Gempa Padang 6.3 Mw (USGS)

47

Klik memperbesarGetaran gempa cukup kuat dengan kekuatan 6.3 Mw telah menggoyang Padang Sumatra. Pada hari Selasa 6 Maret 2007, pukul 10:49 pagi.

Belum lagi selesei mengedit tuLIsan gempa iNi susulan 6.1 Mw menggoyang PCku, di Gedung Menara Tan&Tan Kuala Lumpur

Kalau melihat peta getarannya, ini saya rasa cukup kuat dengan kekuatan sebesar VI-VII skala MMI, sangat mungkin untuk menyebabkan kerusakan bangunan. Pusat gempa ini berada di darat sehingga tidak menyebabkan tsunami. Tetapi Padang termasuk daerah rawan longsoran. Hati-hati terhadap longsoran ini.

Dari peta lokasi serta kedalamannya yang hanya 36 Km, sangat mungkin gempa ini merupakan pergerakan Sesar Semangko yang memanjang di bagian barat Pulau Sumatra berarah Barat Laut – Tenggara.

Earthquake Details (USGS)

Magnitude 6.3
Date-Time
  • Tuesday, March 6, 2007 at 03:49:41 (UTC)
    = Coordinated Universal Time
  • Tuesday, March 6, 2007 at 10:49:41 AM
    = local time at epicenter
  • Lokasi 0.536°S, 100.498°E
    Kedalaman 30 km (18.6 miles) set by location program
    Region SOUTHERN SUMATRA, INDONESIA
    Jarak 50 km (30 miles) NNE of Padang, Sumatra, Indonesia
    160 km (100 miles) SW of Pekanbaru, Sumatra, Indonesia
    425 km (265 miles) SSW of KUALA LUMPUR, Malaysia
    930 km (580 miles) NW of JAKARTA, Java, Indonesia
    Ketidakpastian horizontal +/- 9.7 km (6.0 miles); depth fixed by location program
    Parameter Nst= 42, Nph= 42, Dmin=>999 km, Rmss=1.21 sec, Gp= 54°,
    M-type=moment magnitude (Mw), Version=6
    Sumber USGS NEIC (WDCS-D)
    Identitas USGS us2007zpah

    Belum lagi selesei mengedit tuLIsan gempa iNi susulan 6.1 Mw menggoyang PCku, di Gedung Menara Tan&Tan Kuala Lumpur 😉

    – : ( “Looh looh Pakdhe ”
    + : 😉 “Pusing aku, le :(“

    100_0.gifRegion: SOUTHERN SUMATRA, INDONESIA

    Koordinat : 0.526S, 100.531E
    Magnitude: 6.1 Mw
    Kedalaman: 30 km
    Universal Time (UTC): 6 Mar 2007 05:49:28
    Waktu Lokal: 6 Maret 2007 12:49:28

    Kota-kota terdekat:
    51 km (32 miles) dari Padang, Sumatra.
    156 km (97 miles) dari Pekanbaru, Sumatra.
    314 km (195 miles) dari Sibolga, Sumatra.
    420 km (261 miles) dari SINGAPORE

    Gempa ini sempat membuat Panik di Singapura. Gempa dirasakan para karyawan gedung di Singapura selama beberapa saat. (AFP/Roslan Rahman)

    (sumber detik.com)

    47 COMMENTS

    1. mengapa orang banyak begitu panik mendengar kabar dari para ahli bahwa akan terjadi gempa 9 SR ??, bukankah itu tidak pasti, lalu mengapa orang tidak begitu peduli ketika ALLAH menyampaikan berita “ bahwa kamu makin dekat waktu-mu untuk menghadapku…!, dan lucunya orang banyak sepertinya tidak begitu takut….
      inilah hal terlucu yang pantas ditertawakan, bahkan lebih lucu dari pelawak manapun, tapi mengapa tidak banyak yang tertawa…?!

    2. Saudara Muslim,

      Subhanallah …
      Gempa yang terjadi di Padang beberapa waktu yang lalu terjadi pada tiga waktu …

      Gempa pertama terjadi pukul 17;16 (Lihat Surah 17 ayat 16 – Al-Israa’ 16)
      Gempa kedua terjadi pukul 17;58 (Lihat Surah 17 ayat 58 – Al-Israa’ 58)
      Gempa ketiga terjadi pukul 08;52 (Lihat Surah 8 ayat 52 – Al-Anfaal’ 52)

      Mari kita lihat kejadian tersebut dengan mencocokkan dengan ayat-ayat yang tersirat/tersurat dalam Qur’an.

      Allahu a’lam bissawwab

      Semoga kejadian tersebut akan menambah keimanan kita semua … Amien.

    3. Yang bikin aku penasaran, bantuan datang bertubi-tubi dari dalam dan luar negeri, selalu saja ada yang belum kebagian, sampai pada menjarah bantuan di kantor bupati, KEBANGETEN BANGET, apa penyaluran bantuan disaat genting seperti itu pake birokrasi yang rumit juga, apa tidak bisa dibuat jalur birokrasi khusus bencana supaya semua korban bisa segera ditangani, kalo kelamaan ga diberi bantuan makin banyak korban yang berjatuhan……rumitnya negara kita ini…tapi syukurlah gempa ini tidak DI-KLAIM OLEH MALAYSIA….

    4. saya dari makassar .alhamdulillah sampe saat ini di mmakassar g pernah terjadi gempa yang memakan korban.kira2 ada g ya alat yang bisa membaca titik gempa selanjutnya secara akurat dan dapat dipercaya.dan turut prihatin terjadinya gempa di padang sumatra yang memakan banyak korban.

    5. Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.
      QS. al-Isra’ (17) : 16

    6. “wahai semua saudaraku se tanah air, benar2 sudah saatnya kita bersujud , tobat atas semua kesalahan dan kemaksiatan yg telah pernah kita lakukan, sadarkah bhw ini jg adzab yg diberikanNya agar kita memahami dan berbuat di jalanNya…Bangsa kita ini sdh penuh dengan hal2 yg tdk dianjurkan Agama,maka sdh selayaknya Allah pun memberikan peringatan yg Maha Dahsyat….mungkin Allah masih punya yg lebih dahsyat lagi kalau kita tidak segera insyaf “

    7. Untuk saudaraku se Indonesia saya sampaikan pendapat saya untuk dapat dikeritisi :
      mengenai peristiwa gempa kemungkinan kapanpun dapat terjadi karena begitulah keadaan bumi tempat kita hidup ini dan dimanapun dapat terjadi, terjadinya bukan saja di daerah patahan tetapi juga empiris menyatakan di daerah tidak patahan gempa juga terjadi.
      tentang akan adanya gempa dengan kekuatan 9 SR bahkan lebih j, juga mungkin saja terjadi empiris juga membuktikan seperti di aceh dan di sodom
      Tetapi siapa , alat , ilmu , teknologi , dukun ,futurist , peramal dan negara apa yang dapat menyatakan bahwa bahwa akan terjadi gempa dengan jitu se jam lagi , se hari , se bulan , setahun , se abad lagi semuanya hanya pra kiraan , bisa “ya” bisa “tidak” jadi ketentuannya tidak pasti.
      yang pasti adalah “setiap manusia pasti merasai mati ” , dan ” hari kiamat”.
      kenapa kita galau dengan suatu ketentuan yang tidak pasti . ? dan apabila ada hanya berkadar sebagai act/ penyebab berobah alam manusia dari fanah ke baqa , kenapa kita tidak menyiapkan segala sesuatunya untuk suatu yang pasti yaitu yaitu kematian/ hari penghisaban dengan berperinsip ” hidup seribu tahun lagi dan hari esok adalah hari kematian”. dengan berlandaskan kepada Kitab Suci dan ditambah dengan Hadist Rasullullah bagi kita yang Islam, baik akan ada gempa/tsunami yang sangat…sangat ….besar maupun tidak ( Manusia lebih banyak wafat di tempat tidur karena bermacam-macam sebab dan yang diakibatkan gempa/tsunami hanya 0,000000000……1 % ).
      pendapat ahli geologi dan atau pemburu gempa patut kita hargai dan dijadikan kesiapan menuju akhirat. Wss
      salam Sayang dari mak itam, tek id dan arief di padang.

    8. semua orang yang memprediksi ada gempa susulan sebesar 9 SR adalah orang GILAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA perlu dibawa kerumah sakit jiwa secepatnya kalau tidak dia akan membuat gempa berskala 12 SR dengan isterinya…

    9. bener pakde,
      barusan hujan di seputaran lunang silaut, pengungsi banyak yang kebeingungan karena bantuan tenda belum ada yang belum dapat, atau bahkan belum terdistribusi.

      piye karepe kamarentah ki, nek nyoblos kon sregep, tapi nek pas jatahe rakyat sama lambat. bahkan tidak sungkan untuk menyunat, samapi rakyat jadi sekarat

      nuwun
      zuni

    10. DUH GUSTI MUGI PARING PANGAPURA DHUMATENG SEDAYA KULA. BEBENDHUNING GUSTI INGKANG AWUJUD HOREG / LINDHU SAESTU HANDADOSAKEN TRINTRIMING MANAH SADAYA KAWULA, MALIGINIPUN SEDEREK SEDHEREK SEDHEREK KULA INGKANG MAPAN ING BENGKULU, PADANG LAN SANES SANES PAPAN INGKANG UGI KATAMAN HOREG. MUGI KEPARENG PARING PANGAPURA DHUMATENG SEDAYA KULA, TANSAH PINARINGAN ELING LAN MANEMBAH GUSTI. MALIGINIPUN DHUMATENG PARA SDHEREK KULA INGKANG KULA TRESNANI, INGKANG KATEMBEN KAGANJAR, MUGI TANSAH ELING LAN EMUT DHUMATENG GUSTI INGKANG MURBENG DUMADI. MUGI TANSAH KAPARINGAN KARAHAYON, WILUJENG TUMRAP KULA PANJENENGAN SADAYA, TUMRAP PARA KADANG LAN TUMRAP NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. AMIN, KANJENG. 13 sep 2007.

    11. maaf numpang unek-unek. pemerintah harusnya tanggap dalam memberikan informasi mengenai wilayah rawan bencana alam. paling tidak dikampanyekan secara gampang, biar anak SD sekalipun bisa ngerti. gimana?

    12. Usull… Sampe skrng kan belum ada papan peringatan daerah rawan gempa di jalan ato dipemukiman, gimana kalo di sepanjang jalur sesar aktif di indonesia di pasang papan pngumuman daerah rawan gempa. he he,,

    13. pak, apa benar ada kemungkinan Sumbar akan hilang dari peta, karena tenggelam oleh gempa? ada 3 gunung yang akan aktif dan memicu retakan di laut mentawai, apo iyo???

    14. Semoga terbukalah mata hatiku,
      mata hati bangsaku, dan semua insaan
      ‘tuk tunduk semakin dalam,
      ‘tuk merendah semakin pasrah
      dihadapanMu, … yaa Allooh

      Sesungguhnyalah
      hati kami yang tenggelam,
      dan terbenam dalam lumpur,
      hati kami lah yang berguncang, patah,
      longsor, ambless dan runtuh berantakan
      hati kami pun terbakar jadi arang, hitam … hitam …
      dan gelap semakin pekat

      Yaa Alloohu ……….. robb
      dalam gelap ini pun kami merintih dan menjerit
      memohon ………. beri kami kesempatan
      sampai smua lorong-lorong hati ini penuh taubat
      Ampuni kami yaa Allooh ….
      dan tuntunilah kami dengan cahyaMu
      yag benderang dan gemilang
      dengan rohmatMu
      Aamiin

      IM

    15. Duh, …. nganti kamitengengen aku, …. ga bisa ngomong lagi.
      Kenapaa ya kenapa ….. kepriyeee trus kepriye … ???
      Duh Gustiiiiiiii ……………. Ingkang Paring Kalonggaran ….. Ingkang Paring Pangaksomo …….. Ingkang Paring Pitedah …… !!!

    16. Aku semakin dimarahi anak saya dengan puisi ini :
      Apa gunanya Allah menurunkan khalifa geologi kalau masih banyak yang mati karena gempa, longsor, tsunami…….
      Apa gunanya Allah menurunkan khalifa geologi kalau masih banyak orang kehilangan rumah karena terendam lumpur…
      Apa gunanya Allah menurunkan khalifa teknik sipil kalau masih banyak orang meninggal karena rumahnya hancur dan infrastruktur lainnya karena gempa………..
      Apa gunanya Allah menurunkan khalifa ahli informatika kalau masih banyak rakyat mati karena tidak pernah menerima informasi dan pelajaran yang benar cara menghindar dari gempa, tsunami,………….
      Kalau masih tatp seperti ini maka Allah layak marah (layak memberi petunjuk yang lebih besar)……

      AW

    17. waktu saya liat citra rupabumi (DEM-SRTM) daerah Sumbar yang berasal dari LAPAN, di sebelah kiri kota Bukittinggi itu ada kayak tapak sepatu raksasa, itu apa nggih pakDhe? mohon dijelaskan kok geologi bisa bentuknya gitu.

    18. bangsa yang mampu bertahan dalam bencana adalah bangsa yang kuat. Indonesia harus banyak berpikir dan belajar dari kekalahan dan kobodohan serta ingin menag sendiri yang selalu dilakukannya……..

    19. pak rovicky….emange tanda-tanda gempa itu piye to…
      apa bisa diliat dari awan yang horizontal(?), ular-ular (perasaan kalo ada ular ga sempet merhatiin..dah takut duluan), orang2 yang kesurupan(?)..atau ada lainnya….
      btw kok musibah seperti ada trendnya ya…tren di bencana alam juga di bencana transportasi…
      piye tuh pak..

    20. Wah kasihan amat yach bapak Presidennya… tiap hari ada bencana terus dari barat ke timur….
      apakah indonesia dah kebanyakan dosa yach ?
      buat tanah di jogja: “Jangan keseringan bergetar yach aq takut nih 🙂 dan rumah bantuannya baru aja selesai dibangun”

    21. Ikut merasakan duka se dalam-dalamnya atas gempa yang menimpa lingkup kehidupan saudara2 kita di Padang-Solok dan sekitarnya.
      perkenan Saya mengucap doa kehadirat Yang Maha Punya;
      Tuhan Maha Besar…..Maha Tahu…Maha Pengasih dan Maha Penyayang…..tolonglah hambaMu ini, yang lemah serta tak berdaya melawan gempa-Mu….
      Walau kami semua jua sadar, Engkau adalah penetap kejadian yang sebaik-baiknya untuk kami….
      Ya Tuhan, jangan Engkau berikan cobaan kepada kami, melebihi kemampuan yang dapat kami pikul…
      ampunilah hambaMu ini….
      Bimbinglah kami ke dalam peluk kehangatan cintaMu serta bisikan ridhoMu.

      Saudaraku (di Padang-Solok dan sekitarnya) yang dipenuhi cahaya kasih-sayang Tuhan, tabahkan hatimu, kerna tiada suatu kejadian tanpa seijin empunya. Tuhan Maha Besar dan Tuhan Maha Tahu terhadap apa yang dikehendakiNya.
      Mari kita selalu bersama dalam kesabaran dan tawakal kepadaNya, dan derita segera berlalu. amien.

    22. duh gusti bencana koq sambung menyambung menjadi satu… itulah INDONESIA (walah koq malah nyanyi tho). Turut prihatin dan berduka cita atas korban musibah bencana gempa di Solok, Sumatera Barat dan sekitarnya, semoga diberi kesabaran, kekuatan dan rasa syukur segala anugerah yang diberikan-Nya… amien 3x

    23. ralat nih pak, faktanya gempa yang pertama kali dirasakan terjadi pada pukul 11-an, kemudian terjadi lagi pas jam 1 kurang 10 itu (kayaknya ini yang di data USGS). memang beberapa bulan ini gunung marapi (bukan sorik marapi) sedang “batuk-batuk” tapi gakt au ya, apa mau erupsi… kebetulan saya di padang dan rumah keluarga saya ada yang di kaki gunung merapi ke arah bukittinggi. biasanya bila batuk berat, abunya jatuh ke arah batusangkat (tanah datar), dan bila batuk parah kadang sampai ke bukittingi.

    24. –> Om papang
      Soal Gempa dan gejala EM memang sedang menjadi riset dalam penelitian precursor gempa.
      Tapi apakah EM menyebabkan kesurupan ? … hmm aku bukan dhukun je

      –> Hasbi
      Memang yag harus diwaspadai adalah aktivasi Gunungapi. Justru harus diwaspadai sekarang adalah : (1) reaktivasi Gunungapi Talakmau, Gunungapi Sorik Marapi, dan
      Gunungapi Talang, (2) longsor, tambahan pula lagi musim hujan.

    25. apakah gempa ini bisa jadi pemicu untuk gempa tektonik didaerah padang atau gempa vulkanik susulan berikutnya?
      butuh jawaban secepatnya dari warga padang

    26. Pak Rovicky, saya niteni kalau habis ada kesurupan massal kok terus ada gempa bumi.Gempa di Aceh,Jogya, Jawa Barat,di Tual Maluku dan ditempat lain, sekarang di Sumatra Barat, selalu didahului fenomena kesurupan masal (bertita transTV).Lha berita fokus siang Indosiar tanggal 6/3 ini, ada kesurupan massal di Donggala. Jangan-jangan di Indonesia Timur juga ganti ada gempa dalam waktu dekat ini. Kalau dugaan adanya hubungan antara kesurupan masal dengan gempa ternyata benar kan dapat dipakai untuk mitigasi korban gempa. Fenomena ini apa mungkin karena adanya medan magnet yang terbuka dalam proses akan terjadinya gempa sehingga mempengaruhi kerja otak pada orang-orang (biasanya wanita ) sehingga terjadi perubahan muatan listrik pada syaraf-syaraf otak sehingga gejalanya seperti yang terjadi pada orang terkena kejang epilepsi . Atau kalau dianggap gaib,adalah adanya arwah-arwah didalam bumi yang merasa terusik karena adanya proses perubahan batuan didalam bumi.

    Leave a Reply