Kamera Gunung Merapi Online

0

Badan Geologi menyediakan pelayanan pengamatan Gunung Merapi lewat WebCam. Tentusaja ini perlu dipergunakan supaya tidak harus anda mengamati ke lokasi. Seperti yang kita tahu bahwa lokasi bencana itu sangat labil dan berbahaya. Gambar dari kamera ini akan terlihat jelas pada siang hari.

Status WebCam 5 Nov 2010

Mohon maaf, berhubung area kaliurang kondisinya masih dikosongkan dan aliran listrik dipadamkan maka kamera Plawangan belum dapat diaktifkan kembali. Sementara ini belum dimungkinkan untuk melakukan perbaikan dilokasi karena kondisi yang masih berbahaya.

Yang anda lihat dibawah ini dari lokasi Kaliurang yang berada 8 Km diselatan Merapi.

[Badan Geologi]

 

Webcam dari Badan Geologi yang berada di Plawangan, berjarak 5 km dari puncak Merapi di sisi selatan.
Interval image yang diambil setiapย  15 detik. Gunakan Tombol Refresh Browser anda.
Perkiraan matahari terbit dan terbenam di lokasi penempatan Webcam:Terbit: 06.00 WIB.Terbenam: 17.30 WIB.

Lokasi Web Cam yang dioperasikan Badan Geologi ini berada di Pos Plawangan sekitar 4-5 Km dari puncak Gunung Merapi.

Kamera-kamera pengamat lainnya yang saat ini dipakai untuk mengamati banjir lahar dingin Merapi dapat dilihat disini :

1 COMMENT

  1. Pemberitahuan akan aktifnya beberapa gunung di jawa timur….
    Gunung dekat Kawah ijen Bondowoso
    Gunung Semeru
    Gunung Bromo

    Mohon penjelasan dan pencerahannya pak dhe….

  2. pak dhe

    mungkin agak menyimpang nanyanya yang bikin aku penasaran sampai sekarang bagaimana tahunya kalau merapi membentuk kawah berdiameter 400, emang mbah Rono dan staffnya mengukur ?

  3. Salut diupayakannya kembali operasional webcam pantau Merapi walau dari radius yang lebih jauh….nginfoin aja, up date pagi ini belum jalan, karena yang muncul adalah image jam 20.54 (image semalam).

  4. mudah2an semua bencana yg ad d indonesia segera berakhir. dn smoga smua manusia d muka bumi ini sadar akan nasehat yg d berikan Allah pd mahluknya betapa d haruskannya kita taat kepadanya

  5. pakdhe, kok gag ada gambarnya???

    –> Plawangan lokasi kamera ini sudah ditinggalkan, mungkin sudah diterjang Awanpanas ๐Ÿ™ Maaf !

  6. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, korban meninggal akibat wedhus gembel pagi ini dilaporkan 54 orang, dari warga di Kec. Cangkringan……………..Segera ambil langkah tegas untuk mengosongkan kota Jogja!!!

  7. banyak perkara yang tak dapat ku mengerti mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini…

    Tak satupun kan terjadi tanpa Allah mengerti
    Allah mengerti Allah perduli segala persoalan yang kita alami tak akan pernah dibiarkan Nya ku bergumul sendiri sbab Allah perduli.
    Tiada daya dan upaya melainkan Pertolongan Allah semata…..
    Allahuakbar

  8. Saya memutuskan mengungsikan Ibu dan keponakan yang tinggal di Ngaglik-Sleman ke Solo sekarang…….mari kita berdoa tidak terjadi hal yang mengkhawatirkan.

  9. Seperasaan dg mas Acmad Danie ingin bersujud, walau jauh dari lokasi, namun inginnya berada di sana membantu saudara-saudara yang sedang berduka dan khawatir……Blog pakdhe ini dengan Webcamnya tidak akan saya lupakan jasanya telah dan akan membantu mengamati dari jauh kondisi terkini setiap saat……Mudah-mudahan masalah Webcamnya dapat segera teratasi kembali……Matursuwun ingkang katah Pakdhe

  10. Tampilannya tidak berubah, tetap seperti ini sejak semalam, mungkin tertutup abu yang sangat tebal….karena di Dukun, Magelang hujan abu ketebalannya mengakibatkan pohon-pohon tumbang tidak kuat menahan beban abu….

  11. Webcam tidak menangkap gambar apapun, mungkin karena tebalnya awan di sekeliling Merapi, dan atau mungkin juga karena Merapi tidak mengeluarkan lavanya.
    Namun siang tadi jam 14.04 lelehan lava mencapai radius 10 Km dari puncak sehingga radius jarak aman diperpanjang menjadi 15km yang semula 10km.
    Lelehan lava yang memanjang ini tengah malam tadi sudah terlihat dari webcam ini….sebagaimana postingan saya di bawah pada pukul 12.28 am.

  12. Berita di Detik.com jam 08.15 pagi tadi luncuran awan panas 1 Km ke arah barat (Muntilan-Magelang)….di WebCam tidak keliatan, krn bagian atas Merapi tertutup awan

  13. sosok merapi gak keliatan, tapi lava nampak di bagian puncaknya dan di paling bawah kanan….nampaknya luncuran lava sangat panjang saat ini

  14. Malam ini kelihatan satu titik sinar putih yang berangsur-angsur memudar ke bawah kanan dan di atasnya nampak bayangan putih. Sepertinya lava pijar yang turun ke timur

  15. kalo lihat kamera online ini…aku jadi simpatik dan ikut merasakan betapa ngerinya disana…Ya Allah berikanlah kekuatan dan kesabaran kepada saudara2 kami yang terkena bencana ini, ampunilah dosa kami semua Ya Allah jika ini adalah hukuman. Dan berilah kami semua hidayah jika ini adalah peringatan bahwa kami sebagai manusia tidaklah berdaya. Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan dari Mu semata ya Allah.

  16. om om…kug webcamnya kayak ada penampakannya sich..:(
    katanya gunungnya batuk batuk lagi ya om??
    tolong ya om webcamenya di bersihin biar gak kayak penampakan gitu…

  17. bersihin dong kita yg diklimntan,mau liat secra lngsung,please…………………………………………….semoga semua saudara yg diyogya selalu tabah,smua adalah ujian……….AMIEN…….

  18. Webcam sampai saat ini masih belum terlihat alias gelap, apakah terkena debu keganasan merapi sehingga nasibnya di tinggal mengungsi sama pak dhe…tolong di dibersihkn pak dhe karna saya hampir selalu up date utk mengawasi perkembangan gunung merapi dari batam,terimakasih.

  19. Lokasi ini kan 5 km dari puncak merapi..
    sedangkan tim saja sudah berada 2 km dari puncak merapi untuk evakuasi di sekitar tempat tinggal mbah maridjan..
    berarti kamera ni lebih jauh dari merapi ketimbang tim evakuasi yg berada di sekitar kediaman mbah maridjan….

  20. Sebentar bung Dimazz, rona kebiruan di layar sebelah atas itu bukannya warna langit?….berarti rona putih itu apa? kok nampaknya seperti gumpalan asap yang mengelilingi lereng Merapi di belakang pepohonan. Kalau benar begitu, berarti kondisi masih belum aman…..jangan kirim petugas ke sana dulu ya?…..

  21. Kalau memperhatikan daun-daunnya kok tidak layu…berarti Plawangan tidak terkena awan panas…hanya abunya saja yang nyampai di sini.

  22. yapz betul bung andri..
    mohon untuk petugas disana untuk membersihkan kamera tersebut..
    agar kita juga bisa tau perkembangan kondisi disana..

  23. Jadi, rona yang kehitaman itulah yang abu vulkanisnya, sedangkan rona putih adalah bagian kamera yang tidak kena abu….perhatikan bawah sebelah kanan kan kelihatan tuh daun-daun kan…kemudian bawah tengah seperti lereng Merapi

  24. Oh, lensa kamera terkena abu vulkanis, menutup bagian sebelah atas…yang seperti usus itu… kamera masih berfungsi, perhatikan bagian bawahnya, nampak sedikit gambar pohon-pohon dan nampaknya lereng Merapi juga kelihatan

  25. Indonesia Berduka, mari bersama-sama kita berdo’a semoga bencana di Bumi kita tercinta ini cepat berakhir.
    Sedih rasanya melihat banyak nya korban tsunami di Mentawai dan korban letusan Gunung Merapi.

  26. Posisi Plawangan ini seinget saya di sebelah barat desa Kinahrejo (rumah alm. mbah Maridjan), berjarak kurang lebih 2-3KM, dan posisinya di atas bukit Plawangan…kalau salah mohon maaf, ingatan puluhan tahun lalu….Jadi kemungkinan Plawangan aman, tetapi kenapa kok gambar Webcamnya seperti ini ya?…apa ini gambar pucuk-pucuk pohon yang terkena abu vulkanis, sehingga ronanya dominan putih?

  27. Berita di lapangan :
    Tgl 26-Oktober-2010 dinihari di kepulauan Mentawai Sumatera Barat terjadi gempa dengan skala 7,2 Richter, menimbulkan Tsunami dengan korban meninggal 100 orang lebih dan korban hilang 300 orang lebih.
    Kemarin sore 26-Oktober-2010 pukul 17.00 terjadi erupsi dan luncuran awan panas (Wedhus Gembel) di lereng Merapi arah selatan dan sampai pukul 17.30 terjadi 3 kali letusan.
    Pagi ini 27-Oktober-2010, korban meninggal 16 orang termasuk mbah Maridjan, wartawan Viva News, Dokter PMI, dan warga sekitar rumah mbah Maridjan di Kinahrejo. Mereka meninggal terkena abu panas (Wedhus Gembel). Rumah almarhum mbah Maridjan hancur.
    Kok mengingatkan saya dengan gempa mBantul yll, didahului dengan kejadian Merapi berulah….apakah ada hubungannya berulahnya Merapi dengan gempa Mentawai sekarang ini?

  28. Gambarnya kemarin sore masih kelihatan pucuk-pucuk pohon di depan Webcam, tapi Merapinya gak keliatan.
    Agak maleman cuman keliatan gambar hitam ada goresan-goresan kecil putih.
    Lebih malam lagi jam 20-an offline.
    Sekarang gambar nggak jelas, mirip foto rontgen namun rona putihnya dominan dengan pola mirip usus, bentuk tidak berubah…..

  29. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, semoga arwah korban Merapi diterima di sisiNya dalam keadaan khusnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran, amin.

  30. Ibu dan keponakanku di Ngaglik, sedangkan mertuaku di Magelang dan paklik-bulikku di Klaten….mudah-mudahan pucukannya Merapi nggak kebuntetan…biar lancar umbelnya keluar lewat jalurnya.
    Sekedar ngingetin aja, bukan nakut-nakutin, dulu pas gempa mBantul justru semua orang perhatiannya dicurahkan ke Merapi yang sedang watuk-watuk to…….
    Lha sekarang ini kok mbarengi ada gempa di Mentawai…..mbok-mbok Merapi ini merupakan pertanda atau gejala akan adanya pergerakan bumi di lempeng Laut Selatan…..
    Waspada yuk!, tidak ada salahnya kan.

  31. saya di pakem melihat webicoder dari website yang sama, karena kamera sering terganggu kabut.
    BTW
    Apa kemungkinan erupsi tahun ini explosive?

Leave a Reply