Eyjafjallajökull meletus !

17

Eyjafjallajökull ….  Kalau saja ada lomba membaca ” … Eyjafjallajökull …” Siapa yang juwara ?  …. katanya dibaca [ˈɛɪjaˌfjatlaˌjœːkʏtl̥] , hallah kok malah lidahku  mbundeth ! Emang ruwet gunungapi yang satu ini

Cara baca yang bener begini (nyalakan speakernya )

Nama gunung ini konon artinya Gunung dibawah bukit es seperti gambar ini :

Peta Eropa. Gunung Eyjafjallajökull ini terletak disebelah Barat Laut Inggeris (UK).

Eyjafjallajökull = "Pulau gunung gletser"

Gunung Eyjafjallajökull yang susah diucapkan oleh lidah Indonesia ini oleh penyiar TV di Indonesia hanya disebutkan “…sebuah gunung api di Islandia ..” (malu kalau salah ucap malah lidah kelibet-libet 🙂 ) . Gunung ini puncaknya sering diliputi salju . Tentusaja menjadi menarik karena disitu bertemunya panas magma dan dinginnya salju.

Letusannya bisa mirip seperti letusan Gunung Kelut dimana air bertemu dengan magma seperti yang pernah diceritakan disini.

Letusan Hydrovolkanik yang berkembang menjadi Magmatik

Gunung Kelud yang sangat aktif tahun 2007 lalu tidak berkembang menjadi letusan besar. Kalau Gunung Kelud diatasnya danau (air), Gunung ini diatasnya berupa Gletzer atau gunung es. Kalau saja es ini mencair dan akhirnya masuk kedalam kepundan dan bercampur dengan lava, dapat menimbuklan ledakan akibat tekanan uap air.

Apabila dindingnya runtuh maka akan menyebabkan tekanan magma menjadi sumber tekanan utama yang memiliki tenaga jauh lebih besar dan menyebabkan letusan magmatik.

Letusan Eyjafjallajökull tahun 2010.

Aktifitas gunung ini dimulai sekitar Desember 2009, aktivitas seismik terdeteksi di daerah gunung berapi, dengan ribuan gempa kecil (sebagian besar besar 1-2 pada skala Richter besar, dengan hanya beberapa yang lebih besar dari 3 M), dengan kedalaman 7-10 kilometer (4,3-6,2 mil) di bawah gunung berapi. Pada tanggal 26 Februari 2010, hanya terjadi aktivitas seismik biasa seiring dengan perkembangan yang cepat dari kerak bumi telah dicatat oleh Lembaga Meteorologi Islandia. Hal ini memberikan tanda-tanda pada ahli geofisika sebagai bukti bahwa magma sedang bergerak naik dari bawah kerak ke dalam dapur magma gunung berapi Eyjafjallajökull dan diketahui tekanan ini berasal dari proses yang menyebabkan perpindahan kerak besar di daerah peternakan di Þorvaldseyri. Aktivitas seismik terus meningkat, dan sejak tanggal 3-5,  tercatat 3000 gempa bumi dangkal yang diukur di pusat gunung berapi.

🙁 “Pakdhe gempa-gempa kecil ini menunjukkan pergerakan magma itu ya ?”

😀 “Iya Thole, coba baca penjelasan cara monitornya seperti sewaktu gunung Kelud yang hampir meletus ditulisan Memonitor polah tingkah Gunung Kelud yg sedang kritis disini.”

Letusan pada 27 Maret 2010

Letusan tersebut diperkirakan telah dimulai pada 20 Maret 2010, sekitar 8 kilometer (5.0 mil) timur kawah puncak gunung berapi di wilayah yang sering dipakai untuk kegiatan hiking yang populer disebut Fimmvörðuháls. Ini letusan pertama, dalam bentuk fisura sebuah lubang, tidak terjadi di bawah gletser dan dalam skala lebih kecil daripada telah dipikirkan oleh beberapa ahli geologi.

Letusan tersebut berdampak pada penerbangan yang ingin membuat rekor keliling dunia yang dipimpin oleh Kapten Riccardo Mortara. Pesawat pribadi telah mendarat Keflavik, Islandia, tetapi tidak dapat terbang lagi karena abu volkanik telah menutup landasan pacu. Dengan sangat  terpaksa dia membatalkan pada menit terakhir.

Pada tanggal 14 April 2010 Eyjafjallajökull kembali meletus setelah jeda singkat, kali ini dari atas kawah di tengah gletser, menyebabkan banjir meltwater (juga dikenal sebagai dekat dengan jokulhlaup) bergegas ke sungai terdekat, dan membutuhkan 800 orang untuk dievakuasi. [ 14] Letusan ini ledakan di alam dan diperkirakan sepuluh sampai dua puluh kali lebih besar dari yang sebelumnya di Fimmvörðuháls. Letusan kedua ini melemparkan abu vulkanik beberapa kilometer di atmosfer yang menyebabkan gangguan perjalanan udara di barat laut Eropa mulai pada tanggal 15 April 2010, termasuk penutupan wilayah udara di sebagian besar Eropa.

Pada tanggal 19 April 2010, tujuh belas bandara dinyatakan  tertutup sepenuhnya, dengan ratusan ribu penumpang terdampar dan industri penerbangan kehilangan sekitar $ 200 juta per hari. (Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Jerman, Hungaria, Irlandia, Latvia, Luksemburg, Belanda, Polandia, Romania, Slovakia, Swiss dan Britania Raya.)

17 COMMENTS

  1. perkenalkan, pakde,, saya mahasiswa teknik geologi itb yang masih ingusan.. hhehe..

    mau tanya dong.. katanya jenis vulkanisme di gunung api ey*********kull (susah bgt) ini berbeda dan unik dan spesial drpd jenis gunung api lain d dunia ya? katanya berkaitan dengan soal pemekaran lempeng dan sebagainya..
    saya minta tolong dijelaskan dong, pakde..
    (atau sypa pun yg mmbaca postingan saya ini..)

  2. waduh saya baru tahu namanya susah amat disebutinnya. kebetulan juga saya pernah baca dari kaskus mengenai abu yang menutupi eropa. artikelnya bagus banget ni.

    oh iya mas salam kenal yah dari hihia, kalo sempat mampir berkunjung yah ke blog saya di http://hihia.wordpress.com dan http://hihia.co.cc

    Ditunggu yah komentar dan kunjungannya. 😀

  3. Baru kali ini ada nama yang sulit dieja oleh lidahku yang njawani ini. salah-salah malah kebaca ejakulasi… ah ribet…Mudah-mudahan berhenti bikin ribet semuanya..

  4. Pakdhe, saya malah khawatir nih, katanya Barcelona harus berjalan darat menuju Milan buat semifinal Champs League. Jangan2 ntar Messi kelelahan ya???

Leave a Reply