TANGGUL TOL SIRING JEBOL; Desember, Porong Diprediksi Tenggelam

0

Jangan takut ini tulisan wartawan. Nanti bisa dikonfirmasi dengan ybs

http://222.124.164.132/article.php?sid=97845
Tuesday, 26 September 2006,

JAKARTA (KedaulatanRakyat) – Semburan lumpur panas Lapindo Brantas, ternyata memiliki dampak bencana yang sangat dahsyat. Dari hasil simulasi yang dilakukan para ahli geologi menunjukkan, pada Desember 2006 nanti Porong Sidoarjo Jawa Timur akan hilang dari muka bumi karena ditenggelamkan Lumpur.

Sebelumnya komentar dari Rovicky DP :

Apa iya sih Porong tenggelam ? Bulan desember ?
ih ngeri nian … !!

Membuang lumpur (air plus lempung) ke laut menurut saya tindakan yang SALAH !!! Karena cara inilah yg justru akan menenggelamkan daerah yg bakalan ambles. Akan lebih aman bila AIRNYA THOK yg dibuang sedangkan lempungnya dibiarkan sebagai “pengisi” terban yg terbentuk oleh subsidence.

Besarnya penurunan yg saya peroleh dari Prof Hassanudin Geodesy ITB, pekan lalu di Kuala Lumpur tidak sebegitu cepat walaupun harus diantisipasi secara engineering. Secara geodetik dengan GPS diukur adanya penurunan sebesar 25 cm dalam 3 minggu (ini dilokasi paling dekat dengan semburan) mungkin ini lokasi drillsite BPJ-1. Ini memang cukup besar tetapi apa iya bulan Desember tenggelam ?

Berita selengkapnya di http://222.124.164.132/article.php?sid=97845Ada uraian yg aneh : –> Para ahli geologi itu juga menyarankan agar pemerintah melakukan pengeboran horizontal yang mendatar dari Selat Madura sebagai salah satu solusi. Dengan pengeboran secara horisontal ini, lumpur bisa langsung mengalir ke laut.

Haiyak !!

Apa iya mengebor horizontal dengan jarak lateral 17 Km ! Ini sudah masuk teknologi extended reach drilling sangat tidak realistis menurut saya (untuk saat ini). Sebelum kita tahu dimana sumber airpanas serta jalannya luapan lumpur ini, aku rasa tindakan bawah permukaan masih sia-sia

Perlu akuisisi data-data bawah permukaan dengan ketiga sumur relief well ini. Perlu melakukan forensic drilling, sehingga kita tahu persis apakah bener ada hubungan antara sumur BPJ dengan semburan. Ini akan menjadi hal yang sangat pokok dalam menanggulangi bahaya selanjutnya.

Ditegaskan Edy, pengeboran yang dilakukan secara vertikal miring seperti saat ini diyakini tidak akan efektif. Apalagi kapasitas penyedotan saat ini hanya 10 persen dari total luapan lumpur, sehingga banjir lumpur tetap jadi ancaman serius.

Wis ah ngga usah semua ditulis disini …. Berita selengkapnya di http://222.124.164.132/article.php?sid=97845

1 COMMENT

  1. kalo perut bumi sudah muntah atau bocor otomatis kuit dibadan akan kering …. bukan nakutin itu udah kodrat alam semesta….betul betul betul, yah mungkin kita liat aja nanti tuh pulau / kota yg hilang bukan desa lagi mungkin

  2. Jalan raya Porong telah “tenggelam se sisi” berikut rel kereta api dan lumpur pun mulai menggeliat, bertambah dan bergulir ke utara dan barat.
    Akankah dugaan Porong akan “tenggelam” bulan Desember 2006 akan terjadi ? ? ?
    Terima kasih banget lho sebelumnya , kalau Mas Rovick punya data/perhitungan kecepatan perluasan merambatnya simbah Lumpur? atau amblesnya tanah di Porong dan sekitarnya ?.
    Terima kasih lagi atas penjelasan Mas Rovick, semoga yang jelas bertambah jelas lagi. nuwun.

  3. Wallah sebetulnya aku malu ama mas Rovic.
    Porong tenggelam yang dimaksud apasih?
    Namanya tenggelam kan nggak klihatan,dan hanya terlihat air laut aja,kok tenggelam oleh lumpur gimana sih?,tolong dech mas Rovic,Mertuamu dijelaskan.

  4. kira kira apa benar kalo daerah sebelah timur dari semburan lumpur akan jadi lautan dan sebelah barat akan jadi kota? oh y,klo misal porong jadi tenggelam,mau dipindahkan kemana?

  5. Saya kira apa yang terjadi di daerah sidoharjo ,bojo negoro baru baru2 ini dan kalimantan akan terus berlanjuta ….dan kawasan mud vulcano ini akhirnya akan menenggelamkan kemungkinan akan menjadi danau besar …karena masih satu deretan dari proses p[embentukan berdasarkan sejarah geologinya.memang semua itu tidak bisa dipungkiri dan apabila di mampetkan justru akan lebih berbahaya,upaya yang harus dilakaukan oleh pemerintah dan lapindo hendaknya sesegera mungkin untuk mengevakuasi masyarakat yang ada di situ.namun saya sangat heran dengan PU justru malah akan dibuat toll lagi hikz sedangkan kondisi daerah kandungan tanahnya sprt itu ko malah justru buang buang biaya ,dan masyarakat dibiarkan merana ….duh pemerintah kie py toh ?

  6. mas Vicky.. prediksi tenggelamnya porong sampai kedalaman (amblesnya)berapa meter trus, sampai radius berapa kilometer (dr porong)untuk daerah yang dianggap rawan….. tolong dong gambarannya biar siap-siap (sedia payung sebelum hujan) matur nuwun.

  7. Selain ledakan bukan cara terkontrol …
    tetapi soal mengalirkan secara alamiah tidak akan berhasil karena kita harus memanfaatkan gravitasi, atau beda ketinggian. Semakin tinggi beda ketinggan, semakin mudah mengalirkan. tetapi karena disini kita memilki beda ketinggian hanya 6 meter, sedangkan jarak lateral puluhan kilometer, ya sepertinya secara natural MUSTAHIL MENGALIR !!! karena akan lempung mengendap dijalan !!

  8. dear pak Rovicky, mohon kalo bisa gambarkan area penurunan tanah dan luberan air maupun material lumpur dalam bahasa gambar kira2 mpe mana? mungkin bisa jadi rekomendasi daerah rawan bencana, semoga kami yang bodoh dan sedang terancam memperoleh sedikit pencerahan….saya pribadi lebih percaya pada keterangan2 yang sudah bapak upload drpda media2 yang sudah saya baca dan saya tonton, terima kasih yang sebesarnya

  9. ya ampuuunnn…
    kalo saya bilang kok berita2 yang ada di media saat ini bener2 mendramatisir dan malah menimbulkan ketakutan publik ya?
    mana berita nya juga sering salah lagi…
    kayaknya media seneng banget ya kalo ada masalah..lalu mereka bakal tambah2in lagi masalah yang ada dengan berita2 yang gak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya…huuuffff..

    soal lumpur sidoarjo ini beritanya udah ngaco kebangetan, kalo saya bilang..
    masa ada yang bilang lumpur mengandung merkuri dengan kadar yang sangat tinggi..
    trus ada lagi yang bilang kalo lapindo sengaja “membuat” bencana lumpur ini supaya penduduk setempat mau melepaskan hak kepemilikan tanah…
    wah…wah..wah…ada apa dengan para wartawan kita ya?

  10. mas-mas ahli geologi ato ahli ilmu bumi…….apa betul nggak…….porong akan tenggelam pada bulan desember ini, klu sidoarjo gimana mas……apakah ada kemungkinan lumpur itu nyampe juga ke dalam kota sidoarjo dan menengelamkannya ? mas tolong dong kasih kite gambaran and klu ada simulasinya gimna gicu lho. trims

  11. Wah misalkan daerah sidoarjo ambles kemudian lumpur yang keluar dengan debit yang cukup besar bisa kebayangkan apa yang terjadi? Atau Mungkin sidoarjo akan menjadi seperti Bleduk kuwu yang berada di Purwodadi…………

  12. Haiyak Mas Aswo ini.
    Ya ndak jauuh gitu lah. Surabaya sudah dengan sendirinya ambles karena beban diatasnya. Jakartapun juga begitu. Pak Hassanudin dari Geodesi ITB pekan lalu juga cerita hal ini, dan beliau menyebut angka sekitar 10 cm pertahun. Ini wajar karena pengambilan air tanah. Ya seperti spons kalau diambil atau diperes airnya. Dimana-mana juga begitu. Jangan takut lah yaw.

    Jadi ngga akan ada efek akibat Lumpur Sidoarjo pada amblesan Surabaya atau daerah2 lain. Kalau melihat kejadian amblesan di Porong (7 Km dari lokasi ini) dimasa lampau radiusnya maksimum 5 Km saja.

  13. Sedikit OOT…
    Apa betul amblesnya tanah sampai di Surabaya juga ??
    Menurut data tanah untuk pondasi bangunan, didaerah pantai tambak oso wilangun sampai kenjeran memang tanah lunak
    0 m – 11 m tanah lunak
    11 m – 12 m tanah keras
    12 m – 40 m tanah lunak lagi
    apakah mungkin lapisan lumpur ini juga ikut kesedot ?
    Kalau memang juga ikut ambles apa mungkin seketika itu di selat madura juga terjadi ombak besar ?

Leave a Reply