Supernova T Pyxidis dapat menhancurkan kehidupan di bumi !

0

“Terlalu Dekat” untuk diabaikan !

Minggu ini para astronom mengadakan pertemuan di American Astronomical Society. Mereka secara terang-terangan menunjukkan bahwa bintang kerdil putih saat ini sedang dalam masa pergolakan sebagai nova (ledakan bintang). Dan konon letaknya lebih dekat dengan sistem tata surya kita, dibandingkan perkiraan sebelumnya. Kalau hal itu benar-benar terjadi dan bintang ini akhirnya akan runtuh menjadi sebuah jenis supernova.

Jika itu jenis keruntuhan ini mnimbulkan ledakan supernova, maka  ledakan termonuklir yang dihasilkan akan menghancurkan kehidupan di bumi.

T Pyxidis, sebuah bintang di ambang pertumbuhan yang terlalu besar dan kemungkinan akan ambruk ke dalam jenis supernova. Bintang ini diketahui ternyata lebih dekat ke bumi dibanding peerkiraan sebelumnya. Menurut NASA - cukup dekat untuk mengakhiri kehidupan di bumi bila akhirnya meledak.

“Serius ! “…. papar majalah Popular Science !

Bintang ini adalah bagian dari sistem biner dua bintang – kerdil putih (White Dwarf) yang lepas dari tangkapan massa matahari-seperti tetangga – disebut T Pyxidis. Bintang ini terletak di bagian selatan konstelasi Pyxis, juga dikenal sebagai “The Compass Box.” Sistem ini dikenal sebagai nova yang berulang karena telah mengalami ledakan berulang selama beberapa abad terakhir ini. Ledakan yang terjadi (mirip) ledakan termonuklir kecil yang pernah terjadi pada tahun 1890, 1902, 1920, 1944 dan 1967, atau hampir setiap dua puluh tahun.

Sekarang sudah lebih dari 40 tahun sejak terakhir nova pada 1967, dan sementara itu si kerdil putih (White Dwarf) terus membengkak, dan akan me”makan” seluruh bintang tetangganya. Jika terus membengkak, akhirnya bisa mencapai Batas Chandrasekhar, massa kritis di mana titik gravitasi runtuh seketika akan terjadi menyebabkan ledakan termonuklir mirip dengan 20 miliar miliar miliar megaton TNT.

🙁 “Wuiih, ngeri Pakdhe. Setiap duapuluh tahun terjadi ledakan-ledakan, dan terus membesar !”

Jaraknya “hanya” 3 ribu tahun cahaya dari kita !

Mengingat bahwa ilmuwan belakangan ini telah menemukan bahwa T Pyxidis hanyalah 3.260 tahun cahaya dari kita, tentunya ini bukan main-main. Dalam dunia astronomi ini hanyalah “tetangga” menurut standar jarak kosmis. Dan ini lebih dekat daripada yang diperkirakan sebelumnya. Kalau terjadi ledakan supernova, Radiasi Sinar Gamma-nya akan mencapai Bumi akan setara dengan 1.000 jilatan api matahari yang secara simultan membombardir planet. Produksi yang dihasilkan dari oksida nitrat di atmosfer juga akan menghancurkan ozon, pada saat dimana kita sudah tidak dapat pergi lagi dan hanya mampu mengatakan planet ini tidak mampu dihuni lagi.

Bagi yang percaya kiamat 2012, berhenti membaca sekarang !

Angka kosmis (ribuan tahun cahaya) yang fantastis ini kemungkinkan besar terjadi ya seperti itu. Peristiwa ini mungkin juga akan mengungkap peristiwa-peristiwa bencana besar juga memiliki lapisan perak bagi kita di Bumi. Meskipun dalam hal kehidupan bintang supernova mungkin terjadi, namun bagi kita di bumi itu akan terjadi jutaan tahun dari sekarang, diperkirakan ledakan supernova ini mencapai bumi 10 juta tahun lagi.

Hehehe jadi sebenernya ya cukuplah untuk mengatakan bahwa kami cukup jauh dari T Pyxidis bahwa kita tidak dapat benar-benar tahu persis seberapa besar itu atau seberapa cepat itu pembesaran Massa Bintang ini.

Yang pasti menurut Popular Science akhir dunia tidak akan datang besok. Jelas bukan dalam dua tahun lagi. !!

🙁 “Hallah Pakdhe. Ternyata terjadinya kemungkinan masih 10 juta tahun lagi ya ?”

😀 “Looh Thole, kejadiannya ya mirip dongengan geologi yang berbicara bahwa 66 juta tahun yang lalu ada meteor nabrak bumi membuat dinosaurus punah !”

Terjemahan bebas dari PopSci.com “Nearby T Pyxidis Supernova Could Destroy Life on Earth” By Clay Dillow Posted 01.06.2010

Bacaan terkait :

1 COMMENT

  1. Anda membuat saya panik boss!!!
    Saya sempat membayangkan meteor atau asteroid dari ledakan supernova tadi jika menghantam bumi. Tamatlah semua.

  2. manusia boleh berkata apa saja sesuai hikmat pengetahuan tapi yang pasti ketika cawan murka ALLAH sudah mulai dituang 1/3 manusia harus mati agar segalanya digenapi sesuai firmaNYA dan ketika sang Anak Domba yang sudah mati dikayu Salib datang semua dapat melihat bahwa semua untuk kemuliaaNya, firmanNYA :dahulu aku datang membawa kabar sukacita untuk manusia bahwa ada keselamatan didalamKU namun kini AKU datang membawa upah dan penghakiman kepada setisp orang,ingat HAITI hanya permulaan …BERTOBATLAH…………

  3. Ya, tapi pembuktian logika bukan cuma pada ranah materi (dengan indrawi) tapi seharusnya juga pada nonmateri (superindrawi).

    Planetary battleship nibiru punya cloak yang memungkinkannya tak bisa dilacak.
    tanda-tanda kemunculannya adalah langit bumi yang memerah, pertanda ia sedang membuka cloaknya.

    Itu akan terjadi sekitar oktober 2012.

  4. jika dibandingkan dengan umur bumi yang konon katanya “baru” 5 milyar tahun (nggak pake cahaya), berarti pada saat peristiwa seperti yang pakdhe dongèngken ini kira² bumi sudah ada ato belom yah???

    kejadian yang baru terlihat di bumi sekarang ini pan sudah ada sejak 3.ooo tahun cahaya yang lalu to?

    ~ biar gak dapat PertamaX, yang penting numpang nampang di page one ~

Leave a Reply