Scenario Planning, membuat dongeng masa depan.

0

scenScenario Planning ? (disarikan dari www.shell.com)

Ketika membaca kata scenario sering kita yang di indonesia berfikir soal cerita yang akan dibuat dalam sebuah filem atau pertunjukan. Dalam benak kita sering kali skenario berarti sesuatu yang direncanakan akan terjadi dalam sebuah filem, pertunjukan bahkan panggung politik dalam menghadapi sesuatu kejadian nanti.

Namun skenario yang saya ungkapkan disini hanyalah sebuah “cara” untuk menghadapi tantangan perubahan yang saat ini unpredictable, everything is possible, serta kadang-kadang berhadapan dengan situasi yg tidak ada pilihan lain yang dikenal dengan nama TINA (There is no alternative).

Scenario merupakan rekayasa cerita-cerita masa depan dengan memanfaatkan banyak sekali variabel / faktor yang dipakai serta diintegrasikan sedemikian sehingga dapat dikomunikasikan atau disebar luaskan dan bermanfaat. Karena ketidakpastian yang kita peroleh hari ini scenario ini diharapkan akan membantu dalam pengambilan keputusan untuk masa depan.

Shell mendefinisikan scenario seperti ini :

Scenarios are carefully crafted stories about the future embodying a wide variety of ideas and integrating them in a way that is communicable and useful. They help us link the uncertainties we hold about the future to the decisions we must make today” (shell)

Ketika menghadapi situasi serta kehidupan sehari-hari secara natural manusia cenderung menggunakan referensi (“frame“) yang ada pada dirinya utk melihat dunia. Tujuan dari sekenario ini adalah memanfaatkan semua ‘frames
personal-personal ini, sehingga skenario ini lebih menghormati adanya perbedaan cara pandang ini dibandingkan untuk tujuan mencapai konsensus bersama.

Skenario dipakai untuk membantu ketika menghadapi situasi ketidakpastian dari beberapa faktor yang berinteraksi secara kompleks dan biasanya sulit sekali dianalisa secara numerik. Skenario adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan apa yang telah dilihat oleh masing-masing individu yang diungkapkan dalam bentuk cerita, kisah, gambaran dan seringkali juga ekspresi dari si pembuat skenario.

Dengan penggambaran cara pandang yang lebar ini dalam bentuk cerita diharapkan skenario ini dapat dengan mudah dikomunikasikan, menunjukkan dan memperlihatkan apa yang mungkin akan berubah atau juga terjadi kemandegan (discontinuity) dari sebuah proses. Skenario ini akan membantu untuk membuat sebuah bahasa komunikasi antar disiplin dan juga berbagi rasa mengenai tantangan kritis, kemungkinan respons yang akan diambil juga aksi yang solid dalam kebersamaan.

Sekenario yang bagus akan menggali berbagai (lebih dari satu) ‘kemungkinan akan terjadi’ (possible) dan tidak hanya ‘sepertinya akan terjadi’ (probable). Sehingga dapat membantu pemakainya ketika menghadapi perubahan. Skenario ini juga ditinjau lagi dalam periode tertentu sesuai dengan kebutuhan 3-4 tahun, 1-2 bulan, bahkan mungkin 2 mingguan (misal untuk tujuan politik).

ūüôĀ “Nah ini Pakdhe, bikin scenario Plipres 2009 donk !”

Shell merupakan perusahaan raksasa yang telah bertahan lebih dari 100 tahun, tidak banyak perusahaan dunia yang dapat bertahan selama lebih dari seabad ini. Scenario planning merupakan salah satu langkah Shell ketika menghadapi perubahan diluar. Shell telah memanfaatkan ‘scenario planning’ ini sejak 1970-an ketika harga minyak mulai menanjak dan tak terkontrol. Sudah banyak perusahan serta politisi serta manajement yang tertarik dengan scenario planning ini.

“The only relevant questions about the future are those where we succeed from shifting the question from whether something will happen to what we would do if it did happen” – Arie de Geus

Jadi skenario bukanlah sesuatu yang direncanakan, bukan ramalan juga bukan operating procedure. Skenario lebih banyak dipakai untuk menyamakan persepsi ketika terjadi perubahan. Sehingga ketika sebuah perubahan terjadi maka bagi yang mempunyai skenario tidak akan lebih terkaget-kaget dibanding yang tidak memiliki skenario apapun.

dongeng_geologiApabila anda tertarik dengan contoh-contoh scenario planing yg dikembangkan oleh Shell anda dapat men-download lewat www.shell.com.

Ini tulisan lama ketika saya masih bekerja untuk SHELL Brunei tahun 2001. Nah nanti dibuat dongeng dengan menggunakan skenario … kita lihat bagaimana menggunakan skenario ini utk pilpress 2009.

1 COMMENT

  1. Semoga sejahtra NUSANTARA,apakah ini semua hanya dongeng,apa negeri ini sudah dikibuli dongeng,marilah telaah itu dongeng,dan kenapa negeri ini bodohi dan di jajah salah satu dongeng,hingga tak bisa membedakan dongeng jati diri dan dongeng pencuci otak,negeri ini hanya hanya jajahan dongeng,hingga tandus seperti negeri dongeng.
    sudah tak punya jati diri nusantara,semua melihat dongeng.
    hingga negeri ini hancur oleh DONGENG.
    Coba anda renungkan urutan bencana nusantara.

Leave a Reply