Pusat gempa itu melangkah ke utara

26

beberapa-pusat-gempa.gifGempa di bengkulu ini terlihat memicu daerah-daerah penumpukan tenaga yang menyebabkan gempa-gempa susul menyusul. Dari gambar disebelah ini terlihat bahwa gempanya bergerak ke arah utara. Warna merah disebelah ini merupakan gempa yag terakhir tercatat hingga tulisan ini dibuat pukul 12:15 WIB.

 

๐Ÿ™ “Pakdhe mengapa laporan dari USGS ini berubah-ubah magnitude-nya ?”
๐Ÿ˜€ ” Gempa itu bukan sekedar satu kali jegler saja, tetapi seringkali susul menyusul, sehingga datanya sering bercampur. Juga semakin banyak data dari beberapa statsiun pengukuran yang sampai ke ke kantor ini maka semakin detil pula hasilnya”
๐Ÿ™ “Lah kok ngga ditunggu nanti saja kalau data semua sudah masuk baru dianalisa ?”
๐Ÿ˜€ ” Thole, gempa ini dapat memicu tsunami, juga dapat memicu gempa selanjutnya. Sehingga perlu diberitahukan sesegera mungkin sebagai peringatan dini. Lah kalau ditunggu sampai analisa selesei namanya bukan warning lagi, tapi penelitian proyek yang suka molor-molor itu” ๐Ÿ˜›
๐Ÿ™ “Wah Pakdhe juga bikin warning semalam ya pakdhe. ?”

urutan-gempa.jpg

Kalau dilihat dari kekuatan magnitude-nya sepertinya paling tidak ada dua atau mungkin tiga pusat gempa utama. Gempa terbesar dengan kekuatan M 8.4 yang diikuti gempa susulan berkekuatan M 4.9 – 5.9. Kemudian memicu lokasi lain berkekuatan magnitude M 7.8 yang juga diikuti gempa susulan berkekuatan M 5.0-5.9. Gempa terakhir tercatat M7.1, ini bisa saja susulan sebelumnya atau bisa jadi ada segment lain yang ikutan terpicu oleh getaran yang sebelumnya.

Jadi sangat mungkin gempa susulan masih akan ada kalau melihat grafik diatas itu.

runtutan-gempa.jpg

Gambar dibawah ini menunjukkan seberapa besar goyangan yang terasa di sekitar pusat gempa. Menurut USGS, goyangan sebesarย  kira-kira VII MMI terasa disekitar pantai barat Sumatra di Propinsi Bengkulu. Gambar ini merupakan overlay (tampalan) dua getaran terbesar berkekuatan M8.4 dan M7.8.

๐Ÿ™ “Pakdhe merasakan getarannya juga ngga ?”
๐Ÿ˜€ “Yang pagi ini terasa thole, walaupun hanya di lantai 9, di Menara Tan&Tan Kuala Lumpur, getaran ini cukup dapat dirasakan.

Warna biru berbentuk kotak persegi empat itu adalah proyeksi dari sebuah bidang patahan yang menghasilkan getaran sebesar M8.4. Jadi bisa dibayangkan sangat luas daerah yang saling bergesekan. Dari hasil ploting pergerakan versi USGS menyebutkan kemungkinan bidang ini berupa sesar geser, mungkin sekali ini adalah bidang Sesar Mentawai. Sesar mentawai ini merupakan sesar atau patahan yang sejajar dengan Sesar Semangko.

Untuk selanjutnya kita perlu memperhatikan perilaku gunungapi yang berderet-deret disepanjang pegunungan Bukit Barisan ini. Ada kemungkinan juga sesar Semangko akan terpengaruh oleh pergerakan blok-blok batuan yang bergetar-getar ini.

Masih SALAM WASPADA !!!

26 COMMENTS

  1. kenapa data mengenai gempanya yang tahun lalu, coba pelajari lebih lengkap gempa yang terjadi di china yang mengakibatkan terbentuknya danau baru.

  2. tambah tanya lagi….
    trend gempa di bengkulu 12 okto kemaren kedalamannya dari 10…trus 30…trus 45…trus 50..(kalo g salah seh)…yang jelas semakin ke dalem lah…(lihat di TV)
    kadang saya berpikir, berarti itu lempeng menghujam jauh ke dalam..jadi kemungkinan masih akan ada patahan2 yang mempunyai energi yang besar yang bisa muncul…makanya sekarang masih sering gfempa dan skalanya lumayan gede2….(katanya semakin sering terjadi maka energi akan dicicil lepas sedikit demi sedikit…tul g kang)
    makasih

  3. mo nanya,… ampe skr (04-10-07) goyangan2 di barat daya sumatra masih ada berkisar 5,0-6,4 (BMG)…. itu gempa susulan atau apa?? saya kok bertanya2 kalo gempa susulan knp msh besar2 dan waktunya lama dari gempa utama?

  4. Pak de,ak tinggal di padang,hanpir setiap hari kami merasakan gempa di sini,para ahli di luar jg memprediksi gempa besar 9 SR bakal terjadi di sini, itu terjadi akibat overlap dari gempa yg kemarin YG 7 SR,ak jadi waswas tinggal di sini.tp ak ga bisa ngungsi karena banyak hal yg harus ku kerjakan di sini…ak minta doanya biar semua prediksi mengerikan itu ga terjadi…AMIN

  5. Gempa merupakan proses alamiah antara lain akibat pergerakan lempeng geologi. jika kita takut gempa silakan tinggalkan lokasinya atau mau bergaul dengan gempa silakan menyesuaikan diri misal membuat tempat tinggal yang tahan gempa dan tahan tsunami untuk yang didaerah pantai. yang penting kita siap menerima goncangan gempa setiap saat.

  6. Menurut saya, gempa yang sering terjadi di pulau sumatera itu adalah hal yang wajar karena yang saya tau, retakan lempeng bumi di sumatera lebih banyak terjadi gesekannya daripada pulau lain.
    Saya yang tinggal di Bengkulu, sering merasakan gempa yang kecil-kecil, sehingga waktu gempa yang besar, kami agak cuek (dikirain gempa kecil aja yang mo numpang lewat,he,he.
    Ternyata gempa besar)Harapan saya,pihak pemerintah agar lebih aktif bekerjasama dengan pihak Jepang, dalam hal menanggulangi serba-serbi gempa karena Jepang juga sering gempa,kan………???WAPADA TERUS BUAT PROPINSIKU, BENGKULU!!!!!!

  7. Nah pakdhe.. menurut pengalaman masa lalu (Gempa Aceh 2004) trend gempa ini sepertinya akan bergerak ke selatan Jawa. tumbukan lempeng eurasia dan samudera hindia ini kan menerus dari barat sumatera ke selatan jawa. Saya pikir, penduduk pesisir selatan jawa juga harus waspada (gempa jogja). Apalagi deretan gunung-genung berapinya, bukit barisan di sumatera dan pegunungan selatan di p jawa. Mo tanya.. apa ada kemungkinan gunung purba danau toba dan gunung purba Bandung akan meletus? Klo meletus, mungkin kedua pulau itu akan lenyap. Ih syerem…..

  8. saya butuh data korban,foto,kerugian dan tempat penyaluran bantuan baik melalui satkorlak atau dari pecinta alam setempat,wanala ingin bergerak utk membantu sumatra!penting neh!buat bikin proposal ke universitas juga

  9. Saya adl pendatang y skrg tinggal d Sibolga, SUMUT. Gempa Bengkulu kmrn sempat kami rasakan kuat, n byk y lari keluar rmh. Klo ngikutin berita akhir2 ini, rasanya ngeri. Aplgi ada indikasi klo gempa bergeser k utara. Mudah2an qta slalu dberi keselamatan oleh ALLAH SWT. amiin..

  10. di daerah jawa kna gak yaaa,

    aku turut prihatin dengan sodara yang ada d bengkulu maga tabah dan di beri kemudahan dalam
    menghadapi cobaan dari allah

  11. Pak, kemarin pagi di MetroTV mewawancarai ahli geologi dari BPPT, tapi saya tidak perhatikan namanya karena nontonnya pas dikalimat 9 skala richter.

    Kata beliau, nanti gempa bisa 9 skala richter di daerah padang dan bengkulu.

    Kata beliau juga mudah-mudahan tidak sampai 9, mudahan-mudahan karena ada gempa kali ini dicicil, jadi tidak terjadi 9. Kalau tidak ya … lebih hancur daripada Aceh.

    Tapi tidak tahu kapan dan jam berapa.

    Pak, yang mewawancarai sampai ngomong dua kali kata 9, 9 pak. untungnya Bapak dari BPPT itu bisa nenangin.

    Pak, mudah-mudahan ga ada 9 skala richter ya …

  12. Semalam saya masih merasakan gempa jam 23:11..walau di Duri…eh lama-lama aku jadi sensitif gempa nih..Sampai pagi ini, gempa sudah menjalar ke kep. Nias..apakah ada gejala kembali menggeser zona ex patahan naik yang dekat Meulaboh dulu ( Des 2004 )yang berakibat tsunami itu ?..BMG sih gak meramalkan tapi itu zona patahan naik masih kinyis-kinyis dibentuknya tahun 2004 lalu. WASPADA saja. Gempa ini mirip “efek gelombang air” atau mirip gerakan pada “puzzle”…satu bergerak..berefek domino menggerakkan “puzzle (lempeng) berikutnya.

  13. Pakde, mo nanya dunk! Gempa bengkulu ini ada kaitannya gk dengan gempa di liwa & bengkulu klo gk salah sktr tahun 99 ato 2000an gitu? Trus katanya gempa bengkulu ini kan udah diprediksi sebelumnya oleh BMG, nah… klo prediksi untuk patahan di selat sunda pripun pakde? Hanya untuk sekedar eling lan waspada mawon, soale waktu gempa mbantul kae, aku pas mudik ke sewon, dasyat banget, ndesoku tinggal 10an rumah yang masih berdiri

  14. salam pakde,
    seperti yang saya tanyakan beberapa waktu lalu gempa cenderung dangkalkan pakde?

    terus terang saya di padang secara psikologis kena juga karena gempa susulan ternyata besar-besar jadi sangat mengkhatirkan.

    masyakar sekarang banyak yang mengunngsi ke daerah yang lebih tinggi di padang

    isu yang beredar katnya gempa lebih besar akan terjadi lagi dipadang dengan yang terjadi tadi pagi 7.8 SR

    mohon pencerahan dan informasi akurat.

    marzuni.
    081328886299

  15. singapore bakalan kena kagak sih pak de, ini keluarga saya yang di sana pada nanya, ada kemungkinan kena gak yah di masa-masa mendatang?

  16. Pak Dhe,

    Rupanya ‘alunan’ gempa ini, saling menggetarkan satu dengan yang lain nya ya, namun kok arah nya ke Utara ya Dhe…

    …apa juga berhubungan dengan ‘dextral’ nya sesar sumatera dan sesar Mentawai ya…

    Regards
    Sigit

  17. Kang Vicky,…sampai pukul 11:10 tadi pas saya ada di dekat wellhead dan fasilitas SFI di Duri Riau masih terasa goyangannya…langsung buka ke USGS eh, bener gantian sekarang dekat Kep. Mentawai.
    Tadi pagi jam 07:10 wib juga pas aku mandi, digoyang gempa. Tercatat yang pagi itu ada di Selatan Padang.
    Belum ada laporan tsunami juga efek domino ke gejala vulkanis…biasanya G. Talang atu Kerinci di Sumbar dan Jambi sudah bereaksi terhadap gempa tektonik. Saya kuatir Kang, jika ini menjalar juga ke tenggara atau malah ke patahan Sunda…Anak Krakatau bulan lalu sempat aktif lagi. Duri dari segi letak geologi mestinya cukup stabil, namun mampu juga digoyang. Ini artinya skala magnitutenya cukup gedhe ya Kang ?

Leave a Reply