Peta Lintasan Gerhana Matahari Cincin 26 January 2009

129
136
se2009jan26a1
WIB = UTC+7

Disebelah kanan ini animasi lintasan dimana bayang-bayang Gerhama Matahari Cincin dapat diamati di bumi. Lintasan ini memperlihatkan kota-kota di Indonesia yang akan mampu mengamati dimana gerhana tersebut terlihat. Hampir seluruh permukaan bumi Indonesia akan mengalami. Tetapi tidak akan terasa karena penutupan maksimumnya tidak melewati semua daerah.

se2009jan26aSeperti kita tahu bahwa gerhana matahari itu terjadi karena bulan menutupi matahari. Jadi posisi bulan berada diantara matahari dan bumi. Posisi bulan dan matahari ini yang membentuk sabuk lintasan. Pada tanggal 26 Januari 2009 ini posisi bulan tidak dekat dengan bumi sehingga matahari hanya tertutup sebagian saja. Sehingga matahari nantinya akan terlihat seperti cincin.

Lokasi lainnya hanya melihat gerhana sebagian seperti bulan sabit saja.

Lintasan Gerhana secara keseluruhan pada tanggal 26 Januari 2009.

gmc-11

Lintasan gerhana di Indonesia akan terlihat paling baik di kota Lampung.

gmc-2Nah semoga saja tidak ada hujan ataupun mendung sehingga kita dapat melihat gerhana matahari serta mengamati apa yang terjadi pada tumbuhan, pada binatang, dan juga perlikau manusia ketika gerhana.

πŸ™ “Pakdhe katanya kalau bayi lahir pas gerhana, orangnya bisa jadi sakti mandraguna, ya ?”

πŸ˜€ “Ah itu cuman filem thole !”

Bagi anda yang yang bisa mengamati di lokasi sepanjang sabuk diantara garis biru akan melihat matahari seperti cincin. Sedangkan yang berada disebelah selatan dan utara garis itu akan melihat matahari seperti bulan sabit.

gmc-2a2

gmc-2a

Kalau kali ini masih gagal mengamati atau memotret gerhana jangan kuatir, berdoa saja insya Allah tahun 2016 (9 Maret) kita di Indonesia akan mengalaminya bahkan lebih spektakuler. Gerhana matahari total – GMT akan melewati Indonesia lagi dan bahkan akan melewati kota-kota besar di Indonesia. Lihat dibawah lintasan-lintasan GMT ini.

se2001-25t-21
Klik gambarnya untuk memperbesar

Untuk mengamatinya jangan lupa baca disini : http://rovicky.wordpress.com/2009/01/23/melihat-gerhana-matahari/

Atau melihatnya secara online disini :Β  http://bosscha.itb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=65&Itemid=103

Foto-foto yang diambil dari KL dapat dilihat disini : Foto Gerhana Matahari Cincin 26 JanuariΒ 2009 [New]

Referensi: NASA


129 COMMENTS

  1. pakhde bukannya udah ada isu baghwa bumi bAkal ancur tahun 2012 tapi itu cuma kata orang dwang sih emangg bener akan terjadi?/////////

  2. mantap pak dhe enak ngebaca dan melihat simulasi jalur / lintas gerhana matahari. Semoga bertambah banyak ilmu pak dhe yang saya peroleh.
    Sukses selalu dan sehat kiranya senantiasa menyertai pak dhe sekeluarga.

    Salam,

    smskalit

  3. Bos, ko digambar lintasan-lintasan GMT (gambar terakhir/paling bawah) gerhana matahari kemarin (26 jan 2009) ga tergambarkan… πŸ˜€
    jangan2..? πŸ˜›


    –> Soalnya yang 26 Jan 2009 kemarin itu hanya Partial Eclipse, bukan Total Eclipse seperti yang digambarkan paling bawah itu πŸ˜›

  4. saya berhasil memoto beberapa gerhana cincin ini dari ujung sampe hampir bulat dari palangka raya. sayangnya dari hasil pengamatan selama itu nggak ada sampe mataharinya berbentuk cincin… cuma sabit banget aja.. SUBHANALLAH! Kalo mau lihat fotonya buka di sitilatifah08.wordpress.com

  5. alhamdullilah saya bisa lihat gerhana matahari cincin karena di samarinda udara cerah. makasih pak
    info ini sangat bermanfaat untuk kita semua

  6. Waduh Kok GMC ga Lewat Kbument . apa Yg Salah dengan Kebument pdhl Warga Boement SudaH menunggu…….Kapan datengnya tak Jmpt di Stasiun Kereta…Teka ya Ja Lali

  7. Makasih sekali saya bisa lihat artikel dan penjelasan bapak, serta dapat melihat langsung di dareah saya Duri Riau. Asyik sekali. Sekali berapa tahun tuh, gerhana matahari terjadi pak ?
    Apakah pengaruh langsung kalau melihat gerhana matahari untuk kesehatan mata?
    Tapi sampai sekarang saya belum merasa apa-apa ? Terimakasih banyak, sukses selalu buat bapak.

    Salam,

    smskalit

  8. alhamdulillah,,,,,,,,,,,,,,,saya bz liat,,,tp d surabaya terjdi gerhana cincinnya tidak sempurna,,,,,terlihat tapi sempat kecewa karena tertutup oleh awan mendung yang sangat besar…………..

  9. Wah sama euy pakdhe di bandung juga mendung padahal tadi udah bawa peralatan (film selulloid doank) buat liat gerhana, gimana ya pakdhe biar gerhananya bisa diulang lagi tapi cuacanya jangan mendung gitu soalnya pengen liat banget GMC, terakhir liat gerhana matahari waktu SD

  10. di solo sama sekali gak keliatan. mendung πŸ™

    padahal pengen banget liat. belum pernah liat. terpaksa harus nunggu sampai 2016..

  11. SAYA TELAH MENGAMATI GERHANA CINCIN INI TEPAT PADA PUKUL 15.33 WIB, DAN POSISI SAYA ADA DI MOJOKERTO. TAPI YANG SAYA LIHAT BUKAN GERHANA CINCIN SEMPURNA, TAPI HANYA SEBAGIAN SAJA, HABIS OBSERVASI PAKAI BINOKULER EH TERNYATA LENSA OBJEKTIF BINOKULERNYA PATAH.

  12. Blog yang sangat bagus…
    Salam kenal dari Sukabumi, Jawa Barat,
    Kami, Pustaka Eidariesky, http://eidariesky.wordpress.com ingin mengajak anda untuk bertukar link dengan kami, guna menambah jumlah sahabat dan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan di masing-masing blog,..
    kami tunggu kunjungan, komentar anda, serta konfirmasi dari anda sekiranya anda setuju untuk bertukar link dengan kami,,, terimakasih

  13. alhamdulillah di lampung walaupung tadinya mendung tapi selama gerhana terjadi bisa terliha jelas apa lagi di daerah gw.heheheh asli keren banget pa lagi sampe ngebentuk cicin gitu….

  14. Subhanallah…. gw ngeliat langsung gerhana matahari nya. ini pengalaman pertama gw ngeliat gerhana matahari dalam hidup gw. walaupun menjelang total solar eclips na d selimuti awan. sungguh fenomena alam yang sangat menakjubkan. sungguh besar kekuasaan ALLAH.

  15. wah mantab tnan.di pontianak kliatan.kbtln bgt biarpun td ujan n mendung pas ini cerah.matahari kliatan tp sinarny redup.kesannya ky jam 6 pagi.g tau sugesti aj ato emg iya,rasanya agak lbh dingin udaranya..

  16. Assalamu’alaykum..syukron jiddan ats pnjelasannya.jd tmbh ilmu.tp kuk ujan ea?jd gag ketahuan deh ud ap blm.Sungguh besar kekuasaan Allah.ayo prbnyk dzikir&doa.Jgn lp solat kusufnya..
    Utk yg pny fto GMC,blh dunk dkirim.syukron..
    Barokallohu fiik

  17. buat temen temen aku yang lagi buka rovicky liat komentar akuya seneg dee ntar kalo ada yg ngeliat komentar aku pas d sekola kasi tau ya kalo ngeliat komentar aq

    yang kenal e mail aku kirim sesuatu ya

  18. Assalamu alaikum
    Alhamdulillahi Rabbil alamin dan terima kasih, yang telah memberikan penjelasan dengan lengkap, dan ini sangat berguna bagi siapa saja yang hobby astronomi, sehingga ilmu saya semakin bertambah, semoga ilmu yang diamalkan ini akan dibalas oleh Allah dengan seratus ribu kebaikan amin amin amin Ya Rabbal Alamin.

  19. Wah..bentar lg Gerhana Matahari.siap2 bw tiker,rantang,piring,sendok garpu,gelas,air minum,kaca mata khusus.biar nyantai gtu.skalian bw sunblock..bg yg pngen kulitnya gag item.

  20. sayang sekali yach….ni hari kan mendung jd gak keliatan!.apalagi jauh dari daerah lintasannya.mudah2an semua ini ada hikmah yang dpt kia petik.Ya Allah lindungilah kami,jangan jadikan ini sebagi azabmu bagi kami Ya Rabb

  21. Itu cincinnya saya mau beli. Buat saya kasih ke penyiar berita televisi nan cantik jelita impian saya. Bisa nggak ya…….? Berapa karat sih emasnya ? Nanti saya cari tukang taksir di pegadaian dulu deh..

  22. woyuo.. lucu juga klo tiba2 ada penyakit buta berjamaah gara2 pada pengen lihat gerhana matahari,
    hhaha… smoga tidak terjadi..
    ayo enjoy everything..

  23. Mau tanya pak kira-kira untuk posisi gerhana itu melawati Boyolali, nggak ? ya ? padahal aku pengin melihatnya lho… kata orang tuaku dulu pernah ada gerhana matahari total betul to ?

  24. Mau laporan Pak Dhe, ini dah tgl 26, semoga saja tidak ujan ya..

    Kalau nunggu 2016 jadi khawatir, apa masih ada kesempatan apa nggak, coz usia manusia nggak ada yang tau kan

    salam hangat Pak Dhe..

  25. Dari kecil blum pernah liat tuch yang nama nya gerhana…Jadi mudah2an hari ini bisa liat tuch yang nama nya gerhana ! Siapa tau nasib bisa berubah liat gerhana…

  26. Pakde, yang merayakan Imlek karena kepercayaannya bisa sedih neh. Bisa diartikan Tahun Kerbau ini gelap dan kering.
    Semoga Allah menganugerahkan rejeki kepada umatnya yang bertaqwa dan menghindarkan semua mara bahaya di tahun ini.

  27. Dhik Semprul, sudah dijelasin di blog terdahulu, “artinya puncak gerhana baru terjadi selepas pukul 16:30 WIB namun sebelum 16:55 WIB”

Leave a Reply