Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010

137

Pada hari Jumat, tanggal 15 January 2010 terjadi gerhana matahari yang kebetulan melewati Indonesia. Gerhana matahari kali ini bukan gerhana matahari total, tetapi gerhana matahari cincin. Namun gerhana kali ini dapat dinikmati oleh kita yang tinggal di Sumatra, Jawa Barat- Jawa Tengah dan Kalimantan.

Pandangan gerhana matahari cincin ini akan optimum hanya terlihat di Srilangka dan China.

Nah supaya tidak ketinggalan untuk menikmati gerhana ini silahkan simak kapan kita dapat menikmatinya. Silahkan donload disini :

Klik -> Tabel Waktu Gerhana Matahari 15 Januari 2010 di kabupaten di Indonesia [dari Muhammadiyah.com]<- Klik

Seperti yang disarankan oleh Muhammadiyah, diharapkan kaum muslimin untuk menyelenggarakan Sholat gerhana pada waktu kejadian fenomena ini.

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan.

Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutup sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Gerhana hari Jumat besok merupakan gerhana anular (gerhana matahari cincin). Gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari. Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya. Pada tanggal 15 Januari 2010 akan terlihat seperti gambar kanan, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih.

Peta sabuk lintasan gerhana 15 Januari 2010

INGAT JANGAN MELIHAT LANGSUNG TANPA FILTER ATAU ALAT

Kalau ingin melihat langsung gerhana matahari lihatlah petunjuknya disini Melihat Gerhana Matahari dengan AMAN <-Klik

🙁 “Pakdhe, katanya kalau pas bumi-bulan-matahari segaris kemungkinan terjdi gempa bumi, ya ? Barangkali gempa di Haiti juga berhubungan dengan astronomic phenomena, ya ?”

😀 “ituah sebabnya perlu kewaspadaan “

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.

gmt_9maret2016Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Wah pasti menarik !
Siapa mau memulai ?

NEW ! … Bagi yang pingin lihat salah satu foto gerhana matahari cincin ini silahkan klik ini Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010

WAKTU PENGAMATAN Jumat 15 Januari 2010.

No Nama Kota Mulai Berakhir
1 Ampana 16:32:43 16:48:49
2 Balikpapan 16:06:38 17:05:21
3 Banda Aceh 13:38:05 16:44:37
4 Bandung 14:39:07 15:54:40
5 Banjarmasin 16:05:03 16:57:44
6 Banten 14:30:32 15:59:56
7 Bantul 15:03:46 15:36:24
8 Batam 14:11:00 16:31:17
9 Bdr Lampung 14:23:17 16:06:42
10 Belinyu 14:20:04 16:21:11
11 Bengkulu 14:03:47 16:19:54
12 Bojonegoro 15:12:32 15:34:11
13 Bukit Tinggi 13:56:32 16:29:19
14 Cilacap 14:51:24 15:45:04
15 Curup 14:07:43 16:17:33
16 Garut 14:42:00 15:52:12
17 Gorontalo 16:28:04 16:58:08
18 Jakarta 14:32:43 16:00:34
19 Jambi 14:11:00 16:23:11
20 Kotabaru (Kalsel) 16:13:42 16:53:00
21 Lhokseumawe 13:44:34 16:43:56
22 Madiun 15:12:37 15:31:16
23 Magetan 15:12:37 15:31:16
24 Mamuju 16:31:54 16:41:38
25 Manado 16:30:14 16:59:53
26 Medan 13:49:41 16:40:10
27 Midai 14:23:43 16:34:17
28 Muarabungo 14:04:25 16:24:44
29 Ngawi 15:10:26 15:34:20
30 Padang 13:56:38 16:27:24
31 Padang Panjang 13:56:38 16:28:52
32 Pagaralam 14:11:36 16:14:57
33 Palangkaraya 14:56:53 16:06:25
34 Palembang 14:17:22 16:17:14
35 Palu 16:20:16 16:58:18
36 Pangkal Pinang 14:22:08 16:19:01
37 Pangkalanbun 14:47:27 16:08:57
38 Pekalongan 14:51:56 15:48:47
39 Pekanbaru 14:00:15 16:27:58
40 Pontianak 15:12:32 15:34:11
41 Poso 16:33:00 16:46:18
42 Ranai 14:25:12 16:36:26
43 Samarinda 16:05:10 17:09:01
44 Sedayu 15:21:50 15:27:09
45 Semarang 14:57:20 15:45:23
46 Serang 14:29:08 16:01:58
47 Sleman 15:02:09 15:38:41
48 Sungai Liat 14:21:44 16:20:04
49 Surakarta 15:04:56 15:37:47
50 Tanjung Pandan 14:29:48 16:14:49
51 Tanjung Pinang 14:12:44 16:30:31
52 Tarakan 15:56:22 17:25:11
53 Tuban 15:09:37 15:38:15
54 Wates 15:01:15 15:38:28
55 Wonosari 15:06:51 15:34:01
56 Yogyakarta 15:02:42 15:37:52

137 COMMENTS

  1. gila bngt gerhana cincinnya panas bngt seandainya bkn gerhan cincin tapi gerhana uang bisa banjir uangnich………..!!!!!!!!!!!@@@@@@

  2. Ya Allah, semoga saya bisa melihatnya.
    ……………trims atas infonya soalnya akir2 ini jarang mengikuti info2 yang menarik.
    Sungguh kejadian alam yang luar biasa……………….

  3. HmMm…….

    Gerhana yha wew bagi seorang detektif ngga ada yang special karena seorang detektif mengetahui segalanya lebih dulu

  4. Wah, saya ketinggalan informasi tentang adanya gerhana matahari kalau tidak buka blog Bapak, pertanyaan saya berapa tahun sekali gerhana matahari itu terjadi? dan berapa tahun sekali terjadi gerhana matahari Total?, Tks

  5. hai!saya dari malaysia…..sore tadi nggak sempat lihat,sbb lgi skolh….semua teman2 saya bawa cermin mata hitam,malangnya…cgu nggak nyuruh lihat deh…jdi,saya lihat disini aja….slm kenalan…..

  6. katanya gerhana matahari cincin bakal terlihat lagi di tahun 3043 ya? wah, keburu kiamat dong. tapi bukan 2012 ya! hehehehe.. Kalo dibandingkan dengan gerhana matahari total, cincin lebih jarang ya? tapi tadi aku nggak liat soalnya lagi kerja kelompok di rumah temen. huhuhu

  7. katanya gerhana matahari cincin bakal terlihat lagi di tahun 4043 ya? wah, keburu kiamat dong. tapi bukan 2012 ya! hehehehe.. Kalo dibandingkan dengan gerhana matahari total, cincin lebih jarang ya? tapi tadi aku nggak liat soalnya lagi kerja kelompok di rumah temen. huhuhu

  8. weheheh, td sempet liat pke klise tapi mendung, ketutupan awan .yah hrus nunggu 6 taun lagi deh .

    tp td liat di stasiun tv swasta klo grhana matahari akan terjadi sekitar 1000 taun lebih lagi tepatnya taun 3024 .
    bisa bisa turunan 7 kita yg bisa ngeliat . salam roki dari bandung

  9. Gila banget, bagus dibaca, semoga menambah kualitas ilmu pengetahuan dan sekaligus menambah ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kita ini keciii…l sekali tak ada arti apa – apa, semoga kesombongan, suka fitnah, suka korupsi, suka zina, suka minum berkurang karena kesadaran akan kekuasaan Sang Maha Pencipta alam semesta, termasuk peristiwa gerhana matahari, gerhana bulan, banjir, gempa, longsor, dan pada gilirannya stop membuat kerusakan lingkungan hidup di bumi dan lapisan ozon. Mampir ke http://hermansuryantoadaapahariini.wordpress.com

  10. ga keliatan mas, tempat gue. padahal gue di Tebet loh… akhg, menyebalkan. kenapa seh untuk melihat ajah kita harus ke planetarium…. mbo yo kaya di luar negeri gituh, teropong ditaruh dimana-mana, kan keren

  11. aKh………………
    dRi sUmatera utAra gAg bSa tRlihad sCra jElas…..
    pDhal dAh dI nanti”………………….
    sYang bgT……….

  12. Sblm aq dnger brta ini, aq mimpi gerhana matahari 5 hr yg lalu . G disangka tnyata bakalan ad grahana matahri bneran yah. Tp koq blom muncul2 yah ?

  13. apa mungkin nantinya gempa bumi bisa diramalkan berdasarkan hubungan bumi-bulan-matahari ya?? kalo ya, mungkin akan dpt memperkecil jumlah korban bencana gempa.
    pasti akan sgt bermanfaat. smga ilmu-geologi smakin maju!!

  14. Amini semua keuasa Allah yang telah diberikan dan digerakan sesuai kehendaknya dan Alamlah yang berbicara maka perbuatan manusia itu yang akan menjadi baik, buruk bahkan lebih buruk lagi. ( Hati terdalam )

  15. Asslm.Wr.Wb.

    Mengingat gempa 7,3 Richter di Haiti dan 7,9 Richter di ACEH lebih utama shalat sunah muakad di Mesjid sesudah Shalat Jumat berjamaah.

    Saatnya kembali pada Allah SWT.

    Pariwisata Astronomi, melalui rekaman video java di internet, youtube, atau DVD portable.

    Wass.Wr.Wb.

Leave a Reply