Gempa sampingnya berkekuatan M7.8

15

Instrumental Intensity ImageGempa ini masih bersusulan hingga pagi ini. Pagi tadi tercatat Magnitude 7.9 (USGS) dikoreksi menjadi M7.8 dengan kedalaman 10 Km, tentusaja ini sangat berpotensi tsunami, karena sumber episenternya berada di laut. Tetapi masih ada beberapa syarat lagi untuk terjadinya tsunami, yaitu dislokasi permukaan (dasar laut) atau perubahan elevasi dasar laut. Namun sepertinya gempa ini merupakan pergeseran sesar mendatar, dari sesar Mentawai, sehingga perubahan elevasi permukaan tidak dominan.

Tetapi bukan berarti tidak ada perubahan dari gelombang laut, coba lihat dibawah ada catatan perubahan gelombang di Padang.

🙁 “Pakdhe mengapa di awal bulan puasa sih ?”

pada1.gif

Disebelah ini catatan ketinggian gelombang yang ada di pantai Padang. Terlihat adanya goyangan yang berubah dari goyangan sebelumnya yang disebabkan oleh getaran gempa pertama yang sempat dikoreksi oleh USGS menjadi sebesar M8.4. Namun sepertinya bukan tsunami sebesar sebelumnya di Aceh maupun Nias tahun 2001/2002.

Gempa di Bengkulu ini bertepatan dengan awal bulan Ramadhan. Seperti yang sudah pernah saya tuliskan Efek bulan terhadap pasang-surut, gempa dan gunung api, bahwa gempa sering berhubungan dengan peredaran bulan. Bisa terjadi bertepatan pada waktu bulan purnama atau juga pada bulan mati (awal bulan). Kali ini benar-benar terjadi tepatt pada saat awal bulan puasa.

Disebelah ini sebuah catatan grafis bagaimana hubungan antara pasang surut, bulan, dan gempa. Yang perlu diwasapdai terutama banyaknya segmen-segment gempa di darat lainnya yaitu sesar Semangko yang sering terpicu oleh gempa-gempa disekitarnya.

SALAM WASPADA !

15 COMMENTS

  1. ko gampo lo ko mah…
    apo penyebab gampo ko
    makonyo jan pai balimau juo lai…
    kiroe balunau jadie

    terjemahan :
    ini juga gempa kok…
    apa penyebab gempa ini
    makanya jangan pergi berlimau juga lagi
    kirannya berlumuran jadinya

  2. Setiap Hari disini selalu saja ada minimal satu kali 2-3 kali gempa meski skla kecil namun cukup mencemaskan…konon katanya gempa spt ini akan terus berlangsung selama 15 hari kedepan… apa komentar anda bang rovi… RICHTERS

  3. Gempa masih belum bisa diprediksi seperti cuaca. Jadi jangan ditunggu2. Tapi waspada saja. Walaupun para ahli bilang ke utara bener lokasinya tapi bisa saja terjadinya lima hari lagi, sebulan lagi, setahun, sepuluh tahun, atau bahkan bisa saja besok sore. Lah ya apa selamanya kita berada dikolong meja? Tentunya bukan begitu cara mengantisipasinya, kan ?
    Salam waspada !

  4. Kemungkinan Lempeng Eurasia dan Indo Australia akan semakin RAWAN…aktifitas panas matahari meningkat dan pemanasan GLOBAL menyebabkan EFEK pemuluran lempeng 2 LOGAM benua ini semakin bergerak cepat !!!

  5. apa mungkin kita memprediksi gempa melalui tingkah polah binatang?? setahu saya binatang memiliki kepekaan yang luar biasa sehingga bisa merasakan goyangan gempa yang kecil sekalipun.

  6. baru saja kami di dumai merasakan getaran gempa 10.42, sekitar 1 menit…apakah guncangan gempa akan terjadi terus ? apa akibatnya bagi pulau sumatera / daerah terdekat ?

  7. Duh … kita latihan menyelamatkan diri dari gempa dan tsunami yukk. Di RT saya belum ada tuh … latihan penanganan terhadap korban. Itu penting, kali aja kita nanti bantu banyak orang.

    Kata para tetangga yang menenangkan saya, “tenang aja, kita kan berada di ketinggian, ga kena tsunami deh” 😀

Leave a Reply