Gempa lagi di Sumatra Selatan – SIAGA !!

40
Gempa di South Sumatra

Belum lagi duka dan perncarian korban di Padang, kini gempa merembet ke Sesar Semangko.

Sangat memprihatinkan. Gempa kali ini hanya kedalaman 24 KM. Sangat mungkin akibat pergerakan sesar Semangko. Sangat mungkin gempa ini terpicu oleh getaran sebelumnya.

Dua gempa berturut-turut. 30 Sepe dan 1 Okt 2009
Dua gempa berturut-turut. 30 Sept dan 1 Okt 2009

Gempa di South Sumatra

Kalau melihat skala MMInya cukup mengkhawatirkan. Kota Bengkulu merupakan kota terdekatnya. Sungaipenuh merupakan kabupaten yang mungkin akan merasakan paling parah.

Siagakan semua !!!

intensity[1]Terpicunya gempa dan gempa susulan bisa dibaca disini :

Bacaan terkait :

40 COMMENTS

  1. Pak pa kah benar tgl 20 ini kan terjadi gempa susulan lagi, di net yang menggatakan supaya kita harus waswas pada tgl 20, pa kah mungkin tu kan terjadi pak. rico tampati-kerinci-jambi

  2. Semua gempa yang terjadi di indonesia adalah PERINGATAN KERAS dari ALLAH SWT. agar masyarakatnya mendekatkan diri kepadaNYA,,, jika sudah di beri gempa sekuat itu namun masyarakatnya tetep ga berubah,,, jangan heran, gempa akan selalu terjadi di Indonesia… Semua udah ada di Al-Quran… Coba kita amati karakter penduduk n bangunan yg hancur karena gempa, itu karena mereka durhaka kepada ALLAH. Naudzubillah…. Bertobat n bertawakkalah kalian penduduk Indonesia. Semoga tobat kita semua di terima olehNYA. Amien..

  3. sy berturut berduka cita ats terjadinya gempa di sumatra… warga sumatra yg tabh y,mungkin ini ujian dri allah swt. oia,minta info,tentng gempa di jawa barat donk????

  4. Mas Rovicky, (Pakde) YTH, saya ingin konfirmasi untuk verifikasi atau falsifikasi inforamsi yang saya dapatkan ini, benar atau tidak? Mungkingkan Gempa Bumi dan Tsunami dapat dipicu oleh perbuatan ulah manusia sebagaimana yang diceritakan beberapa situs dalam link berikut ini.

    Ya, Allah, seandainya informasi ini benar, maka benarlah wahyu-Mu: “Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan, akibat perbuatan ulah tangan manusia.” (Al-Quran S:….). Dan betapa Zalimnya para Teknokrat dan Pengusaha Minyak Global yang melakukannya. Betapa bodohnya masyarakat dan rakyat yang membiarkan buminya dirusak bangsa asing itu.

    — On Mon, 10/5/09, ing ngarso wrote:

    From: ing ngarso
    Subject: Re: Gempa padang disengaja?
    To: [email protected], [email protected]
    Date: Monday, October 5, 2009, 8:02 AM

    Chemtrails yang saya lihat tidak sebanyak ini tapi jelas memanjang dilangit. Dugaan saya HAARP karena tidak ada suara jet yang melintas saat itu. Muga-muga saya salah ya

    Pada 5 Oktober 2009 14:58, ing ngarso menulis:
    Assalamu’alaikum pak, ini articles yang menarik mengenai gempa Aceh dulu.
    http://portland.indymedia.org/en/2004/12/307042.shtml
    http://pesn.com/2005/01/12/6900060_Oil_Earthquakes_and_Tsunamis/earlier_draft.htm
    http://pesn.com/2005/01/25/6900062_Exxon_Tripped_Indonesian_Tsunami/
    http://www.thetruthseeker.co.uk/article.asp?ID=2668

    Beberapa hari sebelum gempa padang, dalam perjalanan menuju wonogiri, saya melihat awan chemtrails di arah Sumatra. Pertanyaannya, apakah gempa padang disengaja?

  5. turut berduka cita yach,,,semugah para korban diberi ketabahan dan semugah tidak ada gempa susulan,apa lagi gempa susulan-y d’pulau jawa…

  6. gempa di sumatera selatan pakde?dimana pak?bukannya bengkulu n jambi udah jd provinsi sendiri n terpisah dari sumsel????
    kalo sumsel, southern sumatera?itu khan bukan south sumatera ya??
    kalo bener ada warning di sumatera selatan…..berarti warning bwt palembang n muba ya pakde???
    weitzz…..kita2 orang yang kerja di conoco-philips kudu mulai ambil kuda2 bwt kabur niech…..ngatcriiiiit!!!!
    btw. tolong jlasin dhownk pakde, sumatera selatan bag mana aja yg bakal dilewati by sesar semangko??

    best regards.

    • Secara general gempanya “menjalar” keselatan. Sila baca ramalan eh baca analisa tegangan yg berpotensi gempa sumatra yg dibuat kieh dkk di salah satu artikel disini. Waktunya emang belum tahu atau masih mustahil tahu. Tapi penumpukan ini jelas ada.

  7. Belum kering air mata ini mengalir..
    Belum turun tangan ini menengadah..
    Kenapa KAU Berikan lagi cobaan ini Ya ALLAH..
    Kami sadar semua KehendakMU..
    Kami sadar semua itu kuasaMU..
    Dan kami sadar bahwa semua karena kami sering melalaikanMU..

    Untuk para korban sabar ya..
    Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan..

  8. Mari kita berlomba-lomba memberikan bantuan kepada saudara kita yang tertimpa musibah semampunya!!!! kedepan, sebaiknya kata-kata waspada yang disosialisasikan pakde vicky lewat blog ini dapat diterjemahkan seperti tulisannya pak Bandono di kompas 2 oktober 2009, yaitu hidup bersama gempa dengan enam upaya : program riset di bidang gempa, membangun sistem peringatan dini yang andal, memberi pendidikan, pelatihan, penyadaran, dan geladi bagi masyarakat dan petugas pelaksana penanggulangan bencana, membangun kesiapan pelaksanaan evakuasi dan tanggap darurat, meningkatkan kelembagaan dan tata laksana koordinasi, dan melaksanakan rencana pengembangan wilayah dan pembangunan yang aman.Sedangkan pak Danny Hilman dkk telah mengkaji kemungkinan adanya gempa (walaupun day-daynya gak mungkin tahu). Nah tunggu apa lagi…… , tinggal kemauan yang berwenang dan masyarakat untuk menyikapinya. Semoga kalau ada gempa yang lain tidak memakan korban sebanyak di yogya dan padang ini. amin.

  9. terima kasih infonya…
    untuk semuanya mulai sekarang agar lebih waspada, tingkatkan kepedulian terhadap saudara kita yg terkena musibah. dan berdo’a lah semoga bencana ini segera selesai.. berganti Rachmat serta barokah yang berlimpah dari Yang Maha Kuasa…amiin.

  10. […] Gempa lagi di Sumatra Selatan – SIAGA !! Belum lagi duka dan perncarian korban di Padang, kini gempa merembet ke Sesar Semangko. Sangat memprihatinkan. Gempa kali ini hanya kedalaman 24 KM. Sangat mungkin akibat pergerakan sesar Semangko. Sangat mungkin gempa ini terpicu oleh getaran sebelumnya. Kalau melihat skala MMInya cukup mengkhawatirkan. Kota Bengkulu merupakan kota terdekatnya. Sungaipenuh merupakan kabupaten yang mungkin akan merasakan paling parah. Siagakan […] AKPC_IDS += "11069,";Popularity: unranked [?] […]

  11. Pak Dhe – saya baru baca artikel berikut yang ditulis oleh Kerry Sieh.
    (http://bit.ly/ljE9Y). Saya mendapat informasi banyak tentang ancaman gempa di Sumatra dari artikel tersebut.

    Apakah yang dia tuliskan sudah menjadi konsensus, atau ada pendapat lain?

    Sepertinya tulisan tersebut perlu diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga orang bisa mengerti apa yang sedang terjadi.

  12. pakdhe, kayaknya klo diliat pusat gempa 30 sept dg pusat gempa 1 oktober tu memang patahan masih menyambung yak. meskipun gempa 1 oktober di sesar semangko tetapi sepertinya ada patahan yang menyambung dari sesar semangko ke pusat gempa 30 september

  13. September saja, terdapat 3 gempa yang kuat, 2 September di Tasikmalaya, 18 September di Bali, 30 september di Padang dan hari ini susulan di Sumatera…Amat menankutkan.

    Adakah gempa ini akan berhenti selepas plat bumi kembali stabil? Apa kesannya terhadap gunung berapi?

    انّالله و انّا الیه راجعون Apa pun, saya amat bersimpati dengan mangsa.

  14. HOTLINE GEMPA SUMATERA BARAT:0751 9824971 sd 9824980. FREE CALL –> saya coba telpon 0751 9824971 tak ada suaranya apa2 , 9824980 malah seperti suara mesin tik ……………….

    kalo sempat boleh cek juga “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang ” di blog saya ….

    salam …

  15. lumayan bisa jadi bahan berita bagi media….

    apalagi jika terus berlanjut, bersusul-susulan,
    media pun akan memberitakan bersusul-susulan…

    LANJUTKAN!

  16. Mungkin Tuhan mulai bosan……………hikz2..T.T
    turut brduka…semoga korban meninggal dpt d terima di sisi Alloh.. n bwt smw korban lbh sabar,,, yakinlah ada kemudahan di balik kesulitan,, tu janji alloh

    Bwt pemerintah,,smoga bantuan cpat terslurkan…

    aWas yo,,, bwt para OKNUM tak bertanggungjwb yG berni menYelewengkan bantuan..tak sumpahin masuk neraka JAHANAMMMMM……

  17. aq dulu di jogja n kena gempa dan sekarang di bandung, bagaimana dengan sesar lembang mas rovicky , daerah mana saja yang dilalui sesar lembang ? jenis sesar apakahsesar lembang itu ? kayaknya bukan dari arah selatan jawa ? sepertinya patahan tersendiri ? maaf nanyanya banyak. trims sebelumnya

  18. Gempa bakal bergeser ke pulau jawa lagi nggak ya? Karena dari kemaren keliatan saling bergantian antara pulau sumatera dan Jawa.

  19. saya sependapat Pak… sesar semangko sagat pas posisi nya… ini mungkin juga bisa dikorelasikan dengan paper yg telah ada mengenai pulau sumatera kalau ga salah oleh Awang Harun Satyana, dimana akibat tabrakan oceanic plate sisi baratnya terdorong relativ NW sehingga menghasilkan pergerakan dextral dari sesar semangko… sehingga daerah sekitar sesar semangko menjadi rawan…
    bagai mana pendapat pak rovicky dan yang laen mengenai vulcanic arch nya sumatera, apakah akan ikut terpicu untuk aktif…

  20. setelah gempa padang, cepat sekali gempa merambat ke Jambi dan Bengkulu pagi ini …

    jika sempat silahkan berkunjung ke blog saya ttg gempa Padang, Jambi lalu Bengkulu …

  21. Bagaimana kemungkinan dengan Jogja pakde? Apakah akan memicu juga lempeng yang kemaren sempat ‘mletik’ di Jogja? Please.. give us more information pak de… Salam Waspada dan Siaga!

Leave a Reply