkan langit dan bumi,laut dan darat…krm pesan ini ke sahabat,N orng yg km sayangibiar mereka tw MUKJIZAT TUHAN ADA!!!!β€Œ

  19. pakdhee..tapi di Al-Quran sendiri sudah menyebutkan hubungan antara penanggalan syamsiyah dan qomariyah….utamanya di surat al-Kahfi ayat 25.

    Jadi ya ndak bisa disimpulkan Al-Quran cuma menggunakan penanggalan qomariyah saja pakdhe

  20. Kalau dalam gematria Yahudi atau Arab => Ya(10)Ha(5)Wawu(6)Ha(5) = 26 dibaca YHWH plesetannya Yahoo.

    Kalau dari teori pemantulan cahaya dengan angka nol didepan (jadi ada 6 dijit bilangan)
    0,1,1,2,3,5= 0+1+1+2+3+5=12 6 (digit) geser dijit 2 supaya nemplok di 6 hasilnya 1 26 The One in 26 (tanggal bukan yah ?)

    mungkin bukan sekedar klenik , tapi ilmu berhitung zaman dulu yang akhirnya menjadi dasar penanggalan untuk memperingati suatu peristiwa besar sebagai patokan sistem kalender.

  21. Bahkan salah satu dosen saya waktu di MPBA UGM juga membahas sekilas ttg tgl 26 dan bencana di Indonesia. Why…..tapi tanpa ada titik terang. Ya itu tadi probalilitas.
    Wa Alllahu Alam.

    Sekalian mohon ijin Pakde, pinjam gambar wedhus gembelnya utk dipajang diblogku.

  22. saya suka logika anda dalam menghadapi hal seperti ini..Masyarakat kita sukanya nyambung-nyambungin hal. terimaksih sudah diposting ^^ ^^

  23. Pak de, bisa gak dijabarkan probabilitanya untuk gempa siberut….berapa % kemungkinan terjadi gempa maksimal dan berapa % kemungkinan terjadi tsunami termasuk tingginya, daerah mana saja yang terkena dan radius dari pantai sehingga kami yg tinggal di wilayah sumatera barat dapat meningkatkan kewaspadaan lebih dini.

  24. Wah ya bener sekali Pak Dhe, tanggal berapa pun hari ini, kita harus selalu ‘waspada’. Oh ya Pak Dhe, saya copast untuk memberi warna lain di web saya, sebagaimana izin Pak Dhe lewat wara-wara di beranda-nya Pak Dhe. Salam kenal dan makasih…..semoga selalu sukses.

  25. PAKDHE HEBAT…!
    BISA MENJELASKAN DENGAN DETAIL BENCANA BENCANA YANG MENIMPA NEGERI KITA TERCINTA INI.
    MEMANG JANGAN MUDAH PERCAYA DENGAN SEGALA MITOS…..WALAUPUN SAYA JUGA MASIH INGAT SETIAP PERISTIWA BESAR MENIMPA JOGJA MEMANG BERTEPATAN DENGAN TANGGAL 26 ATAU 27.

  26. Pakdhe…saya kok curiga jangan-jangan Pakdhe ini jenius? πŸ™‚
    Penjelasanmu selalu bisa menjadi pencerah ditengah “bombardir mitos” media lainnya, thanks Pakdhe telah menjadi rujukan yang enak dicerna πŸ™‚

Leave a Reply