Ternyata gempanya masih ada yang menyusul

10

gempa 6.0 menyusul

Baru saja aku menuliskan di Blog ini sebelumnya tentang Gempa selama sepekan lalu di Indonesia Barat dibawah itu. Lah kok, eh ternyata gempanya masih susul-menyusul, saat aku nulis ini belum ada satujam lalu tercatat USGS dengan kekuatan 6.0 M.

Saya kira gempa 6,0 ini bukanlah after shock karena kekuatannya lebih besar dari yang sebelumnya. Gempa ini tertrigger oleh gempa sebelumnya.

;( “Yo wis thole TETAP WASPADA SAJA

Peta regangan by W Triyoso, 2006

Perhatikan peta Pak Wahyu Triyoso disebelah ini.

Lokasi yang ditunjuk dengan warna coklat ini adalah daerah-daerah yang berpotensi dan rawan gempa.

Sudah saatnya Pemerintahan Pusat di Jakarta mulai berpikir untuk berkoordinasi mengirimkan batuan ke lokasi-lokasi yang sudah mulai terpengaruh getaran ini seperti di daerah2 antara Padang dan Bengkulu dan sekitarnya.

10 COMMENTS

  1. Sepertinya Jogja jauuh dari situ. Menurutku tidak akan secara langsung terpengaruh. Tetapi aktifitas gempa itu akibat tertrigger sesuatu yang jauuug lebih kompleks dari sekedar terpicu gempa-gempa sebelumnya.

  2. Waduh.. gimana dengan Jogja dan sekitarnya pakde? Apakah mungkin akan terpicu juga dengan adanya gempa2 yang terjadi dideretan selatan Indonesia ini? Mohon informasinya pakde….
    Salam

  3. wach….wach….ngapa’ kuwe’…??
    duch gusti nyuwun ngapuro…ko disaat awal bulan Mulia…Engkau beri cobaan bagi saudara-saudara kami di sana…
    Pakdhe’….ada kemungkinan gempa di Bengkulu memicu kembali gempa di kawasan pantai barat Sumatra ampe daerah selatan P. Jawa ga…???
    Kliatannya,itu mrpkan daerah sekitar lempengan gempa dulu kan…???
    salam korban gempa Jogja 😛

  4. Otto kaget banget tadi sahur, ada berita di Yahoo! kalo Sumatera (lagi) kena gempa, maklum, gak pernah nonton TV, lalu cari-cari info dan memang, meski tetep ada selisih korban, dan langkah kedua, mencari tulisan Pak Dhe untuk jadi bahan bacaan teman-teman yang belon kenal ama Pak Dhe. Sulit sekali meminta pemerintah untuk mendidik warganya paham dan mengerti kalo Indonesia tuch berada di jalur bencana, padahal dulu di SD, peta bumi tuh menunjukkan kalo Indonesia berada dalam rangkaian gunung berapa, berada pada batas kontinen, kok yo ora sadar-sadar…, piye ngono kuwi Pak Dhe, apa Malaysia juga gitu…?

  5. nah tuh pakdhe …
    koq gempa susulannya gedhe juga ???
    padahal kan biasane cuma kecil2 aja dhe susulannya ???
    wah wah … medeni yo dhe … lah piye iki ???
    duh gusti …

    dilihat dari peta ada stress yang belum terlepaskan,
    berarti titik2 itu termasuk rawan untuk gempa yo dhe ??
    apalagi ada pemicu aktif dan besarnya …
    sedang gunung berapi aja langsung terpengaruh …
    apalagi stress yang terakumulasi …

    wah … wah …
    waspadalah !!! waspadalah !!!
    kulo bisa merasakan susahnya jadi korban gempa …
    juga panik dan perasaan lainnya …

    korban gempa jogja sih … :p

Leave a Reply