Ramalan banjir akhir Januari 2009

50

lintasan3d.jpgSetelah ada ramalan gempa, sekarang meramal yang lebih mudah yaitu meramal kemungkinan banjir tahun 2009 nanti.

Seperti yang sudah pernah dituliskan sebelumnya bahwa banjir rob atau banjir akibat pasang naik akan sangat terpengaruh oleh posisibulan dan matahari. Pasang surut bumi kan memang berhubungan dengan peredaran bulan.

Nah Marufin yang jago rukyat, menghitung penanggalan berdasarkan peredaran bulan secara astronomis, memberikan tulisan ringan mengenai kemungkinan naiknya muka air laut atau rob pada akhir januari 2009 nanti.Β 

marufin.jpgKata Marufin ini sekedar bermain prediksi saja.

Secara astronomis, konjungsi Bulan – Matahari akan terjadi pada 26 Januari 2009 pukul 14:56 WIB ditandai dengan terjadinya Gerhana Matahari Cincin yang bisa diamati di Sleat Sunda. Ketika terjadi konjungsi, ini akan diikuti dengan pasang naik tertinggi yang sangat berpotensi menghasilkan banjir pasang (rob) di daerah2 yang elevasinya lebih rendah dari permukaan laut.

Secara astronomis pula, data empiris menunjukkan ketika posisi Matahari ada pada deklinasi minus 18 – 15 derajat terjadi curah hujan di atas normal khususnya di Pantura Jawa, lebih khusus lagi di DKI Jakarta.

πŸ™ “Haddduh, Jakarta lagi ya Pakdhe ?”

πŸ˜€ “Ya mestinya sekarang Jakarta harus sudah mempersiapkan. Karena ini sudah dari sono-nya. Manusia harus mampu mengatasi atau mengantisipasi akibat banjir”

MJO yang mengenai Amerika berasal dari kawasan Indonesia. (Sumber: Wikipedia)

Sementara secara meteorologis, LAPAN menyebut siklus MJO (Madden-Julian Oscillation) telah terjadi di Indonesia pada minggu pertama-kedua Desember 2008.

Dengan periode siklus 30 – 60 hari, dimana kita ambil nilai tengahnya 40-an hari, maka siklus MJO ini akan kembali ke Indonesia pada minggu terakhir Januari – minggu pertama Februari 2009. MJO membawa banyak awan hujan sehingga menghasilkan peningkatan curah hujan.

So, pada minggu terakhir Januari 2009, ada tiga unsur yang berkoalisi. Kita punya konjungsi yang menaikkan permukaan laut. Kita juga punya data empiris posisi Matahari yang meningkatkan curah hujan. Kita juga punya siklus MJO yang juga mendatangkan peningkatan curah hujan. Curah hujan meningkat membuat genangan di berbagai daerah yang aliran run off-nya cukup besar. Meningkatnya hujan juga akan membuat permukaan laut naik dan pada gilirannya menenggelamkan daerah pantai.

πŸ™ “MJO itu apa lagi ta Pakdhe ?”

πŸ˜€ ” Madden-Julian oscillation itu sebuah siklus baru yang saat inipun sedang dipelajari oleh para ahli. Hal ini berhubungan dengan perilaku siklus curah hujan anomali yang tentusaja sangat berhubungan dengan cuaca.”

Nah, kesimpulan kasarnya, ada potensi banjir yang besar pada minggu keempat Januari 2009, terutama untuk Pantura Jawa (lebih khusus lagi DKI Jakarta). Mungkin ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya dan memitigasinya jauh-jauh hari sebelumnya ?

Bacaan terkait

50 COMMENTS

  1. Ma’f Bang mukti…! Waduuuh….. klo cmn ngandelin pemerintah aj aga’ b’gmn ya…..! sementara warganya blm pd sadar, buang sampah aj di Kali2 ato di Got. B’gmn ga banjr……

  2. kenapa pemerintah g pernah serius ngurusin banjir padahal setiap tahun berapa aja korban akibat korban banjir.

    makasih mudah-mudahan pemerintah sadar

  3. hai bener g c tentang ramalan?????
    soalnya kan yang tentuin hidup manusia itu cuma allah swt dan kita sebagai manusia hanya bisa menjalani dan bersyukur……
    gue bingung dwech!!!!!

    see you ?????

  4. waduh kalo gitu siap-siap beli perahu karet nech. coz jarak dari rumah ke kantor langganan banjir. Dan untuk masukan ke pemerintah tolong dibuat jalur khusus buat perahu karet jadi jangan jalur Busway aja yang dibuat….

  5. undangan untuk bapak.
    Silahkan datang ke acara kami open network conference, yang berkaitan dengan banjir jakarta dan indonesia, di kaji dalam pendekatan terbaru dalam menghadapi banjir oleh WMO (BGMnya PBB)yang diprakarsai worldbank, nuffic belanda dan capnet jaringan air asia afrika.

    tanggal 23 februari 2009, terbuka untuk undangan.
    JIka tertarik hubungi saya di [email protected]
    undangann akan saya kirim

  6. Ramalan! mungkinkah, Penebangan kayu di daerah lain atau perluasan Kota
    akibatnya si Miskin yang wajib menerima “Melarat and Melarat” Paling hadiah tuk mereka “Indomi” Punya, dua tiga ekor Ayam dan Itik semua dah di bawa oleh tamu yang di undang oleh org2 yang rakus kekayaan………..! Trmks.

  7. Pakdhe,,, kemaren tetanggaku pada kebanjiran….
    kasian banget semuanya
    Tapi alhamdulillah tempatku gag kena

    Sayang,, aku buka ramalannya pas uda kejadian
    Hihihi…

  8. untuk warga dki ramalan pak de tepat banget. bag fauzi malah udah tau sebelom ada ramalan pak de dan sebelum ada nyang ngitung bakal ada gerhana-gerhanaan, truss die malah laNGSUNG nyuruh warganya siap-siap antisipasi banjir. PAK DE JKALAH CEPAT AMA BANG FAUZI TUH……

  9. Banjir adalah kehendak Allah SWT, ya syukuri dan nikmati saja wong semua itu salah manusianya yang cuma ngurusi dirinya sendiri tanpa peduli orang lain, yo to?

  10. Sebaiknya memang jakarta bisa menjadi water city yang produktif……..sehingga banjirpun dapat menjadi media kreatifitas dan imajinasi………tidak hanya media adu mulut dan saling tuding

  11. Ada yang meramal? kalau Jakarta bakal terjadi bencana yang amat dahsyat di awal tahun 2009 dan akan menimbulkan banyak korban bahkan yang tersisa tinggal 40% saja.hanya orang-orang yang dianggap mampu membangun negeri ini akan hidup.Mungkinkah itu banjir? banyak banyaklah Berserah diri kepada TUHAN.

  12. jakarta kota favorit banyak orang seh, dah kebanyakan pula ulahnya, sekarang lagi di keroyok produsen air alami yaa banjir lagi deh.
    siap – siap

  13. Jakarta memang semraut… Air tanah dah habis, mengakibatkan jalan2 cepat bolong, bangunan miring, Pohon2 Rapuh, dan Tanah Jakarta akan semakin rendah.. Semakin rendah tanahnya semakin banyak air yg akan menggenanginya…

  14. Banjir telah tibaaaaaa, seperti di iklan.
    Banjir sdh menjadi trend, tapi trend yg negatif untuk di ikuti di sejumlah kota.
    jgn sampe deh banjir2 lagi, tolong Bpk Fauzi Bowo untuk menindak lanjuti ini, kalau banjir terus nanti jakarta tidak akan menjadi ibukota lagi lho.
    Ibukota Banjir Apa Kata Dunia….?
    Renungan Bpk Fauzi Bowo.

  15. Waduh bahaya sudah di depan mata..???

    Apa Presiden dan Gubernur sudah tahu Pak, jadi beliau beliau ini bisa memerintahkan anak buahnya untuk bisa mengantisipasi sekarang(kalo masih belum terlambat)..

  16. aduh……………..knapa sih tiap tahun harus banjir………………?????????? manusianya sih slalu nebang penghijauan…..gni deh akibatnya!!!!!!!!!

  17. Barusan saya liat air kali ciliwung dah tinggi bgt..d katulampa dah 160cm..pdahal nrmalnya 80cm,bwat yg tinggal di skitar ciliwung waspada banjir yaa.. Yg daerahnya dah kena banjir sabar aja,emang dah resiko tinggal di jakarta,,mau ga mau banjir psti menimpa kita semua..hmm πŸ™

  18. tidak usah pakai prediksi lagi pak dhe…… land use jakarta kan sudah salah besar…… mulai dari bertumpuknya pemukiman dan tertutupnya dan mengecilnya bantaran kali serta tidak ada kawasan hijau, tanpa diramal pun orang-orang sudah tahu…… tinggal bagaimana mitigasi yang tepat saja misalnya pembuatan daerah resapan, sumur resapan, pembersihan bantaran kali serta penggunaan aturan setting yang tepat pada lahan di puncak atau kawasan tinggi….. itu saja daripada setiap tahun pemerintah harus repot-repot membeli alat sedot air, sosial dan sebagainya akan lebih bijak jikalau kita melakukan geologi rekayasa……

  19. Wah kalau prediksi yang ini kok kayaknya bakal benar-benar terjadi pakde. Untuk daerah pantai lebih mengkhawatirkan lagi, bulan tersebut bertepatan dengan angin musim barat yang juga potensi menimbulkan gelombang besar. Wah aku jadi ngeri ni pakde.

Leave a Reply