Gempa M7.6 (USGS) Simeulue

0

simeulue-20feb08.gifBarusaja terasa ada gempa yg juga terasa di Kuala Lumpur.

Pusat gempa dengan kekuatan Magnitude M7.6 ini berada di Simeulue. Gempa terjadi pada hari ini February 20, 2008 at pukul 03:08:32 petang. Pusat gempa (epicenter) diperkirakan ada dibawah Pulau Simeulue. Tepatnya pada koordinat 2.751N, 95.966E dengan kedalaman pusat gempa 34 km.

Hasil koreksi terbaru menyatakan M7.5. 

Lokasi ini kira-kira :

  • 312 km (194 miles) WSW (253 degrees) dari Medan, Sumatra, Indonesia
  • 314 km (195 miles) SSE (167 degrees) dari Banda Aceh, Sumatra, Indonesia
  • 336 km (209 miles) WNW (290 degrees) dari Sibolga, Sumatra, Indonesia
  • 638 km (397 miles) W (266 degrees) dari KUALA LUMPUR, Malaysia

Getaran kuat pasti sangat dirasakan di Pulau Simeulue. Peta dibawah menunjukkan peta kekuatan getaran hasil perhitungan komputer USGS. Getaran sebesar Skala VII ini mirip dengan getaran atau goyangan gempa di Jogja.

shakemap.jpg

USGS saat ini mulai memberikan perkiraan jumlah orang yang terpengaruh oleh gempa ini berdasarkan kekuatan yang dialaminya.

pengaruh-gempa.jpg

1 COMMENT

  1. Memang Simeulue Rawan Terhadap bencana alam ini adalah sikap dari pemimpinnya yang suka berfoya-foya dan bersumpah palsu, agama dijadikan tameng untuk memikat hati rakyat, korupsi meraja lela bagaikan gunung salju daan segera lah bertobat wahai pemimpin simeulue karena maut menunngu kita

  2. jangan jadikan simeulue sebagai data project yang di jual untuk kepentingan semata. bantulah simeulue agar bisa merdeka dari ketidak adilan dan keterbelakangan. mohon di suppor perguruna tinggi untuk bisa berdiri di sana.
    teman-teman nono ulau dimanapun berada mari kita membangun simeulue ke arah yang lebih baik. kalau bukan kita siapa lagi?

    sumardi evulae
    email: [email protected]
    Blog: sumardievulae.blogspot.com
    08126916362

  3. saya asli putra simeulue, saya sekarang belajar di quantum padang..
    setiap tahun gempa di simeulue saya merasakan nya, bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini.
    tapi ya kenapa setiap gempa di simeulue selalu saja ada yang memanfaatkan bantuan2 dari piahak LSM, malahan mereka lebih mementingkan para pejabat dari pada yang memutuhkan.
    saya sangat berharap sebagai putra simeulue sendirijangan lah seperti itu lagi, berikan lah semua kepada yang benar2 mebutuhkan…..
    Semoga saja ALLAH masih melindungi pulau tercinta ku itu, amiiiiin…….

  4. saya putra daerah simeulue tepat nya sinabang.tinggal di suka damai,saya sekarang kuliah di universitas negeri padang(UNP).saya sekolah disinabang:sd4,smp1,sma1.saya juga pernah merasakan gempa disana,tetapi karena orang simeulue dah biasa ngerasain gempa,pada saat gempa masyarakat berhamburan keluar rumah,setelah gempa selesai masyarakat kembali masuk kerumah.seperti gak ada kejadian aja.saya turut berduka cita juga.

  5. saya asli putra simeulue,korban yg bergabung dgn PMI Cab.Simeulue Sbg Relawan.
    Terima kasih tuhan,semoga saudara2 kami yg menyisihkan sedikit uang nya untuk membantu kami mendapat balasan yg setimpal dari MU.AMIN.

  6. Tapi karena orang Aceh dah biasa ngerasain gempa, saat kejadiannya aja yang masyarakat pada keluar (waktu itu saya lagi di seputaran pasar). Saya lihat selesai gempa, masyarakat langsung masuk balek tuh ke toko masing-masing. Kayak gak ada kejadian apa2. Gimana dengan daerah di luar aceh ya… kayak medan gitu…

  7. simeulue rawan gempa tapi sayang di sana pejabat nya banyak yang korup dan tidak mementingkan kepentingan rakyat dan hukum syariat islam di sana masih pandang bulu kalau aparat yang berbuat tidak di tindak kalau rakyat biasa di hukum cambuk….wajar hukum disana masih lemah dan laknak allah akan terus di rasakan disana

  8. Gempa simeulue begitu dasyat bang, di banda aceh aja sangat terasa palagi masyarakat di kec. salang kab. simeulue…..aduh mak…paniknya… dan aku pernah diujung pulau itu.

  9. Gempa pada pukul 15.08 WIB terjadi di Sinabang berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR). Sedikitnya tiga orang tewas dan 51 lainnya luka-luka, sebagian besar patah tulang. Puluhan ribu warga Semeulue, Meulaboh, Banda Aceh sampai Medan panik.
    Korban tewas adalah Aidin (70), Nyak Rinda (60), Habisa (70), Mereka tewas karena serangan jantung saat gempa. Sedangkan korban luka kini ada yang dirawat di RSUD Sinabang antara lain Hakim (11), Agus (26), Muhammad (25), Khairul Anwar (24), Mekrisar (44). Dinding rumah sakit banyak yang retak. Pasien diungsikan ke tenda darurat.
    Infrastruktur yang rumak antara lain pasar tradisional, sebuah SMA, sebuah rumah ibadah dan kantor camat Simeulue Barat.
    Selain itu, koordinat dermaga pelabuhan Ferri di Kota Sinabang bergeser satu meter dari posisi semula. Hingga tengah malam, belum ada laporan dari kecamatan selain Simeulue Barat dan Simeulue Timur, karena komunikasi terputus dan listrik padam.

Leave a Reply