Gempa di Selatan Jawa ! 7.0 Magnitude

28

eqmap 2 Sept 2009

Earthquake Details USGS

Magnitude 7.0 (magnitude — updated )
Date-Time
  • Wednesday, September 02, 2009 at 07:55:02 UTC
  • Wednesday, September 02, 2009 at 02:55:02 PM at epicenter
Location 8.223°S, 107.349°E
Depth 49 km (updated)
Region JAVA, INDONESIA
Distances
  • 142 km (88 miles) SW (226°) from Tasikmalaya, Java, Indonesia
  • 144 km (89 miles) S (190°) from Bandung, Java, Indonesia
  • 156 km (97 miles) SSE (159°) from Sukabumi, Java, Indonesia
  • 242 km (150 miles) SSE (164°) from JAKARTA, Java, Indonesia
Location Uncertainty Error estimate not available
Parameters NST=011, Nph=011, Dmin=311.2 km, Rmss=0.78 sec, Gp= 94°,
M-type=”moment” magnitude from initial P wave (tsuboi method) (Mi/Mwp), Version=1
Source
Event ID at00187810

105_-10

Menurut USGS kedalaman gempa 49 Km (updated), sedangkan BMG memperkirakan kedalaman gempa 30 Km (+/- 10Km). Kalau gempa ini diikuti longsoran bawah laut tentusaja tetap mampu memicu terjadinya tsunami. Semoga tidak ada tsunami yang mengikutinya.

Gempa ini terasa hingga di Jakarta, Purworejo, Yogyakarta … bahkan hingga Singapura !

Informasi Gempa Bumi atau Tsunami BMG

Peringatan Tsunami akibat Gempa Mag:7.3 SR, 02-Sep-09 14:55:00 WIB,dinyatakan BERAKHIR/SELESAI ::BMKG

=====

Demikian Informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.


Informasi Gempa Bumi atau Tsunami BMG
====================================
Peringatan Tsunami akibat Gempa Mag:7.3 SR, 02-Sep-09 14:55:00 WIB,dinyatakan BERAKHIR/SELESAI ::BMKG
============================================================
Demikian Informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

us2009lbat_ciim[1]

Sewaktu gempa ini sedang terjadi yang bikin laporan pandangan mata justru Bude Laras yang lagi di Jakarta ! Nelpon sambil teriak panik karena semua dinding bergetar, lah dia sedang di Lantai 10 Belezza … Alhamdulillah semua slamet.

Dan karena dongengan gempa ini dibuat di dekat TwinTower, konon gempa inipun diklaim miliknya Malaysia … Penyebabnya karena gempa ini pusatnya ada di Tasek Malay … (salah denger kata Tasikmalaya) … hallah !

28 COMMENTS

  1. Kt smua ikt prihatn melht sdr2 kt yg kena musibh,mk dr itu kita hrs sdr dr n jgn berbuat dosa trus,taubatlah hai saudaraku..:-o:-o

  2. janganlah bicara begitu… kita sesama rumpun tak mau saudaranya dihina segitu…

    Pembantuku juga dari Indonesia… sudah hampir 8 tahun bersama sebagai ahli keluarga..

  3. unutk hari ini paatut di waspadai adanya pelepasa energi yang besar letakya di pesisir selatn jawa menuju barat sumatra agar selalu waspada . salam sedjati

  4. pak dhe rovicky..thanks ulasannya kalo urutan beberapa hari ini tasik 7.3…terus ujungkulon 5.6..terus bengkulu 5.4 terus yogya 6.8…tadi jam 11 malam. berikutnya dimana ya pak dhe. pantai selatan jawa lagi gak ya?

  5. ne barusan da gempa di selatan wonogiri dg koordinat 10.38 LU n 110.55 BT…. 6,3 skala richter… lumayan terasa… tapi sebulan ini sering terasa gempa di jogja….

  6. wooo … pakde telat niih.

    saya di jakarta. beberapa menit setelah itu saya cek usgs masih belum update. di detik hanya update berita cuman isi 2 baris. bmkg yg paling update langsung dilansir detikcom di berita berikutnya.

    saya sendiri di jakarta dalam gedung berlantai 3, ruangan saya di lantai 2 tidak terasa heboh. hanya orang2 saja yang lebih heboh.

  7. 7,0 boo.. baru kali ini seketir ini, bnyk yg retak n bbrp rubuh, tp syukur smua slamat alhmd.
    lam knal dr tasik, doakn mg ga dklain jd ngara bagian malaya 🙂

  8. Saya di lantai 19, berasa banget, dan orang-orang banyak yang panik. Ketika turun lewat tangga, goyangan berasa terus. Hanya dalam hati saya selalu berkata could not be the worst. Alhamdulillah, cuma pegel doang, karena menuruni 19 anak tangga.

  9. Wah…aku juga kaget banget kemaren.Soalnya waktu itu aku lagi asyik telpnan ama temenku ga taunya kaki ko bergerak sendiri n kepala pusing.Ga taunya gempa…..
    Langsung aja QT2 pada keluar gedung, takut terjadi apa2…
    Semoga diberi ketbahan bagi yang terkena musibah ini….amin….

  10. De kalo habis gempa trafik HP semua penuh gak ada yg bisa di tlp. gimana caranya biar bisa minta tolong kalo jadi korban gempa dan cuma bawa HP

  11. hehehe…
    tulisan yang paling belakang itu sudah beredar di milis2 yang tak ikuti
    aku termasuk penyebarnya
    [tapi ada yang klaim di Johor loh pak Dhe, hehehe…]

    salam

  12. berbah, jogja juga kerasa banget.

    Pak De apakah ini jd peringatan ya. beberapa hari ini sering banget gempa. apa mungkin akan ada gempa besar lg ya ?

    salam hangat selalu

    nb: Malingsia ke laut aja!

  13. Kenapa kok cuman longsoran laut yang bisa bikin tsunami? Kalau gempanya aja nggak bisa bikin tsunami ya? Mohon pencerahan Pakdhe…. Matur nuwun.

  14. iya dhe … barusan kerasa nih di jogja … mana pas dilantai atas lagi … lumayan lama … tapi emang ga terlalu “keras” tapi lamaa …
    wah2 gimana yang dijakarta dan tasik ya pakdhe ??
    mari berdoa untuk keselamatan semua …

Leave a Reply