Animasi pembentukan Sesar Sorong

0
papua_tektonik
Sesar Sorong berada di tepi utara Pulau Papua membentang dari Timur ke Barat. Melewati kota Manokwari-Sorong, dan menerus sampai ke Halmahera, mungkin sampai Sulawesi

Dibawah ini animasi terbentuknya Sesar Sorong yang sangat-sangat aktif itu.Sesar atau Patahan Sorong ini bergerak menimbulkan gempa dengan kekuatan 7.6 Magnitude pada tanggal 4 January 2009.

Sesar Sorong ini terbentuk akibat benturan lempeng Benua Australia dengan Lempeng Samodra Pasifik.

Lempeng Benua Australia bergerak dari Selatan ke Utara. Sedangkan Lempeng Samodra Pasifik bergerak dari Timur ke Barat.

Di Bagian kanan atas ada angka yang menunjukkan umur dalam juta tahun yang lalu. Angka 12 artinya posisi tektonik pada 12 juta tahun yang lalu. Angka 5 menunjukkan posisi pada 5 juta tahun yang lalu dan seterusnya.Silahkan diulang-ulang sehingga mudah dimengerti bagaimana Sesar Sorong ini bergerak sejak jutaan tahun yang lalu.

WordPress Video tidak seperti Youtube dengan metode streaming video. Video ini harus di download sampai selesai dulu seluruhnya, baru bisa dijalankan berulang-ulang.

Terlihat bahwa embrio Sesar Sorong sudah ada cukup lama, kira-kira terbentuk 20 juta tahun yang lalu. Batuan-batuan yang sekarang ini saling bergesekan sudah ada sejak 4 juta tahun yang lalu. Jadi kalau dalam setahun bergoyang dengan skala 5 Magnitude saja, maka selama 10 juta tahun sudah berapa kalu goyangan-goyangan itu menimpa daerah Indonesia Timur ini ?

Animasi tektonik ini dibuat Oleh Robert Hall tahun 2001. Professor Robert Hall adalah Director of the SE Asia Research Group, Degree Programme Co-ordinator MSci Environmental Geology di Royal Halloway, University of London, Inggris.

Dongengan terkait :

1 COMMENT

  1. Salam kenal Bpk., ^_^

    Kebetulan saya sedang cari media pembelajaran untuk Program Pelatihan Lapangan, saya kuliah di UPI Jurusan Pendidikan Geografi. Berhubung sekarang pembelajaran di sekolah dah masuk semester 2, materinya tentang litosfer dan pedosfer..

    Waktu cari bahan pembelajaran geografi. saya buka blog Bpk..

    Apabila di izinkan boleh gak Pak, saya minta video atao bahan pembelajaran lainnya. Yang dapat membantu pemahaman siswa agar lebih maksimal. Soalnya klo hanya dengan media gambar, biasanya minat siswa kurang.

    Terima Kasih Banyak..

    – > Silahkan email ke saya [email protected] . Animasi apa yang diperlukan ?

  2. cukup bagus bacaan di atas namun penjelasan nya kurang akurat karena tidak di sertai dengan peta letak-letak adanya lempeng.dan kalau bisa di jelasin dong kenapa sesar atau lempeng bisa bertemu dan patah dan termasuk tenaga apa saja yang ad dan saya ingin bertanya bagaimana kita dapat mengetahui umur dari suatu sesardan apa nama batuan dari pembentuk nya terima kasih y…..salam Imahagi

  3. kok katanya animasi sesar,,??
    tapi mengapa gerangan hanya menampilkan picture Papuanya,,??
    ya,harusnya bukan petanya tapi ditampilkan juga daerahnya dan proses bergeraknya lempeng tadi melalui video animasi supaya saya mengerti dengan sesar tersebut,,!!
    saya mohon untuk kedepannya,diperbagus lagi dan saya sudah baca ternyata unsur teorinya sudah bagus,tinggal diperjelas saja,,!!
    OKEYY…!!!!
    Byebye…

  4. Salam kenal Pakdhe, mo ikutan nanya… sebelum terjadi gempa Mkw, ada bbrp fenomena yg dilaporkan oleh masyarakat di sekitar Saukorem ttg Sinar spt petir yg muncul dari gunung dan pecah di laut… sbrnya itu apa? Kemudian di di daerah Kebar, sehari sebelum gempa ada sebuah kampung dimana masyarakatnya mengalami sakit kepala bersamaan hingga mrk merasa lemas (kr bau menyengat spt telur busuk katanya). Tidak hanya itu, muncul 9 semburan di tanah, yg 8 berwarna kuning dan 1 berwarna biru.. namun kemudian hilang setelah gempat. Apakah pakdhe bisa membantu menjelaskannya? trims sebelumnya

  5. da yg salah ketik..

    da hubungannya gak aktivitas sesar sorong ma sesar memberamo?..coz..bbrp kali sblm gempa di manokwari ,jayapura sering diguncang gempa terasa,yg diperkirakan akibat aktivitas sesar memberamo?..

  6. pakdhe?..
    hmm..saya kok masih bingung mengamati sesar2 di peta geologi keluaran bandung tu yak?..
    gempa manokwari apa memang hanya terjadi karena sesar sorong yg goyang atau juga dengan sesar koor?..hubungannya gmn?..coz..hasil analisa epicenter BMG Jayapura,gempa utama yg 7.9 SR tu terjadi di sesar koor..baru kemudian tampaknya”berjalan” ke sesar sorong yg menghasilkan gempa kedua 7.6 SR..truz..tsunaminya tu akibat gempa yg 7.9 SR kan?..coz yg 7.6 SR kyknya epicenternya di darat (sesar sorong)..
    truz..nanya lg ni pakdhe,he..(nanya mulu..)
    da hubungannya gak aktivitas sesar sorong ma sesar memberamo?..coz..bbrp kali sblm gempa di manokwari jayapura sering diguncang gempa tersa,yg diperkirakan akibat aktivitas sesar memberamo?..
    mohon penjelasannya..alias gmn tu y dongengnya?hehe..
    terima kasih sebelumnya..:)

  7. Pakdhe
    Koq saya nggak bisa copy ya..
    Sak’jane tertarik..bisa minta file aslinya gak ya..

    Lumayan buat ndukung pemahaman struktural di tempat kerja saya..lha wong struktur minornya benar2 mengikuti pola major faultnya.

  8. Menarik sekali pakdhe..
    Boleh tanya? Kalau dilihat dari penjelasannya, berarti bukan Papua saja dunk yg berpotensi terjadi gempa?
    Di jepang juga sering terjadi gempa, apa terbentuknya juga sama?
    Gempa yg bagaimana yg bisa menimbulkan tsunami?

    Mohon jawabannya Pakdhe..
    Terima kasih 🙂


    –> Tsunami bisa karena dislokasi patahan bisa juga longsoran. Coba baca dongeng yang cukup lawas disini :
    http://rovicky.wordpress.com/2008/03/19/tsunami-akibat-longsoran/

  9. sgt ok.
    sy ada sdikit pertanyaan ni, mengapa gempa yg baru2 ini terjadi di Sorong, Manokwari Papua yg diakibatkan oleh sesar sorong dpt dirasakan di berbagai tempat pd hal dikatakn diatas sesar sorong hnya menerus sampai ke Sulawesi???

  10. lapor…

    videonya error dhe 🙁
    Sorry, the video is currently not available

    –> Ditunggu dulu sampai downloadnya selesei semua (1.5MB). Ini tidak seperti youtube yang metodenya “streaming” video.</em

    >

  11. Ternyata Papua dibentuk oleh struktur yang begitu Runyam…. Bahkan saya pernah mengikuti KULUM AAPG yang mengatakan punggungan burung cenderawasih ini merupakan daerah yang begitu rumit kondisi geologinya

  12. Menarik sekali! Kelihatannya akan banyak patahan2 baru yg akan terus muncul donk pakdhe karena daerah tersebut “digencet” dari timur dan selatan. Thx

Leave a Reply