Rambut-pun melakukan upacara di sekitar semburan Lusi

17

wow.jpgSeorang kawan maya mengirimkan foto beserta keanehannya. Yaitu tentang foto anaknya yang dipotret disekitar Lusi. Awalnya tidak heran, tetapi ketika ada yang berteriak “looh rambutnya kok berdiri ?” …. whuiiy !!

Seperti apa sih ? Kenapa rambut berdiri ? Jangan-jangan ada jin penunggu yang bikin bulukuduk berdiri ?

Klik untuk memperbesarLatar belakang ilmiahnya sebenernya sederhana. Bukan jin, bukan soal gangguan penunggu Porong.

upacara.gifGejala ini waktu sekolah SD sudah diberitahukan yaitu gejala “elektro statis“. Ya, barangkali sudah banyak yang tahu. Tetapi gejala “listrik diam” ini cukup menherankan mengapa cukup kuat di sekitar Lusi ? … Ah jangan kaget dulu, disini dongeng aja sederhananya ya.

Gaya elektrostatik adalah tarik-menarik antara muatan negatif elektron dan muatan positif inti atom. Gejala ini sudah lama dikenal dan salah satu gejala yang paling sering dijumpai adalah petir. Ya petir merupakan gejala elektrostatik.

– 🙁 “Iya, tapi kenapa di sekitar Lusi ?”

pos-neg.pngGejala gaya elektrostatik sudah dikenal lama dengan fenomena petir, juga rambut berdiri ketika memegang sebuah bola yang memiliki muatan elektrostatis. Gejala ini juga mudah dilihat ketika melihat balon yang seolah menempel pada dinding ataupun tangan.

Balon yang seolah-olah menempel pada dinding ataupun kaca ini sebenernya mengalami interaksi elektrostatik. elekron-elektron yang ada pada dinding dan pada karet balon akan mengumpul pada sisi yang berdekatan. Elektron akan bermuatan negatif sehingga elektron ini akan menempati sesuai dengan kelompoknya. Muatan yang berbeda akan saling tarik-menarik dan muatan yang tidak sejenis akan tolak menolak. Balon yang berjauhan dengan dinding akan memiliki distribusi muatan yang relatif merata ketimbang balon yang berdekatan dengan dinding seperti terlihat pada gambar balon itu.

sisir.gifCara lain untuk membuat sebuah benda bermuatan listrik statis adalah dengan menggesek-gesekkan dua benda yang tidak bersifat konduktif (bukan logam) dengan cara searah. Ini dimaksudkan agar terjadi polarisasi atau pengumpulan muatan listrik statisnya. Yang sering terjadi adalah ketika menggunakan sisir plastik. Setelah dipakai sisir ini akan memiliki muatan listrik statis juga. Kenapa sisir ? Karena kalau kita sisiran kan searah.

– 🙁 “Iya, Mana ada sisiran kok dua arah bolak-balik ? Lah teneh rambute awul-awulan 😛 . Ndagel Pakdhe niy. Tapi, dhe, kenapa di sekitar Lusi ?”

Yang terjadi disekitar Lusi adalah pergeseran atau gesekan antara material yang keluar dari lubang semburan. Material berupa air serta kerikil ini saling bergesekan juga dengan dinding ketika keluar dari dalam tanah sana. Artinya terjadi gesekan searah dari bawah keatas. Walaupun di dalam sana alirannya bukan mulus (laminer) tetapi kemungkinan besar turbulens. Tetapi secara menyeluruh merupakan gerakan kesatu arah keatas. Disinilah menyebabkan material-material yang keluar dari kawah lusi akan memilki muatan listrik statis yang menyebabkan rambut berdiri.

– 🙁 “Iya, tapi kenapa di sekitar Lusi ?”

elektrostatik_volkano.jpgKalau masih kurang yakin berikut adalah gejala listrik statis pada semburan sebuah gunung api. Mekanisme dalam gunung api lebih dahsyat yaitu munculnya petir diantara material letusan. Dibawah ini gambaran petir diantara semburan letusan gunung api di Indonesia.

+ 😀 “Piye le ? wis yakin kalau itu hanya gejala alamiah biasa?”
– 🙁 “Iya, tapi kenapa di sekitar Lusi ?”

Apakah and juga merasakannya ketika berada disekitar kawah porong ?

Sumber foto : http://tboeckel.de/EFSF/efsf_wv/java/java_e.htm

17 COMMENTS

  1. setelah sisir yang mendapatkan muatan dari gosokan,beberapa saat akan menghilang…mengapa demikian ya???????

    –> Ada beberapa kemungkinan: Muatan yang berada pada sisir terdistribusi diseluruh sisir, sehingga tidak ada muatan yang terkumpul. Bisa jadi juga muatan itu tertukar dengan material lain, misal udara yang bergesekan, atau benda lain yang bersentuhan dengannya.

  2. tapi pak kan kita berada di alam yg terbuka, klo seperti contoh2 kecil yg sudah diberikan seperti balon, sisir, mistar..itu kan ada bendanya dan akan ada efeknya klo kita mendekatkan diri ke benda tersebut..saya tau klo kasus yg di LUSI karena muatan listriknya besar dan kuat..tapi org tersebut kan hanya berdiri saja di sekitar..aq ra mudheng blast..tolong penjelasan yg lebih terinci, step by step maybe??

  3. Mas Agus pernah memegang bola yang mengandung listrik statis ndak ?
    Itu tuh yang bikin rambut kayak rambutnya Einstein. Jadi kalau anda memegang atau bersentuhan dengan benda yang memilki listrik statis akan juga bermuatan listrik statis juga.
    Kalau dilepaskan atau berjauhan maka muatannya juga hilang. Demikian juga kalau jauh dari lokasi Porong mungkin akan hilang pengaruhnya.

    Tahu ngga bahwa cairan pelembut kain, baju, handuk dll yang dicampurkan ketika mencuci itu adalah zat yang mampu mengurangi efek listrik statis sehingga handuk terasa lembut ?

  4. berarti udara di sekitar orang itu di foto yg bermuatan listrik statis Pak Dhe?

    kalau contoh yg Pak Dhe berikan seperti balon, tangan, penggaris, sisir itu saya bisa kebayang, nah kalau di kasus ini kan di sekitar rambut yg berdiri itu hanya ada udara, sementara gesekan yg terjadi hanya di sekitar lubang semburan? apa bisa sekuat itu pengaruhnya Pak Dhe?

    saya masih penasaran…

  5. Padamkan lampu di kamar. Tutup jangan ada cahaya masuk. Gosokan mistar plastik ke rambut yang kering beberapa lama. Dekatkan mistar plastik ke lengan yang berbulu halus. Tampaklah cahaya berkilauan diiringi suara gemeritik. Cobalah.

    Padamkan lampu. Padamkan televisi. Dekatkan tangan ke layar televisi. Cobalah

  6. wah… trims pak Dhe…
    penjelasan ilmiah seperti ini yang saya inginkan, sangat informatif dan menjawab rasa penasaran saya.

    🙂

Leave a Reply