Barambai Mengandung Gas Alam !

8

Sumur BarambaiDugaan saya adanya kemungkinan gas yang terkandung di Barambai, Barito, Kalimantan Selatan, bersamaan dengan munculnya semburan gas, mungkin akan segera diketahui. Hal ini bisa dibaca di websitenya BPMIGAS.

Nah, jadi jangan terlalu takut dengan semburan. Ada kalanya semburan itu justru “hadiah” dari alam.

Berita itu aku kutip dibawah ini (sumber BPMIGAS Web)

11 DES 2006 13:53:07
PEMERINTAH AKAN TAWARKAN POTENSI GAS BARAMBAI KE INVESTOR

JAKARTA – Pemerintah berencana menawarkan potensi gas Kampung Bali, Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, kepada investor. Potensi gas tersebut terdeteksi bersamaan dengan semburan lumpur dari sebuah lubang pemboran air tanah dengan kedalaman 138 meter pada 22 November lalu.

Dirjen Migas, Luluk Sumiyarso seperti dikutib Investor daily mengatakan, pihaknya tengah meneliti status potensi gas di wilayah itu. β€œKalau itu masuk wilayah terbuka, investor bisa mengajukan joint study dan nanti akan kami tender. Investor tersebut memperoleh privilege,” kata Luluk.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi DESDM Bambang Dwiyanto mengatakan, semburan lumpur dan gas dari lubang pemboran air tanah di Barito Kuala tidak berbahaya bagi kehidupan. Namun masyarakat diminta tidak beraktivitas di sekitar semburan gas. β€œDari hasil analisa konsentrasi unsur gas yang keluar tidak berbahaya karena masih di bawah ambang batas yang membahayakan kesehatan,” tuturnya.

Bambang menambahkan, lubang semburan itu mengeluarkan gas yang bertekanan kuat dan mengeluarkan lumpur dalam jumlah kecil. Suhu lumpur yang keluar sekitar 26 derajat Celcius masih dalam kisaran normal.

Komposisi gas di atas lubang semburan, lanjut Bambang, terdiri atas gas metana 22,2-26,6%, karbondioksida 0,45-0,75 % dan nitrogen sekitar 80%. Gas metana dan karbondioksida kemungkinan berasal dari jebakan hidrokarbon di bawah permukaan. ***

Apakah ini tanda-tanda bagus ?

Ya tentusaja ini “pertanda” bagus, mungkin saja benar. Tetapi bukan berarti pasti ada gasnya. masih banyak yang harus diuji. Diuji kandungan serta komposisinya, diuji seberapa besar jumlahnya, diuji dengan test produksi, dan baru akhirnya diuji keeonomiannya.

Bisa saja itu gas methane dari jebakan gas, bisa jadi juga CBM (Coal Bed Methane) . Perlu penelitian lebih lanjut.

Penampang barat-timur

Nah sekarang aku gantian bertanya …. kalau ternyata nantinya yang di porong juga merupakan pertanda bagus, siapakah yang berhak memperoleh atau mengelolanya ?. Perlu diingat saat ini yang membeli tanah itu bukan dengan uang Pemerintah. Lah apa Lapindo lagi ? Bisa jadi, … tapi aku ngga akan kaget kalau nanti ada yang serta merta menggunakan teori konspirasi … waaak …
Jangan suudzon lah yaw

Penampang Barat-timut disederhanakan

8 COMMENTS

  1. Saya baru baca posting ini sekarang. Bertempat tinggal di Kalimantan Selatan, saya serem sendiri membayangkan akan ada eksploitasi gas di Barambai. Gimana ga serem, udah banyak bolongan bekas berbagai tambang mineral…mo ditambah lagi pori2nya dengan eksploitasi GAZZ…

    Hiyyy..udah ibukotanya di bawah permukaan laut. Kawasan penyangganya dihajar tambang batubara, emas, intan dan bijih besi. Kawasan gambutnya di konversi jadi kota pemekaran dan lahan pertanian. Ditambah lagi sekarang kawasan lowland-nya dibilang punya cadangan gas bumi. Udah mulai dijajain lagi. Haduhhh…

  2. wah bentar lagi kalimantan bakal jadi daerah eksploitasi gas besar2 nih, kan katanya kalimantan tempat cadangan gas terbesar ke 2 di indonesia.
    teerus utk yg diporong kl emang bener yg dibawah sana sangat buanyaaaak banget,kayae masyarakan ga bakal biarin lapindo utk ngotak-ngatiknya daerah lagi deh, soale orang2 dah pd terauma tuh, tapi kayaknya ga’ mungkin juga lapindo meninggalkannya begitu saja, entahlah apa yg akan terjadi beberapa taun ato berpuluh2 tahu kedepan.

  3. oo gitu ternyata.. mudah2an ajah lumpur di porong memberikan manfaat bagi warga sekitar πŸ™‚

    thx yak pak dhe atas infonya πŸ˜‰
    *males liat berita enakan liat blog* πŸ˜›

Leave a Reply