Melihat Gerhana Matahari

0

Karena banyak yang pingin lihat gerhana, berikut salah satu petunjuk melihat gerhana matahari dengan aman.

🙁 “Emangnya melihat matahari sedang gerhana aman Pakdhe ?”

😀 “Yang paling aman melihat matahari itu hanya kalau malam, Thole” 😛

🙁 “Haiyak, Pakdhe niku looh”

Yang aman hanyalah kalau melihat gerhana ketika gerhana matahari total (GMT). Jadi sebenernya melihat gerhana langsung dengan mata telanjang jelas tidak aman. Apalagi ketika GMC, walaupun penutupannya 90% cahaya sunar matahari masih akan membahayakan mata apabila terlalu lama.

Dibawah ini beberapa cara untuk melihat atau mengamati GMC tersebut.

14hood1
Alat pelindung mengelas, Alat yang paling aman untuk mengamati matahari

Yang pang aman memang menggunakan alat kacamata LAS.

Bisa berupa kacamata yang berupa kacamata biasa maupun yang seperti digambar sebelah ini .

🙁 “Whaduuh Pakdhe, kalau gitu Lik Karto Las sebelah rumah bisa menyewakan alatnya donk !”

😀 “Lah siapa tahu kan pas liburan ta le “

Dibawah ini cara membuat alat untuk memproyeksikan matahari sehingga bisa diamati ketika matahari tertutup oleh bulan.

melihat_gerhana_1
Membuat sendiri alat proyeksi matahari – 1 (Klik Gambarnya untuk memperbesar)
melihat_gerhana_2
Cara mengamati proyeksi matahari

Dapat juga menggunakan cara lain dibawah ini :

melihat_gerhana_3
Cara ini lebih praktis. Perlu dicoba dahulu sebelum terjadinya gerhana matahari nanti, ya.

melihat_gerhana_4Seandainya tidak memiliki waktu, amati saja nanti bayang-bayang matahari dibawah pohon. Mungkin kamu akan takjub melihatnya. Mungkin seperti disebelah ini.

Yang perlu diingat adalah jangan melihat matahari langsung !! . Walaupun mungkin penutupannya sudah maksimum, usahakan jangan terlalu lama dan perlu istirahat dulu sebelum mengamati lagi.

Walaupun hanya 1% permukaan matahari yang terlihat dari bumi, kekuatan cahayanya sama dengan 10 000 kali bulan purnama !. Bayangkan ada sepuluh ribu bulan purnama menyinari bumi ! Tentusaja 1% sudah sangat terang dan mampu membutakan mata. Padahal nantinya permukaan matahari tertutup maksimum dan sangat cepat membuka lagi. Pupil mata manusia tidak akan sempat berreaksi.

Juga harus hati-hati kalau menggunakan teropong, justru teropong ini akan memfocuskan cahaya dari lensa-lensa-nya.

Matakita sangat sensitif terhadap sinar UltraViolet. Pada saat cahaya redup, pupil mata membuka tetapi cahaya UV yang masuk akan terlalu banyak untuk mata telanjang. Kalau terjadi, maka mata bisa buta sementara atau bahkan permanen bila terlalu lama.

Selamt menonton ya

Bacaan terkait Peta Lintasan Gerhana Matahari Cincin 26 January 2009 [New]

1 COMMENT

  1. […] telanjang bisa jadi akan mengalami kebutaan. Menurut beberapa ahli walau sudah pakai alat pengaman, usahakan jangan lama-lama melihatnya. Perlu jeda untuk mengistarahatkan mata. Selama GMT hanya 1 persen saja permukaan Matahari yang […]

  2. kalo gak salah tahun 1983 bulan juni aku dah pernah ngalami GMT waktu itu kelas 3 SD, semua warga ngumpul di masjid sholat gerhana dan nonton siaran langsung lewat TVRI

  3. GERHANA MATAHARI CICIN MERUPAKAN SALAH SATU CONTOH FENOMENA ALAM YANG MANA SEMUA KEHENDAK ALLAH. DAN ALLAH TELAH BERFIRMAN YANG KURANG LEBIH ARTIYA DEMIKIAN “. dan Kami berikan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata tentang urusan (dunia/agama); Maka mereka tidak berselisih melainkan sesudah datang kepada mereka pengetahuan karena kedengkian yang ada di antara mereka. Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan antara mereka pada hari kiamat terhadap apa yang mereka selalu berselisih padanya. (AJASIAH AYAT 17) DENGAN DEMIKIAN APA YANG TERJADI INI MERUPAKAN TEGURAN BUAT KITA2, BAHWA DUNIA INI SUDAH TERLALU BANYAK DIRUBAH OLEH TANGAN MANUSIA. DAN BEGITULAH AKIBATNYA TANDA-TANDA ITU MUNCUL YANG MANA DILAMBANGKAN MATAHARI DITUTUP OLEH BULAN, YANG ARTINYA LOGIKA AKAN DIKALAHKAN OLEH MASALAH PERUT. DAN AIR YANG BERLEBIHAN AKAN ADA, AKIBATNYA BANJIR!

  4. sama kayak untoro pengen liat langsung tolong kirimin yah ?
    di pademangan jakarta timur hujan waktu 26 january jadi gakh bisa liat dhe ? hiks ?!

  5. kpana sch terjadi gerhana…..???

    –> mudahnya begini, karena bulan menutupi matahari. sehingga ada bayang2 di Bumi (daerah yg mengalami gerhana).

  6. Wahhh…..
    Lampoung Jadi objek wisata sehari nehhh

    Dan selamat untuk lampoeng
    karena telah membuat iri penduduk seindonesia
    karena bisa liat gerhana dengan jelas
    hu hu hu hu

    di medan mana mendung lagi

  7. tadi sore di pontianak, gerhana nya jelas bgt…

    awalnya lihat pake mata biasa ……habistu baru pake kacamata,……

    rugi bagi yang ga’ lihat….

    ada sih rekaman nya…

    tapi error….

    kecewa…

  8. Katanya ada cara yang lebih unik lagi,waktu kecil saya pernah melihat gerahana matahari total dengan cara taruh air di dalam wadah yang cukup besar,setelah itu di isi air.

    Nah dari situ akan tampak terjadinya gerhana,tetapi yaa lumayan,bikin silau mata.Jangan putus asa dulu…masih ada kacamata hitam…

  9. waduh rupanya saya salah masuk nih hihihi…

    loh kok saya click mas8nur nanaya paman Google muncul blog ini, saya kira ini blognya…maka saya kasih koment diatas.

    Tapi senang kok bisa mengenal blog keren begini…ada hikmahnya buat saya sendiri…

    salam kenal ya Mas Rovicky! 😀

  10. Kayaknya pemandangan yang seru ya…akhirnya dua magnet yang berlawan mau saling memandang…mudahan-mudahan, kebaikan dan kejahatan juga begitu, akhirnya mereka belajar untuk menjadi yang lebih baik.

    Thanks Pak De sudah main-main kerumah mayaku…senang rasanya.

    Hahaha…siapapun yang memiliki blog adalah blogger. Dan setiap blogger memiliki keunikan dalam blog, tuh nyatanya blog Pak de keren-keren tipsnya. Nyatanya blog ini, pengunjungnya sudaha buaayak. blog aling baru tumbuh, baru bertunas…mohon bimbingannya juga ya. 🙂

    Disinilah kita berbagi, bertanya tanpa malu ataupun rendah diri.
    Disinilah kita saling menyapa tanpa risau akan keduudukan dan status
    Disinilah kita menikmati kedamiaan yang didunia nyata sulihat kita rasakan

    salam hangat persahabatanku, buat Pak De sekeluarga. 😀

  11. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT”

    maka kita dianjurkan untuk tunduk dan merasa sangat takut dengan adanya tanda kekuasaan Allah seperti yang akan terjadi besok.

    maka kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana..

    bukan malah menikmati fenomena ini dengan beralasan jarang terjadi..terlepas dari penelitian untuk menghasilkan penemuan baru

    Allahu akbar

  12. Waktu pramuka SMA dulu dikasih tau cara ngamati block hole matahari dengan menggunakan klise foto. Caranya isi kamera dengan 1 roll film 24/ 36 frame lalu jepretkan semua pada obyek warna merah setelah itu cuci film dan digunting sejumlah hasil jepretan terus di tumpuk jadi satu diberi bingkai dari isolasi tape atau bahan lain. jadilah semacam alat pengintai seperti kaca rayben tapi lebih aman.
    So, yang aku tanya bisakah cara ini digunakan untuk mengintip GMC?

  13. klo direkam bisa gak ya..?

    –> bisa aja tergantung kameranya, perlu hati-hati jangan sampai terlalu terang, mesti pakai filter

  14. Waktu kecil dulu sih pernah dikasih tahu, cara yang paling mudah adalah dengan mengisi ember dengan air, dan melihat bayangan matahari di ember.

    Tapi cara ini belum pernah aku praktekkan, jadi belum tahu juga kualitasnya hehehe…

Leave a Reply