Banyak membaca sebelum menulis

0

nge-blog.jpgLogging adalah sebuah kegiatan mencatat secara berurutan waktu. Seorang pilot pesawat melakukan pencatatan route yang dilewatinya dengan log book, flight log atau navigation log. Supaya tidak tersesat. Demikian juga seorang pelaut yang mencatat seluruh perjalannya dalam sebuah buku catatan.

Blog. Asal kata ini cukup unik. Awalnya Barger menciptakan kata “weblog” istilah untuk menggambarkan proses “web log” saat ia berselancar. Awalnya Berger mencacat halaman-halaman yang dia kunjungi dan menyebutnya sebagai WebLog. Istilah dalam bentuk pendek, “blog,” kemudian diciptakan oleh Peter Merholz.

­čÖü “Pakdhe, kalau begitu BLOG isinya catatan hasil bacaan ya ?”

­čśÇ “Thole yang penting bukan hanya itu, tetapi dari sebuah hasil membaca tulisan, membaca pikiran, ataupun membaca perjalanan”

Tentusaja perkembangan selanjutnya menjadikan BLOG sebagai media catatan karena hasil membaca atau melakukan sesuatu. Termasuk didalamnya adalah catatan dari ide atau pikiran yang terlintas, yang sayang kalau dibuang. Dan yang lebih penting lagi menulis itu bisa juga diartikan mlengse “MEngulang TULISan” atau menuliskan ulang dari sesuatu yang dibaca.

 

Jorn Barger yg membuat istilah WEBLOG. Menggunakan komputer sejak 1964.

 

Karena blog merupakan “catatan perjalanan“, maka blog masih memiliki ciri unik yaitu terurut waktu (sekuen). Walaupun ditambahkan fitur-fitur baru seperti tagging, dan juga pencari, namun ciri terurut waktu (sequensial) masih dipertahankan. Ini sangat berbeda dengan website-website yg ditata sesuai dengan kebutuhan, misal website perusahaan atau website sebuah badan penelitian.

Nah kalau anda suka ngeblog tentusaja harus suka membaca. Kalau anda ingin menuliskan pengalaman ya harus rajin berjalan. Semakin banyak dibaca maka akan semakin banyak yang ditulis dan semakin banyak berkarya.Supaya tulisannya banyak anda harus semakin banyak membaca.

Writer need ten time faster than reader !

Salam BLOGGING !

1 COMMENT

Leave a Reply