Waspada Gelombang Pasang ! Jumat 15 June 2007

1

WASPADAI PANTAI-PANTAI SELATAN BALI-JAWA-SUMATRA

Bulan saat ini.

– 🙂 “Pakdhe Mana bulannya ? kok item gitu ?
– 😀 “Ya itulah kondisi bulan pada saat ini. Yaitu saat konjungsi”

Gelombang pasang hari ini memuncak akibat posisi bulan dan matahari yang dalam kondisi konjungsi. Artinya posisi bulan bumi dan matahari sedang satu garis. Sehingga bulan tidak tampak karena tidak ada pantulan cahaya matahari yang mengenai bulan, yang biasanya teramati dari bumi.

Bagaimana gelombang pasang bisa meninggi. Ya seperti yang sudah dicritakan sebelumnya disini, kondisi muka air laut sangat terpengaruh oleh bulan dan oleh matahari. Bahkan bulan memilki pengaruh 70% pada pasang-surut muka air laut ini.

Graphic on how the Moon and Sun affect the tidesPada gambar disamping posisi bulan saat ini adalah pada Spring Tide atau new Moon (Bulan baru). Seperti yang sudah ditulis oleh Pak Ma’rufin, semalam beliau mengingatkan bahwa kemugkinan konjungsi berdasarkan perhitungan moon calculatornya pada tanggal 15 June 2007, sementara perigee (posisi terdekat Bulan dengan Bumi) terjadi 27 jam sebelumnya dengan jarak Bumi – Bulan (centre to centre) 359.400 km. Jadi konjungsi terjadi saat Bulan berada dalam posisi perigee, dan disini terjadi “spring tide” : pasang naik maksimum. Pagi tadi beliau mengingatkan untuk konjungsi di Indonesia diperkirakan hari ini Jumat 15 June Jam 10 (geosentric) atau Jam 11 (toposentrik). Ada sedikit perbedaan perhitungan karena berbeda geometri yang dipakai. Namun jelas pada saaat-saat ini merupakan pasang maksimum.

– 🙁 “Waddduh Pakdhe, ini warning ya ?”
+ 😀 “Betul tole, ojo sembrono kalau dipantai hari ini ya”

Berita dari Antara Jumat siang ini menyebutkan gelombang pasang sudah mencapai 4 meter pasang naik di seputar Pulau Bali.

Kalau hari hujan tentunya pasang naik ini akan semakin tinggi karena tekanan udara yang turun, sehingga air terasa lebih “mumbul” membubung. Mengapa muka air laut naik ketika hujan. Ya ini disebabkan oleh menurunnya atau rendahnya tekanan udara. Tekanan udara rendah merupakan tempat berkumpulnya awan.

hujan-di-laut.jpg

Kalau terjadi siang ataupun malam hari maka seperti pernah digambarkan sebelumnya terlihat seperti dibawah ini.

sumber www.e-dukasi.net

WASPADA YA !

1 COMMENT

Leave a Reply