21-12-2012 – Ki Amat, Nyi Amat atau Sekedar Kehabisan Angka.

34

pbe0084l[1]Y2K dan Maya yang Kehabisan Angka.

Mengapa 21 Desember 2012 dianggap sebagai doomsday atau hari kiamat ?

Ceritanya barangkali mirip dengan Y2K yang dikenal sebagai Millenium Bug. Dahulu ketika awal komputer dimulai, penulisan tanggal menggunakan 6 digit atau 6 angka. Penulisan penanggalan menggunakan DD/MM/YY yaitu tanggal bulan tahun yang dituliskan 12/03/63 untuk 12 Maret tahun 1963. Namun  saat akan memasuki tahun 2000, angka tahun menjadi 00. Angka 00 ini diperkirakan akan mempengaruhi seluruh sistem penanggalan di bumi. Dan dikhawatirkan akan menjadi hari kiamat untuk semua sistem yang menggunakan tanggal untuk aktifasinya tanggal.  Tentusaja komputer tidak akan menjalankan mesin atau membuat expire semua yang menggunakan tanggal sebagai kontrol aktivasinya.

Ditakutkan pada saat itu kartu kredit, ATM, rekening, pompa bensin, cash register dll akan mampus di awal tahun 2000. Apa yang terjadi ketika jam 00:00 tanggal 01 Jan 2000 ?

Semua berjalan normal. Tidak ada kejadian aneh. Tidak ada penutupan rekening, tidak ada kekacauan kartu kredit dll. Semua aman. Terkendali. Barangkali saja karena semua sudah siap. Namun yang pasti kita sekarang tahu bahwa Millenium Bug bukan hari kiamat komputer.

Demikian juga cerita 21 Desember 2012 (21/12/2012). Marufin menjelaskannya mirip seperti di atas :

Berakhirnya kalender Maya di 21 Desember 2012 itu lebih disebabkan oleh berakhirnya siklus kalender, yang disebabkan oleh “kehabisan angka”. Sistem Kalender Maya berbasiskan pada bilangan 20 (bi-desimal) , berbeda dengan kalender lainnya yang berbasiskan bilangan 10 (desimal). Mengutip tulisannya mbak Avivah Yamani di langitselatan. com, dengan metode penulisan 0.0.0.0.0 dan hobi-nya suku Maya dengan siklus 13 dan 20.

Start kalender Maya ini ekivalen dengan 11 Agustus 3114 BCE, maka posisi 13.0.0.0.0 sebagai angka terbesar dalam kalender Maya ini akan ekivalen dengan 21 Desember 2012.

Nah setelah 13.0.0.0.0 ini terlampaui, kalender Maya tidak mengenal angka 13.0.0.0.1 atau yang lebih besar, karena akan kembali ke posisi 0.0.0.0.1 alias angka paling kecil. Inilah yang dimaksud dengan “kehabisan angka” tadi. So, satu hari setelah 21 Des 2012 itu, atau pada 22 Desember 2012, kalender Maya memulai siklus barunya dengan angka 0.0.0.0.1.

Nah apakah nanti juga akan menjadi dooms day atau hari kiamat ?
Atau hanya di reset mulai dari satu lagi ? Ini yang sering digemborkan sebagai ramalan Bangsa Maya.

Apa saja yang terkait dengan ramalan ini ?

Planet alignment

Salah satu yang diisukan juga adalah terjadi planet yang segaris. Namun issue ini dibantah oleh NASA karena pada tanggal itu bukan terjadi alignment planet tetapi diramalkan terjadi badai EM (electro magnetic).

Nah kalaupun terjadi kesejajaran planet apakah bener menyebabkan kiamat ?

Planet alignment atau kesejajaran planet sebenernya terjadi berkali-kali di bumi ini. Bahkan yang paling sering adalah bulan-matahari-bumi segaris pada setiap tahun. Ya pada setiap pergantian tahun itu terjadi posisi ketiga benda langit ini segaris.

5-5-2000above[1]
5 Mei 2000 dipandang dari kutub utara Matahari
Pada tanggal May 5, 2000, apa yang terlihat dari kutub utara Matahari adalah seperti disebelah kanan ini. Dari yang paling bawak ke atas Bumi, Matahari, Mercuris, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus.

Bulan mana ? Wah ngga kelihatan, karena terlalu kecil tetapi bulan saat itu segaris dengan bumi dan matahari. Namun bulan merupakan benda langit yang gaya grafitasinya paling besar pengaruhnya di bumi.

Kondisi ini memang tidak benar-benar satu garis lurus. Tetapi posisi seperti inipun sangat jarang terjadi pada planet-planet di sekitar Bumi kita. Walaupun sudah berkali-kali terjadi, tentusaja, lah kan usia bumi saja sudah 4 milyar tahun.

5-5-2000[1]
Kesejajaran planet 5 May 2005
Kejadian ini tentusaja sudah berkali-kali di alami oleh bumi seperti yang terjadi pada tanggal 5 May 2005, pakah hingga 2012 juga akan berulang ?

Apa akibat alignment planet ini ?

Yang paling terasa barangkali gravitasi yang terpusat akibat kesejajaran planet ini. Namun kalau dilihat pada tabel dibawah ini, pengaruh benda langit terbesar adalah bulan. Sedangkan planet terbesar Yupiter hanya mempengaruhi sebesar 0,01 (1%) dari dari gravitasi bulan.

GravitasiPlanet
Perbandingan besarnya gaya grafitasi di bumi akibat benda langit. Bulan dianggap 1.

Jadi kemungkinan besar akibat persejajaran ini pada gaya gravitasi tidak akan ngefek secara signifikan di bumi.

Badai EM (Elektro Magnetik)

sumber : http://www.photosfan.com/
Badai EM memang juga diperkirakan akan terjadi diantara tahun 2011-2012. Seorang kawan saya, Ma’rufin, pernah menjelaskan Model2 matematis yang dikembangkan NASA menyebut badai Matahari ini akan menyamai peristiwa Carrington 1859 silam, dengan efek yang merusak terhadap sistem telekomunikasi, satelit dan kelistrikan.

Sebagai gambaran, badai Matahari 1989 (yang kekuatannya mampu membelokkan arah jarum kompas hingga 7 derajat dari magnetic north) mengakibatkan kerusakan pada trafo listrik Ontario Hydro dan menyebabkan sebagian AS dan Kanada mengalami mati listrik hingga 9 jam. Dan dalam badai Matahari 2011-2012 (yang diperkirakan mampu membelokkan arah jarum kompas hingga 15 – 20 derajat), tentunya kerusakan itu bisa menjangkau daerah yang lebih jauh, bahkan hingga ekuator.

Apakah kita akan mengalaminya juga ? Tentusaja tidak ada yang tahu pasti. Tetapi saat ini penggunaan kompas sebagai alat untuk navigasi sudah sangat terbatas.

🙁 “Wah hiya Pakdhe, gimana kalau kompasnya mbelok-belok sampai 15 derajat, jalannya bisa salah arah nih ?”

😀 “Thole, saat ini jarum kompas sudah mulai ditinggalkan diganti dengan GPS yang memanfaatkan sattelit. Nah semoga saja jangan sampai listriknya padam karena trip atau njegleg !”

Kalau toh emang tanggal 21 Desember 2012 itu kiamat maka pesan saya satu dibawah ini

Kita harus tetap menanam biji-bijian (bekerja dan mengejar prestasi) walaupun kita tahu besok kiamat. Bagaimana dengan bertobat ? Bercocok tanam lebih mulia ketimbang hanya duduk sambil bertobat kalau tahu besok kiamat !

🙁 “Looh … Jadi ngga perlu tobat, Pakdhe ?”

😀 “Tobat itu harus dilakukan karena menyadari kesalahan bukan karena besok mau kiamat, Thole”

Bagaimana dengan issue Planet Nibiru yang melintas ?

Ah, Nibiru sudah menjadi mitos mirip dengan mitos benua Atlantis. Tidak ada bukti-bukti ilmiah yang diketemukan hingga sekarang.

34 COMMENTS

  1. kalau masalah kiamat hanya allah lah yang tau… klta sebagai umat nabi muhamad cukup berpegang teguh kepada syareat islam… dengan itu kita dapat perlindungan dari allah untuk menghadapi hari kiamat tersebut….

  2. Pak De, Akibat badai magnetik kompas terganggu begitu juga GPS kan??? Semua yang menggunakan fasilitas gelombang elektromagnetik bakal ada gangguan. Tks tanggapannya.

  3. Pak De, Akibat badai magnetik kompas terganggu begitu juga GPS kan??? Semua yang menggunakan fasilitas gelombang elektromagnetik bakan ada gangguan. Tks tanggapannya.

  4. ibarat orang sakit keras yg mau meninggal yg secara kasat mata sudah kliatan tanda2nya,tapi ga ada yang tau kapan dia meninggalnya bisa tar sore,bsok pagi,minggu depan bhkan msh berbulan2 lg. Begitu juga dgn kiamat,ga ada yg mampu memprediksi kpn tiba hanya tanda2 itu sdh mulai nampak skrg. Selama suara adzan msh berkumandang Allah tidak akan menghancurkan bumi ini.

  5. masalah kiamt ada 2 . sugro (kecil) contoh orang meninggal tiap hari ada dan kubro(besar) sekali dalm dnia ini. klo diramal tgl 21 des 2009 bkl terjadi kiamat kubro hanya ALLAH Yag Maha Mengetahui ma sperti gempa blm da yg bs prediksi. itu hanya rekayasa manusia aja biar filmy laku dipasaran itu hanya isue yg menyesatkan jgn percaya

  6. Yah… kalo kiamat bener tanggal segitu ya aku terima aja..
    Yang penting setelah tanggal 12 desember nya..

    Kenapa ??

    Karena itu hari ultah ku n pas banget penghabisan kontrak ruko
    🙂
    hehehe….

  7. Hari Kiamat atau Hari Terakhir Penantian bagi insan bernyawa pasti akan meninggal…..Permasalahannya disini Hari Kiamat itu tidak ada seorang pun yang tahu. Para Malaikat pun tdk akan tahu kapan terjadinya Hari Kiamat, apalagy qta sebagai manusia….. Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu…..

    Perbanyaklah amal ibadah sholat, bertobatlah sebelum terlambat.. jangan tobat sambal…….

  8. Sugeng ndalu pakde.
    Bingung ngeliat org2 panik ngomongin kiamat….,yg pasti Bumi makin tua…,manusia makin serakah…abis2 kan SDA ..,pdhl alam juga musti diberlakukan secara bijak …….Hutan abis..,air tanah abis disedot…,lingkungan rusak…,pencemaran parah..,ozon bolong2…..,
    pastinya smua org musti instropeksi diri donk….dan kembali pada evolusi yg wajar dan natural….matur suwun pak de.

  9. Secara umum pakde terlalu memudahkan urusan dengan asumsi “orang Maya kehabisan angka”. Padahal sejatinya pasti tidak sesederhana itu.
    Salam pakde.

  10. suatu uraian mantaps pak dhe…. kalau dipikir dengan akal manusia tentu kita bisa meramalkan tanggal terjadinya karena akal manusia itu sebagiannya berupa nafsu pak dhe semestinya yang benar itu kita berpikir dengan keimanan…..
    Wah hanya lebih keren lagi kalau misalnya pak dhe mengkaitkan dengan sejarah geologi bumi seperti PANGEA……

  11. hebat tuh yang bikin pilem 2012, dia gak mati sampe pilem nya kelar, masih sempat syuting dan ngedit sampe ngasi special efek sama pilemnya, padahal sudah terjadi kiamat sebelumnya (selama pilem berlangsung).
    dunia yang aneh memang…

  12. Yup.. lagipula sejak kapan manusia bisa meramal kiamat. Memang ada yang sudah pernah pengalaman dengan kiamat? haha..Tapi saya masih percaya kalau ada peristiwa-peristiwa yang belum bisa dijelaskan manusia pada saat badai EM atau kesegarisan terjadi. Kalau kiamat? Hmm.. Saya malah berpikir bahwa yang bikin kiamat itu manusia sendiri, bukan peristiwa alam.

    Oia, Sekedar info nih. Tanggal 26 November 2009 Brad Sugars, pengusaha internasional dan business coach ternama dari Australia akan datang ke Indonesia, tepatnya di Jakarta International Expo, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Dia akan berbagi pengalaman dan teknik-tekniknya membesarkan bisnis. Info tentang Brad Sugars bisa di lihat di alamat ini.

    Untuk reservasi hubungi:
    Studio Samuan
    Rukan Permata Senayan Blok D-33
    Telp : 021 3713 6165
    0857 153 20001 (Ning Mahayu)
    Fax : 021 5794 1173

  13. yaaaahhh..
    berhubung kiamat pasti terjadi..
    sebaiknya manusia cepet2 tobat. kan lumayan buat siap2.anggap aja ngumpulin dana buat ke sorga.
    so.. jgn cm ngributin kiamatnya, tp siap ga kita kl kiamat datang besok..

  14. napa cIe semua orang pada rIsik ma yang namanya kiamat low emang kiamat bisa di ketahui gak seru donk jadi kasihan ma orang-orang yang sholeh. orang sholeh mereka seakan-akan beribadah selama ia hidup sedangkan orang yang selalu bermaksiat mereka menyimpulkan “ahk tar aja kiamatnya juga masih lama,,???,, jadi jangan pernah percaya ma isu-isu kiamat karena hanya ALLah lah yang tau………….,, jadi berpandai-pandai saja berserah diri dan mendekatkan diri kepada ALLAH swt………

  15. napa cIe semua orang pada rIsik ma yang namanya kiamat low emang kiamat bisa di ketahui gak seru donk jadi kasihan ma orang-orang yang sholeh. orang sholeh mereka seakan-akan beribadah selama ia hidup sedangkan orang yang selalu bermaksiat mereka menyimpulkan “ahk tar aja kiamatnya juga masih lama,,???,, jadi jangan pernah percaya ma isu-isu kiamat karena hanya ALLah lah yang tau………….,, jadi berpandai-pandai saja berserah diri dan mendekatkan diri kepada ALLAH swt………….

  16. Berserah diri pd yg Maha Kuasa adlh seglanya jangan kuwatier dah ada yg ngatur kok suer yg penting jo lali sama nasi megono lan mendoank e ok….

  17. Kalau Y2K bisa menginspirasi film “Entrapment” yang ada Catherina Zeta Jones dan Sean Connery, 2012 menginspirasi film “2012”.

    Film tentang bencana alam besar selalu menarik untuk ditonton.

    Kalau 2012 betul-betul kiamat. Aku bakal buka bisnis wisata kiamat.
    Kiamat maupun tidak kiamat, bisnis jalan terus.
    The Show must go on! Itu kata Queen.

  18. biasa2 ja, nama nya juga isu….
    yang lebih penting, siap kah kita mengahadapinya jika benar2 terjadi kiamat pada saat itu?
    dari itu,memperbanyaklah amal….

  19. Kalau menurut Insinyur Kimia seperti saya, kiamat akibat terjadinya kenaikan derajat ketidakstabilan alam semesta lah yang harus kita waspadai (kenaikan entropi bumi), seperti global warming, climate change dan cathastropic hurricane. Tapi itu masih bisa dicegah dengan menurunkan suhu bumi…

    Salam from Mas Tri

  20. Pak De, Bagaimana dengan posisi tata surya kita berada di tengah bimasakti pada tanggal tersebut? apa efeknya?

    –> Posisi mempengaruhi grafitasi, tetapi kalau dilihat besarannya tidak akan signifikan. Seperti dalam tabel itu. Efek grafitasi terbesar adalah bulan.

Leave a Reply