Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan – 2

9

Setelah sebelumnya sudah didongengkan tentang benua geologi dimana merupakan benua-benua yang pernah ada di bumi ini dan dibuktikan dengan ilmu geologi. Sekarang kita tengok dongengan rekonstruksi benua-benua ini dan nantinya juga perkembangan benua-benua ini dimasa depan.

🙁 “Wah pakdhe mau bikin ramalan Ki Amat jugak ?”

😀 “Bukan Thole, ini namanya “future tectonic modeling””

Sebuah studi khusus tentang Tektonik ini telah dilakukan oleh Christopher R Scotese. Studi ini disebut PaleoMap Project, sebuah projek untuk merekonstruksi bumi masa lampau dan bumi masa depan.

Nah mari kita lihat seperti reksonstruksi yang dibuat oleh Scotese ini.

Akhir Proterozoikum (650 juta tahun lalu)

Memang bener bumi ini diperkirakan berusia 4 milyar tahun, tetapi rekonstruksi tektonik tertua yang mampu dilakukan hanyalah sejak 650 juta tahun lalu.

Rekonstruksi benua pada 650 juta tahun lalu

Model diatas menggambarkan pecahnya Superbenua Rodinia yang konon sudah dimulai sejak 1100 MYA (Million Years Ago, Juta tahun lalu). Pada masa itu diperkirakan dunia dalam kondisi iklim bumi, mirip seperti saat ini.

Akhir Cambrium (514 Mya)

Model bumi pada akhir Kambrium (514 Mya)

Pada akhir Kambrium 514 juta tahun lalu, merupakan saat munculnya binatang dengan cangkang keras. Benua Gondwana berada di kutub selatan.

Pertengahan Ordovisium (458 Mya)

Pertengahan Ordovisium (458 Mya)

Pada Jaman Ordovisium ini lautan yang disebut sebagai samodra Tethys tentusaja samodra ini saat ini sudah tidak ada.

🙁 “Pakdhe, kalau samoderanya hilang trus airnya kemana ?”

Silur Tengah (425 Mya)

Silur tengah 425 Mya

Laurentia menabrak benua Baltica sehingga menutup lautan Iapetus yang membentuk  benua “Old Red Sandstone”.  Terumbu Coral merambah dan berkembang juga tumbuhan darat mulai mengisi daratan yang kosong

Devonian (390 Mya)

Akhir Devon (390 Mya) Jaman ikan !

Devonian merupakan jaman munculnya ikan. Lihat Gindwana di sebelah selatan. Masa ini juga waktunya hutan tropis mulai berkembang di sekitar khatulistiwa (equator).

Awal Jaman Karbon (356 Mya)

Awal Jaman Krbon 342 Mya

Pada masa Karbon (Carboniferous) samodera Paleozoikumdiantara  Euramerica dan Gondwana mulai menutup, membentuk pegunungan Appalachian dan Variscan. Salju dan es mulai menutup kutub selatansaat itupula binatang berkaki empat (vertebrata) mulai berevolusi disekitar rawa-rawa yg nantinya menjadi batubara di sekitar khatulistiwa (Equator).

Jaman Akhir Karbon (306 Mya)

Jaman Karbon akhir (306 Mya)

Pada akhir Jaman Karbon (Late Carboniferous, 306 Mya) benua yang membentuk  North America dan Europe bertemu denganbagian selatan benua Gondwana. Saat itu sudah terbentu setengah dari superbenua Pangea.  Es menutupi kutub selatan dan rawa-rawa pembentuk batubara tersebar luas di khatulistiwa.

Bersambung …

Bacaan terkait :

Sumber gambarhttp://www.scotese.com/.

9 COMMENTS

  1. Buat M.Arief : mnurut saya sih kyk bener pak dulunya laut. Dari deskripsi bapak sptnya batuan itu termasuk batuan karbonat klo dlm istilah geologi. Terbentuk umumnya di lingkungan laut dangkal (laut dlm jg ada sih). Selain crita plate tectonic, ada juga crita Sea level alias muka air laut di muka bumi yg sejak dulu ampe sekarang “naik turun”. Misalnya 125.000 thn lalu (klo ga salah), muka air laut kira2 25-30 m (ada juga yg spekulasi 100m) lebih tinggi dr skrg pengaruh volume es di kutub utara. Untuk penjelasan lebih lanjut Pak Dhe lebih capable pastinya. saya cuma umpan lambung aja. hehe…

  2. Kalo Kabupaten Gunungkidul, gimana sejarah geologisnya, pakde? Termasuk di bagian mana pada jutaan tahun yg lalu?
    Jelas termasuk pegunungan karst dg kekayaan air berlimpah jauh di bawah tanah, tapi dikenal sbg wilayah sulit air.
    Saya banyak menemukan batu2 berbentuk keong/siput, juga kerang.
    Apa bener dulunya laut?
    (Mudah2an kalo yg ini dijawab)
    Trims.

Leave a Reply