Alhamdulillah akhirnya berlebaran pada hari yang sama :)

43

πŸ™ “ Looh gimana to Pakdhe ? Katanya ada perbedaan penentuan hari raya Lebaran kali ini ?”
πŸ˜€ “Lah iya thole. Siapa bilang beda-beda ? Sejak dulu kita sama-sama hari rayanya tanggal 1 Syawal !!
πŸ™ “Whalllaa !!”

Dah lah …. Jangan serius-serius banget walaupun berbeda πŸ˜›

Apa hikmahnya hari raya berbeda-beda ?

  • Menujukkan bahwa Islam memberikan “kebebasan memilih” … emang-e demokrasi !
  • Jalan untuk mudik ke kampoenk dapat bergantian. Jadi ngga macett donk !
  • Makan ketupat bisa berkali-kali. Lumayan ngga usah masak πŸ˜›
  • Sowan Calon Mertua yang lain juga bisa …. wupst !! πŸ˜€
  • Minta baju barunya nambah … Aseeek beli baju batik ! πŸ˜‰
  • Bonus lebaran kudu ditambah niih … emangnya prusahaan nyak loe ! πŸ™
  • ???
  • Mnurut loe apa lagi ?

43 COMMENTS

  1. Lanjutan,bersahadat itu hanya bisa di tempuh dgn 2 cara:1.bersahadat di hadapan dhohirnya rosullullah(wujudnya)2.bersahadat di hadapan hakekat rosullullah(batinya)tinggal pilih.bersaksi itu bukan dengan mulut(ucapan)tapi dengan mata(penglihatan)renungkan.

  2. Sebelumnya minta maaf,bagi yg membaca.kenapa islam sekarang pd ribut ,mari kt pelajari lagi dr dasar.pelajari dulu dr sahadatnya,sudahkah kt memenuhi rukun sahadat,tanpa me2nuhi rukun tdksah semua ibadah,ini dulu yg harus di renungkan.trimakasih

  3. membayangkan cerita lebaran yang berbeda
    sama merindingnya.
    dengan mendengarkan cerita dari ketidakpedulian yang berbalut sandal jepit? yang menangisi keausannya
    apakah cinta hanya milik nenek moyang kita
    nenek moyang yang mana?
    bukankah kita lebih? nenek moyang dari
    apa yang dikenang oleh nenek moyang kita
    bukankah nenek moyang kita selalau berkata,
    “kapan kau kembali,anakku
    waktu telah menunggumu terlalu lama
    hingga cemberut dalam—bip—[unread]”.
    seperti yang ditawarkan delta9 tetrahidro canabinol
    dalam esainya
    ini hanyalah kisah tentang rasa
    rasa yang telah ditetapkan kalimat yang sempurna
    untuknya
    “jika kau kembali maka kami pun akan kembali”
    rasa yang menjadi asing
    seperti asingnya malam
    bagi mata yang memandangnya

  4. emang muhammadia sama muhammad kita bedannya apaan??? << situ orang islam bukan ? ato islam ktp saja? he2 πŸ™‚

    ajaran muhammadiah diambil berdasarkan dari ajaran Nabi Muhammad S.A.W. jd dari pertanyaan yg anda lontarkan itu berarti sama saja dan tidak ada perbedaanya.saya heran perbedaan begitu saja diributkan.:)

  5. […] Begitu .. sepenggal lagu karya abadi BIMBO yang masih sangat relevan hingga saat ini. Ya iya lah, secara tinggal seminggu lagi lebaran tiba. Masalahnya adalah .. apakah lebaran itu tanggal 12 Oktober atau 13 Oktober? Tentunya, semua kembali pada keyakinan kita masing2 individu. Tapi yang pasti, lebaran itu jatuh pada tanggal 1 Syawal 1428 H. […]

  6. Yang penting banget puasa ramadhan jangan kurang dari 29 hari dan jangan lebih dari 30 hari. Jadi pilih dengan kepala dingin dan hati yang taqwa 29 hari atau 30 hari.

  7. udah.. gampang aja.. malah jadi enak buat yang mudik.. kalo gak sampe di kampung halaman hari jumat (12) kan bisa lebaran hari sabtu (13) dan sebaliknya gituh… yang pentingkan momen lebarannya… sungkeman, maap-maapan, bagi2 angpao, makan enak, ketemu sepupu-sepupu yang cakep2…

  8. Hem, satu syawal emang satu, hari-nya ini yang bikin kaco, sabtu, atau minggu. Ehm, ikut yang awal aza, bukan karena pengen gak puasa, karena repotnya haram puasa 1 syawal.. Duh, susahnya….

  9. Tanggal 1 syawal ditentukan secara fakta dan ilmiah oleh umat Islam berdasarkan posisi pengamat di bumi, posisi bulan dan matahari. Dan itu seharusnya dapat dihitung, bahkan sudah ada program simulasinya. Jadi bukan berdasarkan perjanjian, demi budaya, atau fatwa. Barangkali tanggal 1 syawal di Sabang dan di Meuroke berbeda waktu jamnya, dan perlu ada jadual tanggal 1 syawal seperti juga ada jadual sholat, imsyak, dan buka puasa.

    Jadual tanggal 1 syawal di Indonesia

    Jakarta tanggal … jam ….
    Bandung tanggal … jam ….
    Surabaya tanggal … jam …

    Jika 1 syawal tejadi pada siang hari, maka puasa disempurnakan sampai buka (sesuai Alqur’an) besoknya sholat iedul fitri.

    Semoga masalah penetapan tanggal jadual hari raya atau puasa ramadhan tidak berlarut-larut sampai kiamat. Semoga umat Islam semakin pandai.

  10. singkong diragiin……..
    tapee dehh….
    hari gini masih pusing mikirin gituan
    kita harus jadi orang yang moderat… NU..Muhammadiyah ,,,, sama aja,
    emang muhammadia sama muhammad kita bedannya apaan???

  11. Satu lagi yang sama, berlebaran pada hari yang kita tdk berpuasa.

    Kalau saya ikut pemerintah aja.

    “Puasa itu adalah hari ketika kalian seluruhnya berpuasa, Iedlul Fithri adalah hari di mana seluruh kalian berbuka (yakni tidak berpuasa lagi –pent.) dan Iedlul Adha adalah hari ketika kalian seluruhnya menyembelih kurban. (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah, dengan Tuhfatul Ahwadzi, 2/37)”

  12. Sowan Calon Mertua yang lain juga bisa

    Saya Bangets! :mrgreen:

    Taun kemaren, kebetulan kedua ‘kawan dekat’ merayakan hari raya berbeda waktu, jadi saya bisa membagi kasih dalam artian sebenarnya, he…

  13. oalah…kecele aku, perasaan kemarin ada berita kalau pertemuan antara NU sm Muhammadiyah nggak menghasilakn kesepakatan…eh kok ada postingan di blog kl lebaran pada hari yang sama…ternyata πŸ˜†

  14. JIKA ADA KEMAUAN, PASTI ADA JALAN
    JIKA BELUM KETEMU JALAN, BUATLAH JALAN

    Salam kenal Mas Rovicky πŸ™‚


    Salam PROGRESIF!
    Progress terus, terus Progress

    Krisnawan Putra
    I am The Coach

    Bagi saya, semua orang bisa berubah
    Bagi saya, semua orang punya potensi
    Bagi saya, semua orang dapat meraih impiannya

  15. o yoo ik, tetapi samo-samo sepakaik belebaran pada tanggal 1 syawal, saya pikir sudah ada tim penengah agar bisa pada hari yang sama. tq

  16. Lebaran Ketupat di Semarang Kudus Pati dan sekitarnya seminggu sesudah Ied 1 Syawal lho, jadi betul-betul lebaran maka namanya BAKDA pak dhe !

  17. Maaf Pak De .. tadi saya buka di blog tempe Pak De, saya pikir komentarnya dihapus karena di Tempe hanya ada 1 komentar. Ternyata, postingan ini muncul di 2 blog nya Pak De.

  18. Pantes komentar di postingan Hati Kecil sudah pada dihapus ya Pak De, karena lebarannya sudah pada tanggal yang sama yaitu 1 Syawal 1428 H.. (bukan hari yang sama Pak De???)

Leave a Reply