Animasi Tsunami Mentawai Oktober 2010

0

Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasaWalaupun amaran tsunami di Mentawai dicabut (diakhiri) oleh BMKG bukan berarti tidak ada tsunami yang melanda daerah sekitarnya. Kenayataan dibawah ini menujukkan modeling atau animasi bagaimana tsunami terjadi di Mentawai.

🙁 “Whaduuh. Pakde Pripun niku kok kelewatan lagi ?”

😀 “Memprihatinkan thole. WASPADA adalah setelah mengurusi Wasior, mengamati webcam Gn Merapi sambil mendengarkan gempa Mentawai di berita radio di dlm mobil yg terjebak macet-banjir di Jakarta”

Animasi dibawah ini menunjukkan bahwa tsunami terjadi hanya dalam waktu yang sangat singkat mencapai pantai barat Mentawai.

Modeling atau animasi ini dilakukan oleh The Global Disaster Alert and Coordination System. Menunjukkan ketinggan gelombang maksimum sekitar 3 meter. Namun ada yang melaporkan ketinggian hingga 6 meter. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah mungkin tsunami ini juga “dibantu” adanya longsoran bawah laut ?

Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasa

Ketinggian tsunami ini memang kecil dibawah 1 meter, namun seperti yang digambarkan dibawah ini, walaupun hanya sekitar 1 meterpun maka kekuatannya yang menyapu ini akan mampu menyeret serta menghancurkan bangunan.

Tsunami ini telah dilaporkan merenggut jiwa bahkan dikabarkan 9 Warga Australia hilang ketika terjadi tsunami.

Jadi perlu diperhatikan sebagai pembelajaran bahwa tsunami jangan buru-buru dicabut (diakhiri). Terutama sebelum ada formal laporan dari daerah yang terdekat. Hal ini diperlukan oleh tim penyelamatan serta bantuan.

Sumber http://www.gdacs.org/ The Global Disaster Alert and Coordination System

Bacaan terkait :

1 COMMENT

  1. aww, t jawab pemerintah tdk selesai spi menyalak-kan alarm awal-akhir dari peringatan dini tsunami, melainkan merekrut manager krisis utk men set up system darurat evakuasi bencana alam/tsunami ( termasuk didalamnya peringatan dini) disetiap daerah bahaya, sampai masyaraketnya tahu memahami dan mengalami dalam driel evakuasi, sehingga pd saat mendengar alarm, mereka tahu harus berbuat apa kapan dan dimana. Saya tlh buat 2 draft darurat evakuasi bencana alam/tsunami yg saya buat saat tsunami melanda aceh dan saat gempa melanda padang, sebagai bahan diskusi ini akan sangat membantu manager gagap dalam banyak kali menangani bencana alam, menjadi manager krisis ysng handal. semoga, berminat.

  2. tsunami ini merupakan bencana alam yg melanda indo.
    smoga yg telah dpanggil yg kuasa amal ibadahx dterima allah swt. amin.
    & semua masyarakat hrs slalu ingat pada yg kuasa,
    karena takdir yg kuasa kita tidak akan tahu.
    & ini merupakan tanda2 KIAMAT semakin dekat..
    allahu akbar…

  3. Untuk masy. yg tinggal di pesisir laut Hindia yg dekat sumber gempa, jika merasakan gempa kuat jangan menunggu “Peringatan Tsunami” dari manapun, krn akan terlambat. Peringatan Dini nya gempa kuat itu. Segera lari ke tempat yg lebih tinggi. Betulkan Pak De???

  4. Pak De, hitungan kasar, dlm wkt 15 detik goncangan dahsyat smp di Pagai Selatan, 5 menit kemudian tsunami menghantam di malam hari. Apa yg bisa dilakukan masy. disana? Hanya pasrah dan mohon perlindungan Allah yang menguasai jiwa makluhNya. Nah apa komentar P. Priyo..angg. dpr. Kok peringatan tsunami dicabut??? Pak De lah ahlinya untuk memberi penjelasan. Nuwun.

Leave a Reply