Awan Panas Merapi dalam Video [Pyroclastic flow]

0

Dibawah ini dua video tentang Awan Panas atau Volcano-Pyroclastic Flow, yang dikenal dengan nama ‘Wedus Gembel’

Suhu ketika keluar dari kepundan diperkirakan berkisar 1000 derajat Celcius. Ketika meluncur dengan kecepatan maksimum hingga 200 Km/jam suhunya masih sekitar 600 derajat celsius. Dan ketika terendapkan atau berhenti suhunya mencapai 400 derajat Celcius.

πŸ™ “Pakdhe, kok ya mereka tahu suhunya, ya ? Apa ada termometer disana ?”

πŸ˜€ “Thole, dari kajian petrologi atau batuannya dan juga petrografi, ahli geologi dan volkanologi mampu memperkirakan suhu berapa batuan itu terbentuk. Sehingga dengan padanan proses serta terbentuknya inilah mereka memperkirakan suhu dari batuan, kerikil, pasir, debu serta abu ini saat meluncur”

Perhatikan bagaimana proses meluncurnya endapan volcanic pyroclastic ini. Secara tehnis ahli volkanologi menyebutnya sebagai Nuees Ardentess.

Awan panas Nuee Ardente

Perhatikan di malam hari terlihat lava pijar di dekat puncak kepundan Gunung Merapi ini. Video ini diambil dari Babadan.

Ketika magma kental, mengandung banyak gas yang keluar dari kepundan, namun karena memiliki tekanan cukup rendah, akan membentuk kenampakan seperti awanΒ  yang berisi batu, kerikil, pasir serta abu dan batu apung dapat terlempar ke udara. Awan panas ini akan turun meluncur seperti avalanche sebelum dapat akhirnya mendinginkan. avalanche ini disebut nuee ardente.

Sedangkan dibawahnya dampak setelah diterjang oleh Awan Panas Merapi ini Oktober 2010 ini.

Dengan abunya yang berupa awan bersuhu hingga 400 derajat ini masih mampu memporak porandakan sebuah desa, dan tentusaja menelan korban.

Ketika diendapkan batuan proses awan panas ini disebut pyroclastic rock (batuan piroklastik).

Pyroclastic flow deposit on Merapi. Photo by Jack Lockwood, U.S. Geological Survey, November 2, 1982.

Dengan demikian jangan dibayangkan bahwa awan panas ini hanya berisi abu saja. Di awalnya berupa campuran batu, kerikil, pasir serta debu dan abu yang yang sangat panas.

Sumber video : Youtube.

1 COMMENT

  1. […] Dibawah ini dua video tentang Awan Panas atau Volcano-Pyroclastic Flow, yang dikenal dengan nama 'Wedus Gembel' Suhu ketika keluar dari kepundan diperkirakan berkisar 1000 derajat Celcius. Ketika meluncur dengan kecepatan maksimum hingga 200 Km/jam suhunya masih sekitar 600 derajat celsius. Dan ketika terendapkan atau berhenti suhunya mencapai 400 derajat Celcius. "Pakdhe, kok ya mereka tahu suhunya, ya ? Apa ada termometer disana ?" "Thole … Read More […]

  2. Saya yang AKA (Anak Klaten Asli) ikut bela sungkawa yang mendalam atas musibah ini.
    Ini adalah teguran bagi kita umat manusia yang telah begitu jauh meninggalkan Nya.

  3. matur nuwun mbah, atas infonya…..
    semoga warga yang berada di daerah bencana merapi diberi ketabahan dan keselamatan.

  4. bencana (alam) bukan milik pemerintah atau siapapun..bencana adalah anugerah yang kelak kita dapat walaupun entah kapan…’anugerah’ karena berharganya hikmah dan pembelajaran buat kita semua yang kelak kita dapat…tabah dan tawakallah adalah sikap paling bijaksana
    kita ( sebagai makhluk termulia karena ber’hati’ ) semualah yang bertanggung jawab atas bencana di seluruh muka bumi ini..
    bukan mencerca dan lempar tanggung jawab untuk menghadapinya..tapi bertanya dalam hati…’apa yang bisa saya perbuat untuk sesamaku’…menurutku yang terbaik

  5. naah…makanya si mbah selalu berkata bahwa merapi itu sedang ‘membangun’..
    karena memang merapi selama ini selalu mengalami deformasi kawah dan jalur erupsi..bukan begitu pakdhe…

  6. tolong info bahaya merapi selalu up-to-date,…ikut bela sungkawa bagi warga dilingkungan saya yang terkena awan panas(wedus gembel)….

  7. Kalau menurut saya. Kalau gunung merapi belum ada juru kuncinya mungkin akan tetap seperti itu, akan mengeluarka asap atau ( WEDHUS GHEMBEL ).
    Kalo saya sependapat apa yang di katakan oleh beliau (SRI SULTAN) di samping melalui proses yang panjang kita juga menghormati mbah marijan, yang meninggal pada hari selasa Dini hari akibat terjangan awan panas ( wedhus Gembel )

  8. Subhaanalloh, Wal hamdulilah, Allohu Akbar kita tetap bersyukur atas kejadian ini, agar menjadi peljaran kita semua untuk selalu waspada dan hati2 dan mari kita selalu mendekatkan diri pada sang khaliq.

  9. serta ikut berbelasungkawa atas musibah ini, semoga yang meninggal diberikan tempat yg layak disisi Allah, dan bagi keluarga yang ditinggalkan tetap selalu tabah, amin

  10. informasi ini penting untuk diketahui. bisa menambah wawasan tenteng penyebab bencana kegunungapian. sangat sangat bermanfaat, tks utk informasi yg baik ini.

  11. thanks banget pak atas informasi yang sangat bermanfaat ini…… semoga bisa jadi bahan pengetahuan untuk semua…salam sukses selalu…

Leave a Reply