Gempa Mentawai, Sumatera Barat 7.5 M.

0

Disaat kita sedang was-was mengamati Gunung Merapi di Jogja, sebuah gempa kuat dengan kekuatan 7.5 SR terjadi di laut Sumatera Barat. Gempa yang menurut BMKG memiliki berkekuatan 7,2 SR melanda kawasan Mentawai, Sumatera Barat. Seperti yang dikemukakan di detik.com Badan Metereologi dan Geofisika memperingatkan gempa berkekuatan cukup kuat ini berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Berdasarkan informasi dari situs BMKG, gempa ini terjadi sekitar pukul 21.40 WIB. Lokasinya berada di 78 Km Baratdaya Mentawai, Sumatera Barat.

Pusat kedalaman gempa berada di 10 Km. “Berpotensi Tsunami,” tulis BMKG. Namun kemudian BMKG mencabut mengakhiri amaran tsunami ini setelah sekitar satu jam berikutnya.

Update dari kawan dari mailist Bencana :

2010/10/26 irhaz <[email protected]>
Temans…
informasi yang disampaikan teman-teman di Sumbar, tentang bencana gempa bumi di kep Mentawai ternyata Tsunami tetap ada meski dalam skala kecil.
Tsunami menyapu pulau Pagai Selatan satu anak hilang tersapu Tsunami, ai masuk sampai 600m ke kampung warga.
Pagai Utara di daerah Sikakap air naik sampai setengah rumah. sementara didusun muntaei barubaru desa betumonga menyebabkan  80% rumah rusak parah tersapu dan diperkirakan banyak korban juga yang tersapu. Sementara Resort Macaronis desa silabu rusak berat diterjang ombak tiga meter.
demikian infonya dan update nya
Salam

Bahkan detik.com melaporkan Tsunami Akibat Gempa Mentawai Tewaskan 2 Warga

1 COMMENT

  1. Negeri tercinta ini(indonesia) sepertix ga habis2x mendapat bencana alam,bencana politik serta bencana korupsi. Bung karno prnh bilang:Jgn sekali-kali melupakan sejarah(JASMERAH) Bung karno sll ada dlm Agama islam dan sll taat pd hukum nasional dan internasional serta beliau sll yakin dgn hukum karma phala. Contoh orang tdk yakin karma phala adalah: 1.Mengebom ikan/terumbu karang dan bom ajaran ala Teroris. 2. Merusak hutan. 3.Korupsi. DLL.

  2. Orang beragama tentu identik dgn do’a. Ada bnyak pendoa namun hasilx blm terkabulkan bahkan sama skali tdk terkabulkan. Sbagai manusia dgn batas kemampuan wajarlah jika mau menangkis serangan bencana alam hanya dgn do’a. Dan selama manusia taux berdo’a disaat susah tentu yg Mh.kuasa jd fikir2 mengabulkan anugerahx. Oleh krn itu sdh seharusx manusia sadar dan berdoa berdasarkan ajaran Tat twam Asi serta mengamalkan ajaran hukum karma phala.

  3. Pak Dhe bagaimana kalau pengamatan Gempa seperti pengamatan Gunung berapi ada : waspada, dan awas. Karena saya lihat daerah daerah gempa kan letaknya di Australia Region. Apakah kalau diumumkan seperti Waspada dan Awas mengganggu dan terjadi keresahan masyarakat ?

  4. pak dhe, mohon pencerahannya, kok bisa ya terjadi tsunami setelah beberapa jam terjadinya gempa, padahal di simulasi di catatan pak dhe yang lain kan harusnya tsunami terjadi beberapa menit setelah gempa, niku pripun pak dhe.
    suwun

    –> Ada dugaan, kemungkinan bukan sekedar karena dislokasi yang menyebabkan tsunami, tetapi juga ada longsoran. Tsunami longsoran tidak serta-merta ketika gempa terjadi.

  5. Pak dhe kalau tidak kberatan sy mau tanya..

    sebagai orang awam sy bingung, mau dong didongengi kronologi kejadian tsunami Mentawai. ya dari komen d atas sy dapat pencerahan kalau peringatan harus diakhiri stlh diyakini kondisi aman, tidak digantung. BMKG mengakhiri amaran-nya 51 menit kmudian dgn dasar bahwa gelombang sampai k wilayah yg dimaksud stlh 40 menit kmudian. Y dan sesuai prosedur peringatan diakhiri. (stidaknya itu yg sy fahami dari sbuah dialog dgn staf BMKG d slh satu stasiun tv nasional)

    tapi tsunami menerjang beberapa jam kemudian. apa hal yg terjadi pak? apa yg menyebbkan perkiraan akhir amaran meleset??

    maaf mhn koreksi kalau salah kata.

  6. Asslkm PakDhe,
    wah sama sekali gak nyangka kalo di mentawai tnyt terjadi tsunami, padahal saya kemarin dgn pedenya komen kalo gempa 7,5SR tsb tidak menimbulkan korban jiwa dan apapun.. Astaghfirullah..

    Pakdhe, barusan pagi ini di metro tv masih dibahas kalo gempa masih mengancam sumbar, khususnya titik gempa yang menyimpan 8,8 SR itu belum terlepaskan..
    Peneliti LIPI dan bmkg itu mengatakan bahwa gempa kemarin bisa jadi mengurangi gempa 8,8SR tsb, dan bisa jadi juga titik yg belum terlepaskan gempa itu, akumulasi yg berjumlah 8,8SR.. Pakdhe bisa mengingatkan kita kembali tidak dimana tepatnya titik yang dimaksud dan bagaimana menurut pendapat pakdhe titik yg masih menyimpan gempa besar tsb..?? mohon pencerahan secepatnya ya pakdhe!!? Wasslm

  7. Padhe, apakah mungkin gempa dan tsunami “kecil” kemaren akan memicu gempa yang lebih Dahsyat?
    Soale, kalo ga salah dulu pakdhe juga bercerita yang berdasarkan catatan kegempaan, kalo di daerah Padang terdapat fenomena menarik tentang “Goyangan Maut ” tersebut.
    Mohon pencerahannya…….

  8. Pakdhe, apakah gempa dan tsunami “kecil” kali ini akan memicu gempa dengan kekuatan yang lebih dahsyat? mengingat beberapa waktu yang lalu pakdhe sempet bercerita juga tentang adanya timbunan energi yang besar di daerah Padang?
    Mohon Pencerahanya…..

  9. Up Date [Via mailist bencana] perkembangan kondisi di Mentawai yang saya dapatkan via SMS dari salah satu keluarga korban di Padang.

    1. Pulau Pagai Selatan Tsunami masuk ke daratan sampai 600 m ke dalam kampung, 1 anak hilang.
    2. Pulau Pagai Utara Sikakap air naik sampai batas setengah rumah terendam air laut, tidak ada korba jiwa atau bangunan.
    3. Dusun muntei baru baru desa betumonga 80 % rumah rata diterjang tsunami, banyak korban jiwa dan hilang.
    4. Pulau Sipora dusun gobik desa bosua 2 mayat ditemukan
    5. Dusun bosua desa bosua beberapa orang dilaporkan hilang terseret tsunami dan masih sedang dilakukan pencarian.

  10. Sy salut sama Pak De, gemar memberikan pencerahan. Namun marilah kita infokan yang benar.
    Bahwa setiap ada peringatan baik itu status gunung maupun bahaya/potensi tsunami mesti harus diakhiri.
    Tidak selamanya digantung peringtantan. jika keadaan sudah pasti tidak berbahaya, maka peringatan itu harus di stop atau diakhiri, dan bukan DICABUT. Bukankah begitu Pak De??? Mari kita membaca dengan seksama.

    –> Leres Mas Bowo, perlu disosialisasikan istilahnya.

  11. Asslkm wr wb Pak Dhe..

    Alhamdulillah gempa di
    Padang kemarin tidak menyebabkan
    gedung2 ambruk dan juga tidak
    sampai menimbulkan tsunami..

    Tapi apakah gempa kemarin itu terjadi
    di titik yang diramalkan para ahli
    akan menimbulkan gempa besar
    lebih dari 8SR itu Pakdhe?
    yang konon katanya merupakan siklus 200 tahunan?
    Mohon pembahasannya ya Pakdhe..
    Kita semua warga padang berharap gempa yg diprediksi besar dari 8SR itu akan terbagi bagi menjadi gempa kecil dan tidak menyebabkan kerusakan apa-apa maupun tsunami di kota padang tercinta.. Atau tidak ada lagi gempa di SUMBAR..amiin

  12. Pak Dhe begadang,ya? Kok cepet banget up date-nya.
    Semoga Saudara kita di kawasan Mentawai baik-baik saja, ternyata tidak terjadi tsunami seperti yang diperingatkan BMKG, syukurlah….
    Pak Dhe,Linus minta ijin copy gambar dan link Merapi ya…
    sapa tau ada sahabat Linus yang mau nonton bareng di ‘rumah’ Pak Dhe.
    oiya, salam buat Thole ya, Pak Dhe.
    Hai Thole… 🙂

Leave a Reply