Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan – 3

12

Kelanjutan dari dongengan sebelumnya disini : Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan – 2

Perlu diketahui juga bahwa selama perjalanan waktu, bumi selain mengalami perubahan bentuk serta konfigurasi benuanya juga berubah iklimnya.

Perkembangan bumi baik bentuk serta iklim inilah yang mempengaruhi perkembangan mahluk hidupnya. Perubahan mahluk hidup ini yang kita kenal dengan mana evolusi.

Berikut ini gambaran perkembangan benua-benua di bumi sejak 250 juta tahun lalu

Melanjutkan yang sebelumnya …

Awal Trias (237 Mya)

Awal Jaman Trias 237 Mya

Supercontinent Pangea, terbentuk pada Jaman Trias, pada saat ini binatang darat mulai berpindah (migrasi) dari kutub selatan ke kutub utara. Keberagaman mahkluk hidup yang sudah banya berkembang pesat mulai mengalami kepunahan pada Permo-Triassic juga binatang yang hidup di air hangat tersebar menyeberangi laut Tethys.

Pada akhir Jaman Trias Pangea mulai terpisah lagi.

Awal Jaman Yura (195 Mya)

Awal Jura 195 Mya

Awal Jamn Jura, Asia tengah dan selatan mulai tersusun. Samodera Tethys yang luas mulai terpisah, dan memisahkan benua disebelah utara dari benua Gondwana

Pada awal Jura ini pula Dinosaurus mulai tersebar meluas bahkan menyeberangi benua Pangea.

Pertengahan Jaman Jura

Pertengahan Jaman Jura 152 Mya

Pada pertengahan Jaman Jura ini Pangea mulai terpecah. Sedangkan pada akhir Jura samodera Atlantik tengah menjadi sempit memisahkan Afrika dari Amerika Utara dan dari Gondwana.

Akhir Cretaceous (94 Mya)

Akhir Cretaceous 94 Mya

Selama Cretaceous Samodera Atlantik bagian selatan terbentuk dan memisahkan Amerika selatan dengan Afrika. India mulai melepaskan diri dari Mandagascar.

Perhatikan Amerika utara sudah terhubung dengan Eropa dan Australia masih bersatu dengan Antartika.

Batas K-T Boundary (66 Mya)

Batas Kapur - Trias 66 Mya

Akhir dari kehidupan binatang raksasa termasuk dynosaurus.

Lihat adanya titik merah yang diperkirakan lokasi tempat jatuhnya meteor yang menyebabkan punahnya binatang-binatang besar pada masa itu. Akibat dari tumbukan ini menyebabkan perubahan iklim yang mempengaruhi lingkungan hidup.

Sampai akhir Cretaceous banyak lautan yang mengisi daratan rendah, perhatikan India yang mulai berjalan ke arah utara menuju “proto Himalaya“.

Awal Cenozoic (50.2 Mya)

Pertengahan Eocene 50 Mya

Ini diawali dengan bertumbuknya India ke benua Asia. Tumbukan ini membentuk dataran tinggi tibet.

Australia yang sebelumnya rapat dengan Antartika mulai terpisah bergerak ke utara.

Jaman Miosen Tengah (14Mya)

Jaman Miosen Tengah 14 Mya

Sejak 20 juta tahun sebelumnya Antartika tertutup oleh es.

Bumi sudah “mirip” dengan bumi saat ini. Karena tektonik yang aktif hanya ada di Asia Tenggara. Termasuk Indonesia.

Tetapi dataran florida dan bebrapa bagian asia masih tergenang air berupa lautan dangkal.

Bumi masa kini yang memiliki iklim yang pas.

Bumi masa kini

Bumi moderen ini merupakan kunci untuk rekonstruksi sebelumnya. Juga pergerakan yang ada saat ini merupakan bahan untuk memperkirakan bentuk bumi dimasa mendatang.

Iklim global saat ini menuju ke pemanasan. Apakah ini natural ? yang pasti setelah jaman es secara perlahan namun pasti bumi mengalami penambahan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan.

🙁 “Looh masak gas rumah kaca kalau bertambah justru malah bagus ta Pakdhe ?”

😀 “Lah kalau sebelumnya jaman es ya tentusaja pemanasan global justru mengarah ke kondisi ideal thole”

Nah bagaimana perkembangan iklim masa-masa itu dan seperti apa bentuk bumi dimasa depan ?

Bersambung ….

Bacaan terkait :

Benarkah Indonesia itu Atlantis ?

12 COMMENTS

  1. Mohon tanya kenaikan suhu rata” laut apa bisa dihentikan akibat pemanasan global efek rumah kaca ?
    Berapa percepatan pemanasan global akibat “feedback loop” panas ?

  2. itu namanya teori tektonik lempeng yang sampai sekarang masih bisa dipercaya untuk menjelaskan dinamika tektonik bumi. mungkin nanti ada teori baru lg ,,mungkin teori plumb???/

  3. hmmm…kayaknya teori ini masih banyak kelemahan ya pakdhe…menurut pakdhe, awalnya lempeng benua dan samudra itu menggerombol sendiri atau memang bumi ini mengembang ???

  4. ini dianya namanya pengetahuan yg di anugrahkan kpd kita..shg kita bs meraba2 kira2 beginilah bumi sewaktu jutaan th lalu dan akan bgmn kira2 jutaan th berikutnya..Sciense bukanlah ilmu meramal spt layaknya dukun namun berdasarkan hitung-hitungan dan sampel2 yang ada..Bravo Sciense,bravo Islam

  5. Sekedar nambahin pakdhe.

    KT event itu bukan hanya sekedar di Semenanjung Yucatan, Amerika Tengah sekarang. Itu juga terjadi di kontinen Eropa sekarang, yang membentuk struktur di Ukraina dan Silverpit. Tumbukan berlangsung serial, dalam kurun waktu setidaknya 300 ribu tahun. Ada selang 300 ribu tahun di antara timing tumbukan di Semananjung Yucatan dengan umur lapisan batas Kapur-Tersier yang tipis, kaya Iridium dan kaya karbon, dimana tumbukan Yucatan lebih tua. Smoking gun yang terkait langsung dengan pembentukan lapisan batas Kapur dan Tersier, alias berkait langsung dengan musnahnya dinosaurus 65 juta tahun silam, berkemungkinan ada di struktur Shiva di tepi vulkanisme gigantik Dataran Tinggi Dekan yang saat ini terletak di lepas pantai barat India. Struktur ini bergaris tengah 600 km dan kemungkinan dibentuk oleh asteroid bergaris tengah 40 km.

    Btw, semua proses dalam tumbukan itu, baik daritumbukan Yucatan hingga tumbukan Shiva, dihasilkan oleh rombongan asteroid dari famili Baptistina, asteroid besar yang terpecah belah 160 juta tahun silam dan secara perlahan mengalami perubahan orbit sehingga akhirnya jatuh menghujani Bumi dan planet-planet teretrial lainnya.

    -> KT event itu sebuah horizon waktu. Tentusaja tidak hanya di Yukatan. Yukatan hanya salah satu tempat diketemukan hempasan meteor besar. Mungkin wektu itu sedang musim hujan meteor ya ?

  6. ♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥
    Ini alasan kenapa adiknya sandra dewi selalu memonyongkan bibir nya kalo di foto:
    http://gigilucu.notlong.com./
    ♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

  7. Tanggal 1 Desember 2009, di Jawa Pos ditampilkan berita mengenai timbulnya retakan besar di kolam lumpur Sidoarjo. Apakah retakan ini berkaitan juga dgn pergerakan lempeng, atau hanya amblesan biasa?

    –> Saya kira ini awal dari gejala amblesan. Sepert yang pernah terjadi sebelumnya.

Leave a Reply