Mercon Gong Xi Fa Chai dari BPPT !

0

BOOMDuerr !!!!

Dengan meletusnya mercon peringatan Imlek – Gong Xi Fa Chai dari Pak Jusuf (BPPT) dengan pernyataan adanya potensi migas di Aceh sebesar milyaradan barrel, cukup mengesankan saya.

Benar, gema mercon itu sudah terdengar dimana-mana … bahkan sudah menyulut mercon rentengan yang berbunyi dalam koridor-koridor ilmiah maupun dalam diskusi cangkrukan di Pos Ronda. Bahkan beberapa orang sudah membunyikan mercon bantingannya …. ya, mercon bantingan bisa saja sebagai tanda kesal sambil misuh-misuh

🙁 “Iya pakde saya denger juga ada yang misuh … Jiancuk jempol kakiku keinjek!“,

bahkan ada yang melempar mercon bantingan tanda mau membanting untung-untungan untuk berjudi … looh siapa tahu itu potensinya beneran …

🙁 ” whallah !!

Quote, Jakarta Post  ” The statement said the maximum of the reserve could reach 320 billion barrels. As a comparison, the proven reserve of Saudi Arabia is around 264 billion barrels, the largest in the world, while the Banyu Urip block in Cepu, Central Java, contains around 450 million barrels. “

Mengundang harapan, cacian juga pencerahan !

Seperti biasanya mercon akan terdengan bunyi yang berbeda-beda, tergantung yang menyulut dan juga tergantung di ruangan mana bunyi itu bergema. Di Masjid barangkali bunyi gema menjadi sebuah doa dan harapan, di ruangan lembaga penelitian akan menjadi sebuah wacana diskusi.

Dalam ruang maya menjadi perang email dan forward pendapat ahli yang terplintir oleh wartawan koran !! Ya terpelintir, karena konon menurut yang hadir dalam acara tersebut sudah diwanti-wanti istilah “resources” (sumberdaya) dan “reserves” (cadangan), namun agaknya banyak wartawan yang terpeleset dan tangannya terkilir sewaktu menuliskan ulang dalam medianya 🙂 .

Walaupun ada kemungkinan terkilir sewaktu menuliskannya, baik sumberdaya ataupun cadangan yang tertulis dengan angka billion barrel memang semestinya masih dalam koridor keilmuan, apalagi BPPT !

Memang sangat mungkin bahwa gegeran mercon Gong Xi Fa Chai ini bergulir merembet liar, namun hal ini justru  menunjukkan potensi sebenarnya dari otak para ahli tentang potensi hidrokarbon di Indonesia yang selama ini “tidur“.

Ya, benar selama ini lebih banyak orang-orang yang berpikir realis ketimbang para pemimpi yang mungkin akan membawa kemajuan. Mimpi memang seharusnya tidak dikontrol oleh realitas. Tetapi mimpi memang mesti ditindak lanjuti kalau ingin dijadikan tujuan. Realisasi mesti dengan membangun dari bahan-bahan real juga. Tapi itu tahap selanjutnya. Ketika sedang tahap mimpi memang harus liar !

Klarifikasi

Di dalam ruang ilmiah gema kebutuhan klarifikasi lebih terdengar. Siapa yang harus memberikan klarifikasi. “Looh yang buat lah !“, ” Bukan yang membuat tapi yang berwenang“, “Ah, mestinya si institusi ilmiah termasuk organisasi ilmiah !” … Hadduh semua jadi bergairah dan banyak yang ingin numpang gema supaya terdengar. Itu wajar … dalam setiap kondisi chaos selalu saja harus pinter-pinteran mengambil manfaat. Ntah itu yang namanya menjadi mercon politis, ataupun mercon ekonomis ! Tetapi muatan-muatan ini menjadi penting ketika kita dituntut harus mampu mengambil keuntungan dalam setiap kejadian !

Sayangnya, yang sering terlupakan justru sebenernya menjawab pertanyaan dasar “Siapa sih yang mestinya memiliki wewenang, hak serta tanggung jawab dalam soal potensi migas di negeri ini ?

Jangan hanya tidur tanpa mimpi !!!

Salam mimpi

“selalu ada muatan positip-negatip dalam sebuah ikatan atom. tetapi jelas akan menjadi positip ketika ‘memberikan’ elektron. Berikanlah elektronmu (ilmu) ke orang lain !”

1 COMMENT

  1. dongenge pakde betul2 maknyus endang bambang dan top markotop….bikin thole2 n gendhuk2 pada manggut2 langsung tancep gas grokkk grookkkk. rajin ndongeng ya pakde, hanya beberapa dari sekian geologist di indonesia yg rajin mendongeng dan membuat gambar2 yg mudah dimengerti salah satuny ya pakde.Tancep kayon, maju terus, kreatif terus, duite ngalir teruss (ups ketrucut)

  2. mas rovicky, org pada gak genah en gak jelas gitu, tapi aku ni akhirnya berangkat juga ke aceh toh, hiks, gak bisa bahasa aceh mas……

  3. kalo ga salah yg meneliti itu BPPT dan BGR jerman,masa sih tim2migas kita yang sudah jln2 disana sdh byk,masa sih ga ktm?gmn kalo kita tunggu BPPT dan BGR mengumumkan hasil penelitiannya

  4. Dan ini PREdiksi GO xi fa cai versi saya semoga bermangpaat.

    G0ng xi Fat Cai: Buat sahabat

    Tahun ini adalah gambaran dari satu visi kedepan, simbol dari kerja keras dan kemakmuran. Dengan kunci sukses: HATI NURANI.

    Ini memberikan satu arahan andai tahun ini anda memulai suatu usaha haruslah mengambil bidang usaha yang menghasilkan dalam jangka panjang, bukan bidang usaha yang sifatnya mendatangkan hasil dalam bentuk instans.

    Angka 2 memberikan satu arahan kedepan, tahan banting dan paripurna. negatifnya adalah rasa malas yang kadang terlalu besar sehingga sulit untuk memulai. Angka 5 adalah simbol dari kemakmuran, kemunculan angka 5 yang double mengindikasikan bahwa kesuksesan mungkin akan lebih mudah dicapai pada periode tahun ini. Namun dari kedua angaka double tersebut tersimpan pesan tersembunyi yang harus diwaspadai yaitu jangan hanya mengusahakan segalanya hanya untuk urusan duniawi semata. Angka 9 sembilan adalah angka kunci pada periode ini dimana kita dalam bertindak dan berusaha supaya mengedepankan hati nurani.

    Pesan lain yang dapat ditarik dari angka tahun IMLEK 2559 adalah keharusan berwaspada akan adanya bencana yang berhubungan dengan air. Dan ( ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa, dan Kami memperkenankan doanya, kami selamakan dia beserta pengikutnya dari bencana yang besar. ( Q.S 21:76 )

Leave a Reply