Dongeng Timun Emas dan LuSi

0

Dongeng Timun Emas dan LuSi
(Kisah kolam lumpur di Jawa Timur, dalang Ki Jogelem)

Pada Jaman dahulu ada seorang yang bernama Mbok Siring eh mBok Sirni namanya (tapi kejadiannya di Desa Siring), dia seorang janda yang menginginkan seorang anak agar dapat membantunya bekerja.

[Lah rak yo aneh ta .. wong janda kok pingin punya anak …. Nah ini dia !]

Suatu hari mBok Siring eh mBok Sirni didatangi oleh raksasa yang ingin memberi seorang anak. Trus gimana caranya, mbok Sirni kan manusia biasa bukan species raksasa, jadi ndak mungkin lah. Tapi namanya Buto Ijo kan juga sakti, wong dia punya laboratorium bioteknologi yg huebatt, bukan sekedar raksasa dengan bolo kurowo atau gedibal saja.

Pak Buto Ijo menyanggupi keinginanmBok Sirni. Namun Pak Buto Ijo memberi syarat apabila anak itu berusia empat tahun harus diserahkan ke Buto itu untuk disantap dijadiin istri.

[wedian kiyi …. mosok anak kecil mau disantap dijadiin istri, Lah wong Buto Ijo ini kan Seorang Raksasa (eh raksasa apa orang nih), kan bebas ta, Buto itu ga tau aturan apalagi etika, blaik tenan.]

Setelah dipikar-pikir akhirnya Mbok Sirni-pun setuju. Raksasa ini kemudian memberinya biji mentimun agar ditanam dan dirawat setelah dua minggu diantara buah ketimun yang ditanamnya nanti akan ada satu yang paling besar dan berkilau seperti emas.

Wah dengan gembira mBok Sirni menyanyi menanam jagung .. eh menanam mentimun ga da lagunya ya. Mbok Sirni ini akhirnya menanam biji-biji ini. kan daerah mbok Sirni ini tanahnya subur banget, iyakan ? Psst daerah desa Siring ini kan sawahnya subur juga kan ?

timunemas1.gifAkhirnya setelah ditanam dan dirawat … bener deh … kehebatan ilmu bioteknologi Pak Buto ijo ini …! Setelah dua minggu ada satu timun berwarna emas yang guede banget!. Kemudian Mbok Sirni membelah buah itu dengan hati-hati. Ternyata isinya seorang bayi cantik yang diberi nama si Timun Emas.

Timun emas ini lahir sebagai gadis. [hebat juga ilmu biotek si Buto ijo ini ya, bisa kloning dengan menentukan jenis kelamin juga ya]. Semakin hari Timun Emas tumbuh menjadi gadis kecil cantik jelita.

Suatu hari datanglah raksasa untuk menagih janji Mbok sirni amat takut kehilangan timun emas, dia mengulur -ulur janji agar raksasa datang 2 tahun lagi. Tapi gimana cara ngomongnya ya.

“To to … Buto Ijo … Udah deh nanti aja kalau dua tahun lagi kan sudah makin gede, makin enak rasanya karena semakin dewasa, semakin gurih kang Buto dan enak untuk disantap“, Kata mBok Siring eh mBok Sirni.

Hue hehehehe … bener juga katamu mbok Sirni .. aku tunggu !“, dan Buto Ijo pun setuju dan pergi lagi.

Batin mBok Sirni ” Dasar Buto gendheng nan rakus di iming-iming yg enak-enak pasti mau kan“.

Mbok Sirni-pun semakin senang pada Timun Emas. Diapun sayang pada Timun Emas karena rajin membantu. Tetapi setiap kali ia teringat akan janjinya Mbok Sirni hatinya menjadi cemas dan sedih lah wong anak satu-satunya je.

timunemas2.gifSuatu malam mBok Sirni bermimpi, wah ini bukan sekedar mimpi ini pituduh, ini petunjuk agar anaknya selamat. Dalam mimpi dia diberitahu harus menemui petapa di Gunung Gundul, sepertinya yg dimaksud ini sebuah gunung yang hanya terdiri dari batu … atau watu … “ah Watukosek kali mBok“, kata Timun Emas.

Paginya si Mbok ini langsung berangkat. Di Gunung Gundul (Watukosek)  ia bertemu dengan seorang petapa yang memberinya 4 buah bungkusan kecil, yaitu biji mentimun, jarum, garam,dan terasi sebagai penangkal kalau dikejar sama Buto Ijo. Sesampainya dirumah diberikannya 4 bungkusan tadi kepada timun emas, dan diberitahu kalau dikejar Buto Ijo aji-aji ini harus disebarkan.

Setelah dua tahun ditunggu-tunggu si Buto Ijo datang lagi untuk menagih janji. Blaik ! mBok Sirni kaget bukan kepalang. Raksasa Ijo jelek lagi … tiba-tiba muncul. Masak kayak begini jadi istri si Timun Emas, batinnya. “Mestinya burung pipit ya dapet burung pipit, burung merpati jodonya burung merpati … lah ini kakak tua ikut-ikutan mengejar burung parkit !” (ini Buto Ijo emang mau ngikuti jejak Dato K menyunting Siti Nurhaliza, … upst!)

Si Timun emaspun disuruh lari lewat pintu belakang. Raksasapun mengejarnya, wueladalah … huayu tenan jebule. Dikejarlah si Timun Emas.

Setelah berlari jauh Timun Emas kecapaian. Si Timun Emaspun teringat akan bungkusannya, maka ditebarnya biji mentimun. sungguh ajaib, hutan menjadi ladang mentimun yang lebat buahnya. Si Buto Ijo kesenengan memakannya tapi buah timun itu malah menambah tenaga Buto Ijo. … Lah wong mentimun ini menjadikan dia banyak gas diperutnya malah membuahkan lapangan gas Wunut eh Kentut. Jelas menambah tenaga dan kekuatan, kan.

Lalu timun emas menaburkan jarum, dalam sekejap tumbuhlan pohon-pohon bambu yang sangat tinggi dan tajam. Haiyak kalau cuman pohon kecil begini pakai buldozer juga lewaat …. Dengan buldozer ini lah Buto Ijo terus mengejar. Si Timun Emas-pun membuka bingkisan ketiga yg berisi garam dan ditaburkannya. Seketika hutanpun menjadi lautan luas. Dengan kesakitan dan kesaktiannya raksasa dapat melewati. Batin si Buto Ijo, “ whalah wong cuman gas kick dan over pressure gini mah keciil ..“.

timunemas3.gif Yang terakhir Timun Emas akhirnya menaburkan terasi … lah ini kan terasi Sidoarjo dibelinya aja di deket pabriknya, belinya di toko sekitar Jalan Mojopahit Sidoarjo. Itu tuh, yang baunya amis banget itu ! Seketika si Buto Ijo ‘gebres-gebres’ … blaik ini bau ga karu-karuan.

Tapi Buto Ijo ini dasarnya emang buto gendheng, malah tertawa ngakak … “Hua hahahah ha ha, Mosok lawan Buto kok pakai terasi …!” Terus kakinya gedrug-gedrug sambil meloncat-loncat …. timbullah gempa! … tapi apa yg terjadi kemudian …. muncratlah lumpur dari tanah sekelilingnya …. ..terbentuklah danau lumpur yang mendidih, akhirnya si Buto mati tenggelam.

dicritakan kembali dan sumber gambar dari e-smartschool oleh ki Jogelem

Lantas, apa hubunganya ini semua dengan semburan LUSI ?! menurut Dwiyanto kawan di IAGI :

  • LUSI adalah juga telaga lumpur dan diakhir cerita, sang Buto Ijo juga meninggal tenggelam dalam telaga lumpur,
  • Juga kekasih hatinya Timun emas (Dewi Sekartaji) adalah Panji Asmara Bangun dan sumur lapindo namanya Banjar Panji-1 (ada nyrempet-nyrempet Panji-nya),
  • Juga cerita Timun Emas ini terjadi di jaman kerajaan Jenggala, yang juga menurut sejarah, katanya Pusat Kerajaan Jenggala itu ada disekitar Sumur Banjar Panji-1.

Dongeng Lusi Dalam Bahasa Inggris

Bisa diambil nih bhasa inggrisnya :

Sebutin sumbernya ya !
http://agustiyawati.blogspot.com/

TIMUN EMAS (THE GOLDEN CUCUMBER)

A long time ago, a farmer and his wife lived in a jungle. Everyday they went to the sacred tree where they prayed begging for a child. When they were praying, a giant passed and heard their prayed. The giant gave them a cucumber seed. He said to the farmer, “You will have a baby girl, but you have to promise me to give the child to me when she is seventeen years old. They agreed, because they wanted a baby very much. The giant gave them the seed, then they went home.

Next day, they planted the seed in the yard. They watered it everyday. They made fences around it to keep it from animal’s disturbances. Day by day the vine got bigger and bigger. A flower bloomed and finally it became a small gold cucumber. The cucumber grew rapidly, then became a big cucumber. The farmer picked it when it was ripe and brought it home. When they arrived, they laid it on the floor. Slowly the farmer cut it. Wow! They were surprised. The farmer said to his wife, “Look! My wife, there is a baby in it. His wife replied, “Yeah! How cute the baby is” They were very happy and they named her Timun Emas, means the golden cucumber.

Timun Emas blossomed into a real beauty with black hair, slim body and bright eyes. When she was seventeen years old, the giant came and said to the farmer, “I am coming to take your daughter”. The farmer tried to calm the giant by saying, “Ooo … do not worry. She is playing in the garden now. Let my wife get her”

Meanwhile his wife found Timun Emas and gave her four things in a cloth bag and said to her, “My daughter, the giant has come to take you. Bring this bag with you for fighting him
What can I do, mother?” asked Timun Emas
Run as fast as you can, “ said the farmer’s wife. “Throw one of three things whenever the giant comes close
Then Timun Emas ran as fast as she could.

Meanwhile the giant was impatient. He broke the hut and looked for Timun Emas. From the garden he saw Timun Emas running towards the jungle. Then he ran after her. When he almost caught her, she took out the first thing from the bag, a handle of salt, and threw it towards the giant. Suddenly the ground between Timun Emas and the giant turned into a wide sea. The giant tried to catch Timun Emas by swimming. It was very hard of course. It was a good chance for Timun Emas to run further. But in a short time the giant almost caught Timun Emas again. Timun Emas threw a handful of chilies. In a flash, there grew a thorny dense bush around the giant. The giant screamed with a pain, but again, the giant got free and was almost able to catch Timun Emas.

She took out the third thing from the bag, a handful of cucumber seeds. Suddenly, the ground turned into very wide field of cucumber vines. The giant felt thirsty and hungry, and then he ate lots of fresh cucumbers. The giant ate, ate and ate again and finally he feel asleep. When she saw this, Tminu Emas ran as far as she could but the giant woke up and ran after her quickly. Knowing the giant was coming closer and closer, Timun Emas threw out the last thing, a handful of shrimp paste. The ground where the giant running suddenly turned into a sea of mud. He was trapped there. He screamed and sank into the sea of mud. Timun Emas quickly went home. The farmer and his wife were very happy.

Mother, Father, I am still life” shouted Timun Emas.
Oh, my dear” said the farmer and his wife while embracing her.
Thank God, our daughter is safe”, said the farmer and his wife again. They were very happy. No more fear. They did not want to lose their daughter anymore. The giant was died.

1 COMMENT

  1. hduuuch… npha cea ogh ndagk bhsa jwa ajj.. knt lbih seru,lgian q uga gy btuh dongeng bhs jawa niech.. bwat esok . . . hmm.. mna udach core lg.. . . .

  2. Apa tujuan dongeng TIMUN EMAS dan LUSI ini?
    Maaf dan permisi untuk menghibur, menghina atau menyindir?????????????????????????????????
    ??????????????????????????????????????????????

    ATAU UNTUK MELINDUNGI SESUATU??

    Maaf tampaknya sok tahu saya ini tapi saya tidak ada keinginan SOK TAHU tapi saya sangat prihatin dengan penduduk korban LUSI apalagi BENCANA INI dianggap DONGENG GEOLOGI dan jadi bahan TERTAWAAN lalu diterjemahkan lagi .

  3. wach ya’ampyyyyyyunnnnnn kpn y pxa karangan novellll cndry???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  4. wwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaach kkkkkkkkkkerennnnnnnnn baaaaaaaaangetts ccccccrritttttttttttttaaaaaaaaaa……XXXXXXXXXXXXXXXXX

  5. iih………………….
    seRu buk ,…
    n i like this story ,.
    but…………..
    q pgen dlm bhsa melayu ,…

    bsa gk ?????????

  6. huwa seru bacanya…
    keep continue dongeng disambungin sama geologi..
    hehehhehehehe

    seru seru pak..tapi aku baru baca bentar bentar ni..harus sering buka wesnya bapak kayanya
    heheehhhe

  7. ceritanya dalam bahasa indonesia ya…

    knp g dalam bahasa Jawa

    bahasa indonesia ma semua orang bisa, coba dalam bahasa Jawa, pasti bisa buat media pembelajaran untuk anak sekolah, jd guru bahasa jawa agak punya kreatif dikit, g cmn itu2 aj yang diulang

    jd selain nglestariin cerita2 jawa, jg bisa untuk media pembelajaran

    mohon usul saya diterima

  8. woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    yang bahasa jawa ada gakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    gua butuhh banget nihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    lagi ada tugasssssssssssssssssssssssssssssssssss

  9. saluttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  10. waaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhh
    lucu bgttttttttttttt
    sih
    kog adfa ya dongeng kayak gtuuuuuuuuuuuuuuuu
    bner bner GHEJHE

  11. http://sangkebenaran.blogspot.com/

    Inilah contoh ajaran PEDOFILIA Muhammad:

    Dikisahkan Jabir bin ‘Abdullah: Ketika aku menikah, Rasullah bersabda kepadaku, perempuan macam apa yang kamu nikahi? Aku menjawab, aku menikahi seorang janda muda? Beliau bersabda, Mengapa kamu tidak bernafsu pada para perawan dan memanjakannya? Jabir juga berkisah: Rasullah bersabda, mengapa kamu tidak menikahi seorang perawan muda sehingga kamu dapat memuaskan nafsumu dengannya dan dia denganmu?

    Hadits Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 17.

    A’isyah (Allah dibuatnya bahagia) diceritakan bahwa Rasullah (semoga damai sejahtera atas beliau) dinikahi ketika usianya tujuh tahun, dan diambilnya untuk rumahnya sebagai pengantin ketika dia sembilan tahun, dan bonekanya masih bersamanya; dan ketika beliau (Nabi Yang Kudus) mampus usianya delapan belas tahun.

    Kitab Sahih Muslim 8, Pasal 3311.

    Dikisahkan A’isyah: bahwa Nabi menikahinya ketika dia berusia enam tahun dan menikmati pernikahannya ketika berusia sembilan tahun. Hisham berkata: Aku telah menceritakan bahwa A’isyah menghabiskan waktunya dengan Nabi selama sembilan tahun (yaitu hingga kematiannya).

    Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 65.

    Muhammad telah bernasu birahi kepada anak berusia enam tahun. Apa yang tersimpan di dalam otak Muhammad? Apa pikiran mesum nabi merupakan perbuatan suci?

  12. aduuuch cerita bagusss…
    gua waktu kcl seeering noontond n berkali2..
    hahahhhhhhh.
    cerita.a seru n asyik…
    seharus.a cerita Timun Emas itu ad fersi b.sunda.a
    hix..hix..hix.

  13. This is the worst story I ever know!!!
    I don’t know who wrote this story… But You are so fool!!!
    Good Bye losser!!!!

  14. ceritanya sssaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaangggggggggggggggggggggggggggggggggggggat baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaggggggggggggggggggggus banget , mestinya cerita nya dibikin makin lucu lagi ……..!!!!

  15. cerita.nya bagus. . .
    tapi jangan timun mas doang dund yang di ksh bahasa inggris
    crita yang laend jg dund. .
    bt tgs nie, , ,
    ho.ho.ho

  16. ………gILa nEy DoNgEnG kEyEnD AbIeZzzZZ…………..

    ……..bAaAgGgIIIIe LUU ygGg BLoNd PdDaA bAcA HaRuZ, kUdU nDt WaJiB bAcA………

  17. good…………………………….
    good…………………………….
    good…………………………….
    :):):):):):):):):):):):):):):):):):):)

  18. bagus.
    kenapa di dunia ini allah nyiptain kita berbeda-beda??

    yang ingin punya anak tidak bisa.
    sedangkan yg bisa ..
    malah di perjual belikan.
    memang manusia itu rata-rata kurang bersyukur ya.
    huh:(

  19. ass..
    ceritany menarik bgt……..kapan2 bwt crita yg lbh seru y……..
    eh leh mnt bntuanny?tolong bwtin dongeng yg super lucu y…..please,di tunggu…..

  20. […] Ato Kisah Timun Emas. Nah, ini lebih mnarik lagi, da hubunganny dengan lumpur sidoarjo yg skrg jadi bencana. lo kok bisa? iy, krn crita ini sbnrny menguraikan fakta kl jaman dulu itu bencana lumpur pernah tjd. dan ini juga yg mengakibatkan majapahit itu tenggelam nama besarnya dan ga ktauan dimana istanany.. (aneh kan, kl slama ini orng hanya mengenal trowulan sbg candi tp ga ada yg tau gmn istana Majapahit itu?). Mo tau versi lengkapnya bole klik disini http://rovicky.wordpress.com/2006/09/21/dongeng-timun-emas-dan-lusi/. […]

  21. @Ts = @TB, siapa bilang ini dongeng lucu. Sekolah dulu deh baru buka internet. Maaf admin, mending komentar saya dan die dihapus saja.

  22. Doneng apa2 an sih kok aneh2 aja, goblok yang bikin website ini!! buat apa dongeng lu ubah2? ga lucu tau! ngelucu tapi jayus dobol lu! goblok lo! taik sapi lo!

  23. Tak tambahin akhir carita ne….
    “tapi si buto akhirnya bangkit kembali karna dikasi kesempatan sekali lagi oleh Sang Hyang Widhi tuk bertobat dan melakukan kebaikan. Maka dengan kesaktian dan kebaikannya, sang butho ijo menjadikan negeri itu makmur loh jinawi. Rakyat pun akhirnya gembira dan tidak lagi membenci si butho ijo. eof” ehehheehehe

  24. tak komentari maneh yo……..
    sampeyan iki jan pinter tenan, jujur ae aku salut karo sampeyan, kapan yo aku iso gawe cerita kyok ngene

  25. mas, bagus baget ceritane..
    mas, ko saya edit dikit, terus saya mau usulin di majalah populer di kantor saya boleh ngak mas?
    Ahmad, geologist, Dept PU

  26. ya…..???kalau menurut gue sich gak begitu menerik sich, tapi karna aq da tugas English gue ya terpaksa aq ambil tuk aq kumpulin….coir ya aq rada MUNA”….tar klo aq dpt nilai bagus tak tak kasih yg SPECIAL tuk yg bwt ni…OK BRO….

  27. thank’sss yaaaaa!!!!!!!!
    because gw dah mengambil sebuah cerita yg di suruh ma Teacher gw!!!!!!!

    Cerita na bagus ban6et!!!!!!

    da…….daaaaa………

  28. Jayuzzzzz!!!!!!!!!! Koyok Taek, Super Garing, Cupu, Mbojenk, Sok ngelucu JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ JAYUZ

  29. iiihhhhhhh..
    bahasa w ga nyambung banget ya??
    ya atuh,
    w binun..
    PR bahasa inggrisssnya pake bikin karikatunya segala lagi……..
    aPPe dweyh..

  30. yampun..
    pen yang versi bahasa inggrisnya,tapi nyarinya susah bed si………………..
    cappe nie…………..
    hehe..
    (maxa bed ya W)
    tapi lagi butuh banget nih..
    wad PR b.inggris..
    yampun..
    pengennya tuh,
    dongeng yang endingnya luchu,
    tapi versi bahasa inggris..
    tapi cerita tentanmg hewan-hewan gityu dweEeehh..
    Hmm..mm

  31. Hebat ya, hanya dengan biji ketimun jadi anak yang cantik, tapi klo dihubungkan dengan dengan lumpur lapindo sekarang kayanya nyambung juga tuh, soalnya sekarang dari dulu sampai sekarang yang namanya buto ijo itu terkenal rakus, nah trus apa hubungannya dengan lumpur lapindo ? bayangin aja klo nggak serakah karena hasil bumi ndak mungkin tuh bumi smpe nyemburin lumpur panas so bhuto ya tetep bae bhuto, rakus tukang sikut kiri kanan mentang2 lagi kuasa semuanya bisa berjalan, tanpa memikirkan rakyat banyak. dimana hati nurani mu wahai bhuto ijo ?

  32. Bisa diambil nih bhasa inggrisnya :

    Sebutin sumbernya ya !
    http://agustiyawati.blogspot.com/

    TIMUN EMAS (THE GOLDEN CUCUMBER)

    A long time ago, a farmer and his wife lived in a jungle. Everyday they went to the sacred tree where they prayed begging for a child. When they were praying, a giant passed and heard their prayed. The giant gave them a cucumber seed. He said to the farmer, “You will have a baby girl, but you have to promise me to give the child to me when she is seventeen years old. They agreed, because they wanted a baby very much. The giant gave them the seed, then they went home.

    Next day, they planted the seed in the yard. They watered it everyday. They made fences around it to keep it from animal’s disturbances. Day by day the vine got bigger and bigger. A flower bloomed and finally it became a small gold cucumber. The cucumber grew rapidly, then became a big cucumber. The farmer picked it when it was ripe and brought it home. When they arrived, they laid it on the floor. Slowly the farmer cut it. Wow! They were surprised. The farmer said to his wife, “Look! My wife, there is a baby in it. His wife replied, “Yeah! How cute the baby is” They were very happy and they named her Timun Emas, means the golden cucumber.

    Timun Emas blossomed into a real beauty with black hair, slim body and bright eyes. When she was seventeen years old, the giant came and said to the farmer, “I am coming to take your daughter”. The farmer tried to calm the giant by saying, “Ooo … do not worry. She is playing in the garden now. Let my wife get her”

    Meanwhile his wife found Timun Emas and gave her four things in a cloth bag and said to her, “My daughter, the giant has come to take you. Bring this bag with you for fighting him”
    “What can I do, mother?” asked Timun Emas
    “Run as fast as you can, “ said the farmer’s wife. “Throw one of three things whenever the giant comes close”
    Then Timun Emas ran as fast as she could.

    Meanwhile the giant was impatient. He broke the hut and looked for Timun Emas. From the garden he saw Timun Emas running towards the jungle. Then he ran after her. When he almost caught her, she took out the first thing from the bag, a handle of salt, and threw it towards the giant. Suddenly the ground between Timun Emas and the giant turned into a wide sea. The giant tried to catch Timun Emas by swimming. It was very hard of course. It was a good chance for Timun Emas to run further. But in a short time the giant almost caught Timun Emas again. Timun Emas threw a handful of chilies. In a flash, there grew a thorny dense bush around the giant. The giant screamed with a pain, but again, the giant got free and was almost able to catch Timun Emas. She took out the third thing from the bag, a handful of cucumber seeds. Suddenly, the ground turned into very wide field of cucumber vines. The giant felt thirsty and hungry, and then he ate lots of fresh cucumbers. The giant ate, ate and ate again and finally he feel asleep. When she saw this, Tminu Emas ran as far as she could but the giant woke up and ran after her quickly. Knowing the giant was coming closer and closer, Timun Emas threw out the last thing, a handful of shrimp paste. The ground where the giant running suddenly turned into a sea of mud. He was trapped there. He screamed and sank into the sea of mud. Timun Emas quickly went home. The farmer and his wife were very happy.
    “Mother, Father, I am still life” shouted Timun Emas.
    “Oh, my dear” said the farmer and his wife while embracing her.
    “Thank God, our daughter is safe”, said the farmer and his wife again. They were very happy. No more fear. They did not want to lose their daughter anymore. The giant was died.

  33. Bahasa Inggris? blog-nya atau cerita timun emas-nya?
    Kalau blog-nya cukuplah .com. Padahal kalau banyak blogger Indonesia yang memakai .co.id berapa banyak devisa bandwith yang bisa dihemat, dasarnya iix indonesia emang kurang modal.

  34. wooooooooooooooooooooooow hebuat pisan nulis n pengungkapan ceritanya…jadi g garibg alis basah.trus makasih y dongengnya,soalnya dongeng ini akan aku buat untuk lomba bercerita,makasih y pahdhe.

  35. […] Sore itu Sakiyun harus menyeleseikan uji kesaktian sebagai syarat untuk ikut lomba menutup lumpur panas di Desa Sirni (dekat tempat ringgalnya Si Timus Emas). Dasar Sakiyun rada nyantai, dia datang hanya menggunakan sandal jepit. Padahal sudah diwanti-wanti kalau lumpur yg keluar itu panas, harus pakai safety shoes. “Ah, wong ini acaranya di kantor kalurahan, kan hanya ‘audisi’ saja”, pikirnya. […]

  36. Dikira dongeng seriusan zaman dulu, eh.. tp nyambung juga, kaya cerita
    ‘alur mundur’, Kalo lumpur ibarat terasi PORONG jadi penghasil terasi terbesar di dunia,waahh suatu prestasi yang sangat bagus, tapi sayang.IRONIS

  37. lha ya betul jare mbah dipo, orang muda seperti saya ini ya gak masuk diceritani kaya gitu… mana ada. yang di bui karna keadaan ini ini aja ndak ada…. Lha presidenya malah ngijinkan untuk tambah merusak lingkungan lewat kali porong… trus siapa buto ijo nya….?(pengung kumalungkung = si bodoh bergaya…)

  38. Kang Rovi, aku pengen tahu betul tentang ledakan gunung Tambora. Katanya, ledakannya memberi pengaruh global, sampai-sampai Napoleon Bonaparte terguling. Tolong didongengin, dong. Please, I’m looking foward.
    Makasih sebelumnya, matur nuwun sak derenge

  39. menilik dari komentar yang ada, rupanya banyak juga yang pada masa kecilnya belum pernah diceritani simbah sebelum tidur tentang Timun emas 🙂
    Jadi berpikir….. apakah dongeng seperti itu, sebenarnya hasil “refleksi” para “sastrawan” jaman dahulu terhadap kejadian-kejadian alam yang benar-benar terjadi di masa itu???

  40. hik..hik..menyedihkan si buto akhirnya mati…elok…kok crito sedih terus yo..mbok diganti. “akhirnya buto dapat memakan timun mas dengan lahap…( lho..)”

  41. waaah….akhir dari cerita LUSI udah diramalkan neh!!
    Sejarah biasanya berulang ya kan Pak Dhe, Btw buto ijo = Lapindo Brantas??.. blaik kuwi…. he he

  42. […] Pada Jaman dahulu ada seorang yang bernama Mbok Siring eh mBok Sirni namanya (tapi kejadiannya emang di Desa Siring), dia seorang janda yang menginginkan seorang anak agar dapat membantunya bekerja. Lah rak yo aneh ta .. wong janda kok pingin punya anak …. Nah ini dia ! Suatu hari mBok Siring eh mBok Sirni didatangi oleh raksasa yang ingin memberi seorang anak. Lah gimana caranya, mbok Sirni kan manusia biasa bukan species raksasa, jadi ndak mungkin lah. Tapi namanya Buto Ijo kan juga sakti wong dia punya bioteknologi yg huebatt, bukan sekedar bolo kurowo atau gedibal saja. Baca entri selengkapnya » […]

Leave a Reply