Ngintip perkembangan Porong dengan IKONOS

0

zoom.jpgApa itu Ikonos?
Ikonos adalah satelit milik Space Imaging (USA) yang diluncurkan bulan September 1999 dan menyediakan data untuk tujuan komersial pada awal 2000. Ikonos adalah satelit dengan resolusi spasial tinggi yang merekam data multispektral 4 kanal pada resolusi 4 m (citra berwarna) dan sebuah kanal pankromatik dengan resolusi 1 m (hitam-putih). Ini berarti Ikonos merupakan satelit komersial pertama yang dapat membuat image beresolusi tinggi.

Dengan kedetilan/resolusi yg cukup tinggi ini membuat satelit ini akan menyaingi pembuatan foto udara. Lah iaya ngapain lagi pakai foto udara wong yang ini sudah cukup detil, bahkan kalau memetakan kota bekasi bisa dengan skala 1:5000 bahkan 1:2000 untuk desain tata ruang

 

Band Width

Resolusi
Spasial

Panchromatic 0.45 – 0.90µm 1 meter
Band 1 0.45 – 0.53µm (blue) 4 meter
Band 2 0.52 – 0.61µm (green) 4 meter
Band 3 0.64 – 0.72µm (red) 4 meter
Band 4 0.77 – 0.88µm (near infra-red) 4 meter

Yuuk, kita ngintip daerah Porong dengan ikonos yang lebih aman (aman dari pukulan pak Satpam .. upst ).

Diambil 6 Oktober 2005 29agut06.jpg

Inset 1 (sebelum 6 Oktober 2006 dan sesudah- 29 Agustus 2006 )

Dalam gambar sebelum kejadian terlihat lalulintas lancar jarak antar kendaraan mobil, bus dan truk cukup jauh. Nampak hijau tanaman padi. Pada gambar setelah di”tumbuhi” lumpur terlihat rona warna abu-abu, pabrik yg terkubur, serta jalan tol yang penuh sesak antri. Juga terlihat asal mengepul dari lokasi semburan.
before-6-oct-06.jpg after-29-agt-06.jpg

Bagimana perkembangan selanjutnya ?
Dibawah ini perkembangan tanggal 29 Agustus 2006 dan 16 September 2006.
dampak-26-agustus-06.jpg dampak-17-september-06.jpg

Dengan melihat pesatnya perkembangan yang hanya selisih kurang dari satubulan saja sudah jelas bahwa lumpur ini menjadi tidak mudah dikendalikan di lokasi semburan. Jalan tol Porong jelas harus dipindahkan, dan barangkali juga jalan kereta api disebelah baratnya.

Saat ini debit sudah mencapai diatas 125 000 meterkubik sehari, dan sangat mungkin cenderung meningkat. Tentusaja mengalirkan airnya yang 70% ini saja sudah akan sangat menolong. Tetapi kita tahu pasti bahwa hal ini bukan berarti telah menyelesaikan seluruhnya, masih banyak yang harus dikerjakan, masih banyak yg perlu perhatian. Termasuk dampak lingkungan pembuangan air ini ke Sungai Porong.

Wah sekarang dari satelit udah bisa diintip begini ya, harganyapun jauh lebih murah dari foto udara ….. Tapi nanti kalau musim hujan tertutup awan menjadi agak sulit juga ngintipnya. Hik hik kalau resulusinya lebih tinggi lagi barangkali bisa ngeliat genting yang bocor kali ya, pan bentar lagi musim hujan 😉

Source /refrences: Images acquired and processed by CRISP, National University of Singapore IKONOS image © CRISP 2004

1 COMMENT

  1. bila ku lihat saudara – saudara di jawa timur hatiku menangis sendiri,

    sungguh kejamnya orang – orang sana,,
    seandainya meraka tidak ada lagi tempat tinggal, mau kemana lagi mereka walaupun ada ganti rugi dari pihak yang bertanggung jawab,,

  2. rakyat korban, tolong jangan berharap terlalu besar terhadap bantuan dari berbagai pihak mulailah dengan berfikir kemungkinan terburuk, dan bersemangat untuk mulai usaha baru yang layak sehingga hidup bisa normal.

  3. pakdhe, aku minta data tentang ikonos dunk, ada ngggak?…..pokok’e all about ikonos deh
    Thanks…..

    –> Lah ya tanya Oom Gugle aja lah. Buanyak bangget info ttg ikonos

  4. Ada beberapa jenis citra satelit yang saya gunakan diantaranya ikonos, noaa, landsat, jerss, radarsat, quickbird, dll msh banyak lagi. Tapi sekarang ada citra yang namanya LIDAR pny resolusi yang sangat baik…coba deh cari infonya

  5. POKOKNYA PORONG TEMPAT PALING TERINDAH BUAT AKU…
    GW GK INGIN KLUAR DARI KOTA KELAHIRAN YG BUAT GW KENANGAN TERINDAH DALAM HIDUP..
    MASA2 KECIL GW AMAT SANGAT MENIKMATI DAERAH D SITU YG DULUNYA TIAP PAGI BISA MELIHAT HIJAUNYA PESAWAHAN…
    TAPI SEKARANG…..BAU GAS,DEBU,LUMPUR,DAN KEKUATIRAN KERETAKN DAN KEAMBLESAN TANAH DI SEKITAR TANGGUL PENAHAN LUMPUR… TIAP HARI RASA WAS2 SLALU MELIPUTI RASA HATI TIAP PENDUDUK SEKITAR…

    PORONG..PORONG..PORONG… LOVE U MY CITY..

  6. Mas Eko sing Bagus
    aku dari jogja tapi guru2 banyak dari bandung juga … ada Pak Koesoemadinata, Ada Pak Suyono, Bu Emmy Suparka … tempat kuliah di jetis jogja. Kalau tempat belajar sak antero indonesia 🙂

  7. makasih atas info CRISP nya Pak.. tapi kok resolusinya kecil bgt ya? Nggak kayak yg di artikel ini…cuma kayak thumbnail? Kalo mo dapet yg gedean (gratis) gimana pak?

    Makasih sebelumnya
    Setyo

  8. Aduh mas Syaifudin,

    Kok mengaitkan dengan dengan syirik… seluruh negri ini udah kena kutuk gitu masih ngurusin satu dua perbuatan syirik…

    Kalau korupsi masuk syirik gak ya? Kalau jual negri syirik gak ya? Kalau nebang hutan sampai habis dan merubah zamrut khatulistiwa menjadi gurun syirik gak ya?

    Kalau iya… we’re in one big %^^&%^%& hole!

    Salam,
    Nabiha

  9. Aduh mas Syaifudin,

    Kok mengaitkan dengan dengan syirik… seluruh negri ini udah kena kutuk gitu masih ngurusin satu dua perbuatan syirik…

    Kalau korupsi masuk syirik gak ya? Kalau jual negri syirik gak ya? Kalau nebang hutan sampai habis dan merubah zamrut khatulistiwa menjadi gurun syirik gak ya?

    Kalau iya… we’re in one bih %^^&%^%& hole!

    Salam,
    Nabiha

  10. ass.wr.wb
    kalo kita amati peristiwa retaknya tanggul kemarin, sudah dapat kita prediksi. Kita lihat setiap kali ada masyarakat yang berbuat syirik di sekitar luapan lumpur pasti selang berapa hari ada kejadian.

    1. Ketika tanggul jebol di KM 37 beberapa hari sebelumnya ada 30 dukun yang datang atau ikut sayembara

    2. Ketika tanggul retak beberapa hari sebelumnya sekelompok orang emdan melempar sapi ke luapan lumpur

    3. Ketika luapan lumpur semakin tinggi beberapa hari sebelumnya ada paranormal yang memberi sesajen hewan

    itu yang besar-besar, yang kecil-kecil dan tak terlihat wartawtan buanyak sekali. kita mestinya melihat bahwa ini Peringatan dari Allah, karena selama ini kita jauh dari-Nya. Caranya ya mari kita mendekatkan diri kepada Allah bukan menjauhi dengan berbuat syirik. Mari kepada seluruh masyrakat utk kembali ke jalan Allah, insyallah dengan taubat nashuha maka lumpur lapindo akan berhenti.

  11. Halo,

    Cuma mau nambahin soal satelit observasi bumi sedikit –
    Ikonos memang akurat dan hampir menyerupai foto udara – tapi namanya satelit itu semua ada plus dan minus tergantung kebutuhan pemakaian.
    beberapa fakta tentang ikonos:
    – punya swasta, jadi mahal.
    – resolusi spatial sangat tinggi – cock untuk kebutuhan tata ruang, kurang cocok untuk cuaca/meteo
    – resolusi temporal menengah – memang dia mengorbit tiap 98 menit, tapi kembali ke titik yang sama baru antara 3-5 hari; bandingkan dengan NOAA yang 24 jam, tapi resolusi spatial yang lebih rendah (sati pixel di nadir 1.1km persegi)

    Terus, google earth – itu aku kurang yakin – tapi setahu aku, itu adalah collage dari berbagai image yang tanggal pengambilannya sangat beragam. Kemungkinan gambar Landsat.
    Maskudnya – kalau nanya lebih baik ikonos atau google earth – ya tergantung… perlunya untuk apa dulu…

    Salam,
    Nabiha

  12. […] This year I do not going back to my home town for lebaran because of Lapindo Brantas thing and have chance to “enjoy” the quietness of Jakarta as well as the traffic jam in Bandung. anyway, when I was still In jakarta (just before lebaran) I have chance to go shopping in some Hypermarkets. To my surprise the stock for most of the items is very-very low especially the beverages. I can’t even find a singgle aqua gallon, nu grean tea, Milk etc… […]

  13. lebih enak pake ikonos apa google earth pro?
    selain ikonos & google earth pro apakah ada yang laen?
    mana yang terbaik?

    makasih
    arf.bp

  14. gm dunk solusi na?mending evakuasi semua warga daerah sekitar,drpd ntar kalo dah kn imbas…biar mereka yang “tenaga ahli” konsent kerja ga diganggu demo sgala….intinya saling pengertian….bukan ambil kesemapatan he….kmi disini cuma bisa do’a….

  15. Ma Eko,
    Wiki mapia citranya bukan citra yang “terbaru”, Jadi banjir lumpur porong belum terlihat pada image satelit disini. Cara ngezoom pakai yang disebelah kiri itu looh, geser2saja tombol mendatar di skala itu untuk zoom-in dan zoom out

  16. Pak rovicky. Kenampakan porong apa bisa dilihat pada citra yang ditampilkan pada situs WIKIMAPIA. Kalo di Geogle eart untuk ngezoom kan tinggal mainkan mouse saja pada objek yang dituju. KAlo di Wikimapia gimana ya cara ngezoom nya. Thanks pak.

  17. mas Dadeu dan pak BUDER yang bodoh itu penguasa negeri ini bukan cuma bodoh tapi juga jahat contohnya ya di sidoarjo gak ada keterpihakan yg tegas bagi korban LUSI ( tegasnya cuma sama PKL ), rakyat cuma salah pilih ( gak ada pilihan ) kalo cuma mo lihat-2 atap rumah pake google earth aja gratis download softwarenya, tapi gak up to date ( thn 2006 ), barangkali macam saya ini bisa lihat atap rumah saya ( cicilan belum lunas ) di sidoarjo sebelum kena lumpur sebagai kenangan ( jangan sampai ya ALLAH aku mohon ) , selamat lebaran….lumpur cepat brlalu

  18. Wah kebetulan lebaran ini aku ngga balik ke Jogja siy.
    Kalau ada yang balik trus mau menyumbang foto2 menarik fenomena kebumian kirim ke aku aja, nanti aku ulas cerita geologinya.
    Misal nanti ada yang pas mudik lewat jalan ada fenomena bumi difoto aja. nanti aku critain gejala-gejala geologinya.
    Dari kita untuk kita buat kita
    Met lebaran semuaaa .. !!!!

  19. Mas Rovicky, Setujulah aku dengan mas Dadeu.. ayo mulai saja biar anak2 kita pinter2, biar terpacu untuk bisa segera mengikis kemiskinan & kebodohan ini. masak sih amerika sudah jauh begitu kita duduk mlongo aja di sini…

  20. Vick…
    Ide dari Plikuy ini bisa diakomodir tuh…
    Selam ini pan lo bisa bikib Blog yang sangat informative, kenapa tidak dimodifikasi dan disebarkan untuk sekolah-sekolah..
    Selamat bekerja dan berkarya-lah…

  21. Mas, kenapa ya, kok kita nggak punya foto-foto yang bagus (buatan kita sendiri) yang menggambarkan secara detail dari semburan lumpur porong, bledug kuwu, sumber api abadi yang di madura, bojonegoro, gn pangrango, gn yang baru lhir yang di halmahera atau krakatau yang sekarang. padahal foto-foto itu kan penting untuk adik-adik calon geologist. (pikiran saya akan sangat bagus untuk tambahan pengetahuan. padahal kalau saya cari di google untuk “geyser”, saya bisa dapat buanyak gambar bahkan movie untuk yellowstone, guldur (di eslandia) sampai yang di amerika latin dan afrika. Kenapa kok fotografer kita gak mau nengok kesana ? televisi juga tidak, cuma gossip gak mutu gitu ? Kapan bangsaku maju uey!
    Gimana kalau mas Rovicky aja yang ambil gambar/movie ditambahi cerita lalu sekolah-sekolah bisa download, guru-guru juga bisa kontak ms Rovicky sekalian ?

    Terima kasih

  22. om! kalau mau download untuk photo satelit dimana??seperti quickbird…tapi yang gratisan……mau punya nih…biar bisa liat2 dunia….

  23. Kang Gatot ada tambahan dari saya,

    Kejelasan dari Data “OLAHAN” dari space imaging tgt dari :

    1. Cuaca pada saat data direkam( awan tdk boleh lebih dari 10%)
    2. Bandwidth dan Resolusi Spatialnya.
    3. Pengolah datanya

    Kebetulan lapan tidak punya data bandingan dari orbview dengan spatial resolution yang tinggi

  24. Den Rovicky, jangan2 spekulan tanah di Sidoardjo juga memanfaatkan Ikonos utk. survey lahan2 yang bisa buat ganti bedol desa. Jadi sekalipun dirahasiakan oleh Pemda setempat tahu2 tanah2 tsb. sudah diborong semua. Mungkin nggak ya…
    Atau barangkali anda sudah ngapling juga nih….

  25. Oom Vicky yang selalu up to date,
    just nambahin…
    Sebenernya bukan hanya IKONOS yang bisa ngasih service foto bumi dari satelit ini (space imaging), ada OrbView yang juga cukup canggih dg. OrbView 3 punya resolusi spasial s/d 0.41 m, ada Geo Eye, dan yang masih hangat adalah QuickBird, semuanya dari USA.
    Kenapa originated di USA,sebab awalnya dipergunakan untuk Military Project oleh american govt. Contohnya kalo mo ngebom suatu daerah tinggal memadukan data IKONOS, GPS dan computed miltary equipment….akurats !!!
    Yang dari eropa ada SPOT ( Perancis punya),cuma kurang laku di Indonesia. Saingan IKONOS di Indonesia hanya Quickbird, tapi agent merangkap data processornya banyak. Yang make oil industry, kehutanan, transmigrasi, tatakota dll….

  26. Walah Mas Gatot,
    Aku ini cuman bisa juwal kecap belinya aja ngecer gratisan. Lah smua ini dapet gratis dari CRISP lewat internet (link diatas), lah trus dijuwal gratis juga di internet.
    Kan mampunya cuman membagi inpormasi. Mau nulungi juga ga mampu. Tuh mas Hana udah nyindir, bisanya wong pinter kok ngomong thok. Wong ada yg kesusahan kok jadi lahan penelitian.
    Tapekno aku isane mung iki je.

  27. Kalo pakai yang mbayar “katanya” live show 😉
    Paling tidak image yang terakhir (terbaru). satelit ini mengelilingi bumi dalam waktu 98 menit, kecepatannya 6.8 kilometer per detik (ini kecepatan di daratan). Jadi sambil muter bisa memotret … wah nek aku pakai Nikon itu mesti goyang kalau didalem mobil, padahal cuman kecepatan 60 Km sejam ;(

  28. Den Mas Joko, Ikonos ini selalu merekam. kalau ngga salah mereka secara kontinyu merekam (memotret) seluruh permukaan bumi, kecuali terhalang oleh cuaca atau kendala teknis lainnya. Sehingga kita dapat membeli untuk waktu2 tertentu.
    Cara ini cukup bagus utk melihat perkembangan lingkungan.
    Bahkan dulu Total di Mahakam pernah kena klaim dianggap merusak tambak. Tetapi ternyata image satelite membuktikan bahwa adanya sumur dan fasilitas produksi gas datang lebih dulu ketimbang tambaknya.

  29. Kok bisa didapat foto sebelum porong banjir (Agustus 2005) apa Ionos mengamati bumi setiap detiknya (mungkin sa’at ini tempat saya bekerja sedang diamati juga ya 🙂 )

  30. Lantai naik ?
    Ini perlu diperhatikan apakah memang naik atau kiri kanannya yang turun, sehingga lantai “relatif” naik atau terlihat naik. Kalau memang absolut naik, hal ini perlu diwaspadai karena adanya dorongan dari bawah. Seandainya benar harus diantisipasi kenaikannya.
    Mungkin perlu penelitian absolute juga, kan.

    Saat ini sudah ada titik-titik kontrol pengukuran yang “ditanam” pak Hasanudin yang akan dipakai sebagai refrensi. Juga titik kontrol sejauh 9 Km dari lokasi ini. Jadi saat ini sudah ada kontrol-konrol absolutnya …. eh tapi ya relatip juga wong seluruh Jawa juga kedongkrak gimana hayooo 😉
    Tapi itulah “ladang permainan”nya para ahli geodesi ITB yg mengelola dinamika bumi ini.

  31. Pak De Rovicky
    Saya baca di kompas.online hari kemarin, bahwa gedung2 disekitar genangan lumpur mulai retak2 dan ada sebagian lantai yg naik permukaannya. apa ini pertanda akan amblesnya daerah yg tergenang lumpur porong?jika ini terjadi, jalan tol porong pun akan menjadi jembatan diatas lumpur ato malas amblas hilang dan terputus?apakah semburan lumpur akan berhenti stlh terjadi amblesan ini?
    nuwun

Leave a Reply