Apa nama ibukota yang baru – Silahkan usul !

0

Apa kira-kira nama yang dapat kita berikan pada sebuah kota baru di Jonggol ini ?

Kita mengenal Washington DC diambil dari nama Geoger Washington.  Bagaimana kalau kota Otorita Mandiri  ini kita sebut KOTA SOEHARTO (Soeharto City) di singkat KS (dipanggil Ke Es). Sebagai sebuah penghargaan pada Pak Harto yang walaupun memiliki kelemahan dan kesalahan namun perlu diberikan sebuah penghormatan atas karya dan jasanya mempertahankan Indonesia sebagai NKRI selama 32 tahun !

🙁 “Whadduh, kenapa Kota Soeharto, Pakde ?”

😀 “Penghormatan atas jasanya Thole. Walaupun ada kelemahannya dan kesalahannya, tetap saja kita harus menghormati beliau.”

🙁 “Tapi bukan berarti anak cucunya bisa ngeklaim kota itu milik pribadi anak cucunya, kan Pakdje?

😀 ” Gundulmu apa ! mosok cuman nama dipakai aja kok diklaim hak milik kayak tetangga aja !”

Atau usul nama lain ?

Silahkan !

1 COMMENT

  1. Apa nama ibukota yang baru – Silahkan usul ! Dongeng Geologi I was recommended this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You’re wonderful! Thanks! your article about Apa nama ibukota yang baru – Silahkan usul ! Dongeng Geologi Best Regards Nick Agata

  2. Sebaiknya dipilih Kota Malang, tetapi karena pemimpin negara ini banyak yang Korupsi makanya nama yang paling sesuai adalah “KOTA MALING”.

    gimana para sedulur semua,,, ??

  3. cari yang mirip dengan di daerah saya ah..
    di temannggung ada desa jokerto = jakarta
    di banyumas ada purwokerto = purwakarta
    ada purbalingga = probolinggo
    ada pemalang = malang

    jadi nama ibukota yang baru KOTA BARU

  4. Kalo saya usul sich, gimana kalo :
    1. Batavia Baru
    2. New Batavia City
    3. Batavia Metropolitan
    4. Soekarno City
    5. Indonesia Jaya
    6. New Jonggol City
    7. Batavia Jaya

  5. Namanya ya jaga-jaga takut tenggelam soalnya jakarta rawan nomor 2 setelah sidoharjo juragane lumpur, cepat pindah sebelum ambles.

  6. Kalo dulu Jayapura bernama “SoekarnoPura” (yang berarti Kota Soekarno) untuk menghormati jasa² Soekarno atas usahanya “merebut” Irian Jaya (West Papua), maka sangat masuk akal jika Jonggol juga dikaitkan dengan Pak Harto.

    Mungkin nama yang cocok adalah “SoehartoPura” -> supaya “lebih enak” di telinga kata “Soe” bisa dihilangkan sehingga menjadi “HartoPura” atau “HartoPuro” secara lidah Jawa hehehe…….

    Kalo dibahasaindonesiakan bisa menjadi “HartaPura”. Supaya terkesan “tidak matre”, bisa diperhalus menjadi “ArtaPura” yang berarti “Kota Harta” alias “Kota Duit”.

    Usul Pakdhe….
    “ARTAPURA” -> penjelasannya tadi di atas
    “KARTAPURA” -> sebagai perpanjangan jaKARTA yang berarti Kota Kemakmuran
    “KARTAJAYA” -> analogi kaya’ di Jepun, KyoTo menjadi ToKyo (sebelomnya bernama Edo) hehehe………

  7. Kalau diberi nama atas nama pemimpin, susah nanti kalau pemimpin tersebut menghadapi masalah mahkamah atau muflis atau lain2 musibah!

  8. Yang penting bukan namanya kota baru itu!.

    Yang saya bayangkan adalah kota itu hendaknya dibangun dengan terencana dan tertata dengan baik dan benar. Indah, nyaman, bebas banjir, bebas macet, tidak kumuh. Transportasi nyaman dari udara , laut, maupun kepolisian!, eh maaf maksud saya darat. tenaga listrik tersedia dengan bahan baku yang terbarukan misalnya air, laut, matahari, biogas, batere,atau sampah (bukan sampah masyarakat), dan sumber energi lainnya, yang penting bukan dari minyak bumi atau yang sumbernya terbatas. Begitu pula suplai untuk kebutuhan airnya yang cukup memadai. Kita pasti bisa, kumpulin saja yang kekayaannya triliunan untuk bergabung disitu.

  9. haha. kalo bukan dipimpin beliau, udah lebih maju lagi.

    –> Mungkin nama Soeharto masih terasa geli di kuping, gitu ya ? 😀

  10. kalo mau urut ya SOEKARNO CITY dulu Pak dhe..

    biar urutannya ga bikin ngiri…
    nanti kalo mau pindah lagi baru diurut lagi….

    –> Wong udah dikubur kok masih ngiri ya ? hehehehe

Leave a Reply