Gempa Sumbawa 7 Agustus 2008 6.6 SR

20

Earthquake LocationPak Awang HS memberitahukan ke saya ada sebuah gempa cukup besar di Sumbawa. USGS mencatat sebesar 5.7, BMG menyebutkan 6.6 SR (5.7 MW). Kedalaman gempa ini hanya 10 Km. Tentusaja getarannya akan sangat merusak.

Berita dari Pak Awang :

Berita dari radio El Shinta dan sms seorang kawan dari Mataram (Pak Heryadi Rachmat) melaporkan bahwa telah terjadi gempa pagi ini yang mengguncang wilayah Sumbawa utara dan sekitarnya. Data detail gempa adalah sbb. :

waktu kejadian : 06.41 WITA (05.41 WITA)
magnitude 6.6 SR ( 5.7 Mw – regional moment magnitude)
lokasi episentrum : 8.146°S, 117.536°E (210 km TL Lombok)
kedalaman (sementara) : 10 km

Seismicity in 2008Lokasi episentrum terjadi di pantai Pulau Moyo, sebuah pulau di utara Pulau Sumbawa, atau lokasi tersebut berjarak 40 km ke sebelah barat dari Gunung Tambora.

Dilaporkan oleh Pak Heryadi bahwa sekitar 50 rumah mengalami kerusakan. Wawancara radio El Shinta dengan seorang penduduk di sekitar lokasi kejadian mengatakan bahwa beberapa rumah di pantai roboh. Belum ada korban jiwa dilaporkan.

Gempa ini berhubungan dengan upblock Flores Thrust di sebelah utara Sumbawa-Flores. Di jalur sesar besar ini (megathrust) sebenarnya kerak samudera Laut Banda sebelah barat menyusup masuk ke bawah busur kepulauan Nusa Tenggara di sektor Sumbawa-Flores-Alor. Ini mirip dengan penunjaman kerak samudera Hindia di sebelah selatan di bawah Nusa Tenggara. Sehingga, pulau2 Sunda Kecil ini sesungguhnya duduk di atas dua penunjaman kerak samudera yang polaritasnya saling berlawanan. Statistik kejadian gempa dan tsunami menunjukkan bahwa Flores Thrust lebih aktif memicu bencana di wilayah ini daripada tunjaman kerak samudra Hindia. Tsunami besar di Larantuka, Flores tahun 1990-an adalah dipicu oleh Flores Thrust juga.

Dua penunjaman kerak samudera di utara dan selatan Nusa Tenggara ini membangun evolusi geologi wilayah ini secara bergantian. Saat ini yang sedang aktif adalah sektor penunjaman sebelah utara atau Flores Thrust (saya pernah ulas di milis ini saat menulis sejarah geologi Lombok).

Historic SeismicityMeskipun dipicu Flores Thrust, gempa Sumbawa pagi tadi mematahkan batuan di bawah Pulau Moyo secara mendatar berdasarkan body-wave moment tensor solution USGS. Pematahan mendatar berorientasi BD-TL dengan azimuth 37 NE dan kemiringan tegak 80 derajat. Tentu, gempa semacam ini tak akan menimbulkan tsunami sebab tak memenuhi syarat-syarat tsunami-genic earthquake.

Gempa-gempa susulan masih terjadi, penduduk sekitar dihimbau untuk sementara tinggal di luar rumah sebab gempa2 susulan dapat merontokkan rumah-rumah yang sudah rusak berat.

Semoga tak ada kerusakan rumah/gedung terlalu banyak dan korban jiwa.
(berita dikirim oleh Pak Awang HS)

20 COMMENTS

  1. salam
    Apa daerah pantai lebih rawan kena gempa ya Pak Dhe, duh semoga ga parah meski diperkirakan bakal ada gempa susulan, seng penting selamat nda ada korban jiwa. Amin

  2. YA ALLAH AMPUNILAH DOSA2 KAMI JAGANLAH TERJADI GEMPA LAGI DI SUMBAWA INI,KARENA KAMI SANGAT KETAKUTAN.
    DENGGGGGGGGGAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRR KAN YA ALLAH DOA HAMBAMU INI YANG TERANIAYA GEMPA.
    ^_^

    SALAM
    KAMI

    ANGGA DJUMALI DENGAR

  3. yah,aku jg berdomisili disumbawa, gede banget gempanya. But sampai hari ini sdh terjadi empat kali terjadi gempa susulan, walaupun ga segede yang pertama.aq dan teman2 sangat takut coz kebanyakan gempa waktu kita lagi belajar

  4. Ya Allah Lindungilah orang tua dan keluarga besarku di pulau sumbawa jangan biarkan pulauku hancur, karena itu tempat kelahiranku, aku sayang sekali kampung halamanku sewalaupun aku sudah tinggal jauh.Mudah-mudahan tidak terjadi lagi gempa.Ya Allah terimalah doaku amin ya rabal alamin.

  5. Ya Allah Lindungilah orang tua dan keluarga besarku di pulau sumbawa jangan biarkan pulauku hancur, karena itu tempat kelahiranku.aku sayang sekali kampung halamanku sewalaupun aku sudah tinggal jauh.Mudahan-mudahan tidak terjadi lagi gempa.Ya Allah terimalah doaku amin ya rabal alamin.

  6. YA ALLAH LINDUNGIN PULAUKU,,,TEMPAT AKU DILAHIRKAN…WALOPUN AKU JAUHHHHHHHHH BGT DARI TEMPATKU,,,CINTAKU PADA TANAH KELAHIRANKU SANGAT MENDALAM ,,,SEKUAT IMAN SIA SEREA SANAK SAUDARAKU

  7. pagi itu 7 aug 2008. saya akan membagi job kepada crew pekerja tambang tembaga. workshop kami bergetar. kami langsung berlarian keluar workshop. beruntung plant kami tidak down. tetap running well…

  8. kira-kira gempanya bakalan sampai Pekanbaru ga ya????, siapa tau ada domino efek ,dengan delay yang intermitten. wach asik neh ,mau pemilu banyak gempa….. 🙂

  9. yah,aku jg berdomisili disumbawa, gede banget gempanya. But sampai hari ini uda tiga kali terjadi gempa susulan, walaupun ga segede yang pertama.

Leave a Reply